10 Manfaat tidur siang untuk kesehatan jiwa anak dan dewasa.

Diposting: 21 Mei 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 814 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Mengapa tidur siang penting? Kebutuhan tidur siang setiap orang berbeda- beda. Misalnya pada anak, tidur mereka ditentukan oleh banyak faktor, mulai faktor bawaan, aktivitas, minat, tempramen dan lain sebagainya. Manfaat tidur siang untuk kesehatan jiwa.

Tidak hanya anak saja, orang dewasa juga membutuhkan tidur siang,lho! Simak seberapa pentingnya tidur siang bagi anda berikut ini!

10 Manfaat tidur siang

Manfaat tidur siang

    1. Balita lebih pintar bicara

      Menurut riset dari Child Development, anak-anak yang terbiasa tidur siang setelah belajar beberapa kata baru cenderung lebih bisa mengingat kata-kata tersebut hingga keesokan harinya. Sehingga perbedaharaan kata lebih banyak untuk mendukung pintar berbicara.

    2. Membantu Meningkatkan Daya Ingat

      Ada beberapa fase tidur yang bisa memengaruhi ketajaman daya ingat dan salah satu yang terpenting adalah fase tidur non-REM atau slow wave sleep,” kata peneliti Rebecca Gomez. Ia adalah peneliti utama dari Child Cognition Lab, University of Arizona.

      Pada fase ini, otak akan membuka kembali dan memperkuat daya ingat. Umumnya, balita memerlukan waktu tidur 10-12 jam sehari. Namun, seringkali si Kecil tidak bisa tidur selama itu. Hal itu karena sering terjaga di malam hari atau terbangun kala subuh. Oleh karena itu tidur siang diperlukan untuk menyempurnakan jam tidurnya.

    3. Menghindari penyakit fisik berbahaya

      Menurut West, tumbuh kembang anak akan lebih maksimal lagi bila ia terbiasa tidur siang. Serta tidur nyenyak sepanjang malam. Karena di saat tidur, tubuh anak akan memproduksi hormon pertumbuhan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Artinya: anak yang cukup istirahat akan lebih jarang sakit!

      Kurangnya waktu tidur pada anak juga sering kali dihubungkan dengan masalah kesehatan. Sebuah studi yang dilansir oleh Archives of Pediatrics & Adolescent Medicine menyebutkan bahwa anak di bawah usia 5 tahun yang tidak bisa tidur malam dengan nyenyak (sekitar 10 – 12 jam), memiliki risiko tinggi terkena obesitas, yang dapat membawanya ke masalah kesehatan lainnya seperti diabetes dan penyakit jantung. 

      Penelitian yang dilakukan oleh Elsie Taveras, Ph.D., dari Harvard yang menyatakan bahwa bayi yang tidur kurang dari 12 jam sehari memiliki risiko dua kali lebih besar untuk mengalami kelebihan berat badan.

    4. Mencegah penyakit psikis

      Menurut Robert Beckerman, M.D., dokter spesialis gangguan tidur dari Children’s Mercy Hospitals and Clinics, Kansas City, Missouri, anak-anak, terutama yang memiliki gangguan ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) atau gangguan hiperaktif, harus mendapatkan tidur siang yang berkualitas.

      Tidur yang berkualitas akan memengaruhi kemampuan anak untuk berkonsentrasi, mengerti, bahkan melakukan hal yang mudah sekalipun.Sebuah penelitian yang dilakukan University of Southern Missisipi yang mengamati laporan dari para orang tua, menemukan bahwa anak usia 4 – 5 tahun yang tidak pernah tidur siang ternyata memiliki tingkat hiperaktif yang lebih tinggi, mudah gelisah, dan depresi dibanding anak yang tidur siang setidaknya seminggu sekali.

      “Semakin sedikit waktu tidur si kecil di malam hari, semakin buruk perilaku yang ditunjukkannya,” kata Dr. Rebecca J. Scharf, peneliti dari University of Virginia, Charlottesville.
      Untuk menyiasati kurangnya waktu tidur di malam hari, Gomez pun menyarankan Ibu untuk menjadwalkan si kecil tidur siang.

    5. Kreatif dan memiliki kekuatan imajinatif luar biasa

      Manfaat tidur siang tidak hanya terbatas pada memori dan pemahaman saja. Anak-anak yang mendapatkan cukup tidur siang ditemukan lebih kreatif dan mereka memiliki kekuatan imajinatif luar biasa. Otak mereka akan memproses apa yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan imajinasi mereka

    6. Pertumbuhan maksimal

      Selama anak tertidur dengan lelap, hormon pertumbuhan atau Human Growth Hormone, h-GH lebih banyak ditemukan dalam darah. Hormon ini merangsang pertumbuhan tubuh anak, sehingga lewat stimulai tidur siang proses tumbuh kembang anak bisa lebih maksimal.

      Hormon pertumbuhan ini sendiri diproduksi oleh otak dan bekerjasama dengan sistem hormonal tubuh lainnya. Sistem ini akan mendukung pertambahan tinggi badan dan juga kecerdasan otak anak.

      Studi Internasional tentang manfaat tidur siang muncul di Washington DC. Studi tersebut memaparkan bahwa tiga per lima orang Amerika yang tidak tidur siang, memiliki tingkat produktifitas kerja yang rendah.
      Lebih dari itu, kurangnya tidur siang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan, kecerdasan dan konsentrasi anak. Jika dibiarkan begitu saja, dampak dari tidur siang dapat berpengaruh terhadap kualitas tumbuh kembang anak di masa yang akan datang.

    7. Mengajarkan Disiplin

      Manfaat tidur siang bagi anak adalah mengarahkan anak untuk belajar disiplin. Kalau kita sudah bisa mengajarkan dan menerapkan aturan secara konsisten, kedepannya anak akan lebih bisa disiplin terhadap waktu dan aturan lain. Tidur siang  anak, memungkinkan orangtua mempunyai waktu untuk berbagi dengan anak, termasuk mengajarkan cara mengelola waktu. Ini arahnya nanti ke soal disiplin atau aturan, dengan menunjukkan waktu untuk istirahat.

      Perubahan-perubahan pola tidur mempunyai dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak. Anak jadi tidak belajar mengelola waktunya secara konsisten.

    8. Memberi Asupan Energi

      Efek anak tidak tidur siang secara fisik tentu akan lebih lemah, karena tubuh anak sedang butuh asupan energi, hal itu diperoleh dari tidur siang. Jika anak tidak tidur siang, orangtua tentu harus memberikan sesuatu kepada anak untuk mengisi waktu. kalau tidak, apa yang dilakukan, padahal, kalau sedang capek, anak biasanya malah akan rewel. Apalagi untuk anak balita yang sedang dalam masa pertumbuhan. Mereka sedang banyak gerak dan butuh banyak energi dan itu bisa diperoleh saat tidur.

    9. Tidur siang menghindari stress

      Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan fisik dan mental, peran tidur siang pada anak merupakan hal yang sangat penting. Anak yang melewatkan tidur siang atau bahkan tidak pernah tidur pada siang hari, berpeluang besar mengalami stres. Hal ini karena anak merasa capek, saat capek melakukan banyak aktivitas tubuh, mereka akan selalu rewel.

      Keceriaan dan rasa bahagia anak seperti tidak terlihat padanya. Tidak hanya fisik saja yang mengalami kelelahan, karena organ lain juga sangat aktif pada anak-anak. Nah, dengan mereka tidur siang maka mengistirahatkan tubuh mereka, rasa capek akan hilang. Saat mereka bangun, tubuh kembali segar dan fit kembali.

    10. Tidur siang 30 menit pada orang dewasa membuat lebih bahagia

      RASA bahagia ternyata sederhana saja. Tidur siang kurang dari 30 menit terbukti meningkatkan kebahagiaan kita.
      Para peneliti menemukan kata baru untuk menggambarkan perasaan puas setelah tidur siang singkat: “nappiness”.   namun tak berarti tidur selama berjam-jam. Para peneliti menyarankan pembatasan tidur siang yakni hanya setengah jam atau kurang dari itu.

      “Penelitian menunjukkan bahwa tidur siang dalam waktu singkat meningkatkan kinerja. Perusahaan seperti Google bahkan telah menyediakan ruang tidur siang untuk karyawannya. Namun, efek kebahagiaan bisa hilang jika Anda terlalu lama tidur. Selain itu, tidur siang dalam waktu lebih lama berhubungan dengan beberapa risiko kesehatan. Tidur siang selama satu jam saja misalnya berhubungan dengan meningkatnya penyakit sebanyak 82 persen seperti yang dilansir Fox News. 

Berdasarkan keterangan di atas, tampaknya keputusan para ibu untuk memaksa anaknya tidur siang adalah keputusan yang benar demi masa depan anak-anak mereka. Apakah anak Anda teratur tidur siang setiap hari? 

Bagi anda orang dewasa, bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing,ya!

Salam bahagia,

Artikel sebelumnya:

Dibalik anak yang HEBAT terdapat Ayah yang HEBAT pula!

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog