Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress

Gaya Hidup & Sosial | 1083 Views

10 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress.

31 Maret 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Pada dasarnya stress tidak lah selalu buruk, stress merupakan proses antisipasi Kita atas situasi yang tidak diinginkan atau diluar kontrol. Artikel ini akan membahas tentang 10 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress.

Menurut Dr. Ilona L. Tobin, Stress adalah respon tubuh atas perubahan dalam hidup. Terkadang stress distimulus oleh hal yang baik, seperti mendapatkan pekerjaan baru, kelahiran anak, atau bahkan jatuh cinta.

Bukan stress yang membuat keadaan menjadi buruk. Tetapi respon dan bagaimana Kita meng-handle stress lah yang membuat Kita semakin terpuruk dan berujung frustasi. Sebelum hal itu menerpa Kita, yuk Kita kenali tanda-anda stress sedini mungkin.

10 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress.

1.    Kelelahan.

Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress adalah saat menjalani rutinitas sehari-hari Anda mudah lelah. Padahal semua itu adalah hal yang rutin yang Anda lakukan. Bisa jadi, hal ini karena Anda tidak memiliki motivasi dalam melakukan rutinitas tersebut.

Sebaiknya Anda mengambil waktu jeda dengan mengambil cuti. Berkumpul dengan teman atau luangkan waktu untuk hobi Anda yang sudah lama dilupakan.

2.    Insomnia

Ketika stress mulai menyerang Anda, masalah yang menimpa akan terus Anda pikirkan. Bahkan hingga Anda ditempat tidur. Tidak sedikit yang akhirnya terbawa mimpi, dan sulit tidur akibat memikirkan masalah yang dihadapi.

Jika Anda mengalami hal seperti ini, cobalah rileks sejenak, yakinkan diri Anda bahwa setiap masalah tentu ada jalan keluarnya. Kadang membaca buku saat insomnia membantu kita untuk mengantuk dan segera tertidur. Dan menghindari dari Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress.

3.    Sensitif

Ini adalah tanda Anda perlu berpikir lebih logis, coba flashback kembali kenapa Anda begitu sensitif. Tekanan hidup Anda tidak perlu dikaitkan dengan hubungan personal dan sosial Anda.

Jadi hati-hati jika Anda mudah sensitif, siapa tahu Anda sedang mengalami gejala stress.

4.    Cemas

Cemas dalam tensi yang kecil tentu merupakan kewajaran. Akan tetapi, jika sudah membuat Anda tidak tenang serta dalam durasi yang lama tentu Anda perlu perhatikan lebih lanjut.

Kenalilah apa yang membuat Anda cemas, dan cari jalan keluar yang terbaik.

5.    Depresi

Ini merupakan tanda yang sangat jelas Anda mengalami stress. Jika tidak ditangani dengan segera maka ini akan membuatmu semakin frustasi. Pada situasi ini, sebaiknya Anda mencari teman untuk bercerita tentang masalah Anda atau cobalah bertemu dengan Psikolog untuk membantumu.

Bertemu dengan Psikolog bukan lah hal memalukan. Psikolog dengan background pendidikan dan pengalaman prakteknya mampu memberikan insight yang berbeda tentang masalahmu.

6.    Sulit Konsentrasi

Kebanyakan orang yang terkena stress akan sulit berkonsentrasi, baik itu dalam pekerjaan atau kehidupan sehari-hari. Biasanya membuat Kita menjadi pelupa, ceroboh dan tidak produktif.

Coba kendalikan stressmu, refreshing dengan teman-teman, luangkan waktu bersama keluarga dan perlahan selesaikan masalah yang membuatmu stress.

7.    Masalah kesehatan

Jika kamu sering mengalami sakit kepala, nyeri punggung atau sakit perut tanpa ada gejala psikis, mungkin Anda sedang mengalami Stress. Selain berobat ke dokter, cobalah berolahraga, yoga atau latihan pernafasan.

Beberapa orang yang spiritual kadang melakukan aktifitas keagamaan seperti berzikir, sholat tahajud dan lain-lain.

8.    Mudah Marah.

Tekanan stress selain membuat kamu sensitif juga membuatmu mudah marah karena tidak dapat mengontrol emosi. Biasanya hal ini tidak berhubungan dengan masalah yang membuatmu stress.

Ketika hal ini menimpamu, berpikirlah kembali, kemarahan tidak akan memberikan solusi. Justru akan menambah masalah baru bagi kamu.

9.    Menghindar dari kehidupan sosial.

Ini adalah situasi dimana kamu merasa butuh sendiri. Hal ini tidak sepenuhnya salah, justru siapa tahu teman-temanmu dapat membantu masalahmu. Jangan pernah sepelekan manfaat dari pertemanan.

Jika memang temanmu tidak bisa membantu masalahmu, setidaknya kamu memiliki orang untuk bercerita dan meredam sedikit tekanan stressmu.

10. Merasa beban hidup berat.

Saat stress menimpa Kita selalu merasa menjadi orang yang paling “sengsara”. Bahkan kadang merasa memiliki beban hidup paling berat. Cobalah keluar dari pikiran tersebut, dan mulai lah bersyukur atau apa yang Kita miliki.

Terkadang masalahnya hanya karena Kita lupa untuk bersyukur.

Demikianlah artikel tentang 10 Tanda Kamu Sedang Mengalami Stress dari PsyLine.id. Semoga, setelah membaca artikel ini, Kita dapat mendeteksi diri dan mengurangi beban stress.

Artikel sebelumnya membahas tentang 7 Pimpinan yang dihindari Karyawannya.

Salam Bahagia..

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan