Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

Gaya Hidup & Sosial | 1407 Views

11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

2 April 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Tahukah Kamu bahwa obat stress adalah dengan menjadi bahagia? Yah iyah lah. Bahkan ketika Kamu sudah tahupun, sangat sulit menghilangkan perasaan stress, depresi dan frustasi. Artikel ini membahas tentang 11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

Yuk kita mulai bahas dari hal yang positif, yaitu bagaimana Kita bisa menjadi lebih bahagia. Siapa tahu ini membantu mengurangi stress Kamu.

Tidak hanya Kamu loh, bahkan mayoritas manusia menempatkan tujuan hidupnya menjadi manusia yang bahagia, meskipun kadang definisi bahagia sangat lah subyektif bagi masing-masing individu.

Seperti saat Kamu (yang masih jomblo)melihat bagaimana bahagianya kedua pasangan yang sedang makan malam romantis. Kita tidak pernah tahu apa yang ada dalam benak mereka bukan? Mungkin saja pasangan tersebut sedang membicarakan orang tua yang tidak merestui hubungan mereka? Atau mereka sudah lama menikah tetapi belum memiliki momongan? Atau masalah lainnya? Jadi lihatlah ke diri Kita sendiri untuk mengukur kebahagian dan tidak membandingan dengan orang lainnya.

Jika kamu sudah mengerti apa itu kebahagiaan, yuk kita bahas satu per satu tentang apa yang sebaiknya Kamu lakukan agar bisa lebih bahagia.

11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

  1. Be active

Tips sederhana ini sesuai dengan fakta kesehatan kontemporer, yaitu sehabis kita beraktivitas akan ada hormon endorfin yang membuatmu merasa nyaman. Cara sederhananya adalah dengan memperbanyak jalan kaki, atau jika memang memungkinkan cobalah beraktifitas bersama dengan teman-temanmu.

Seperti bermain futsal, bowling, fitness, golf atau pun bola bekel. Selain aktifitasnya, komunikasimu dengan teman-teman secara tidak sengaja membuatmu berbagi cerita dan masalah. Sehinggga tanpa sadar kamu telah me-release emosimu atas masalah yang dihadapi.

  1. Relax

Ini adalah tips klasik, tapi faktanya memang saat kita diterpa masalah, secara biologis, tubuh dalam kondisi yang siaga dan tegang.

Cobalah lebih rileks, ikut kelas yoga, pijat refleksi atau mendengarkan musik yang menenangkan pikiran Kita. Beberapa orang dengan jiwa spiritual yang tinggi melakukan ibadah-ibadah yang membuat pikiran rileks seperti sholat malam, zikir dan berdoa.

  1. Rest

Untuk lebih bahagia, berikanlah tubuhmu waktu istirahat yang cukup. Bahkan jika sempat, tidur siang 10-20 menit akan memberikanmu energi positif untuk menghadapi sisa harimu.

  1. Help others people

Taukah kamu? Kebahagiaan orang lain akan menular kepada orang sekitarnya. Oleh karena itu, buatlah orang lain bahagia semampumu dengan membantunya.

Banyak loh hal sederhana yang membuat orang lain bahagia dengan bantuanmu, seperti memberikan tempat duduk kepada yang membutuhkan di transporasi umum, membantu orang tua menyeberang, atau hal simple yang ternyata membuat orang lain terbantu dan bahagia. Siapa tahu Anda didoakan kebaikan oleh orang yang kamu bantu.

  1. Spread your happiness

Sama dengan ilmu, semakin diajarkan kepada yang lain maka akan membuatmu semakin pintar. Kebahagian juga memiliki hukum yang sama.

“Semakin kebahagian disebarkan maka kamu akan semakin bahagia. “

Cobalah dengan menebarkan senyum kebaikan sesering mungkin dan buktikan sendiri.

  1. Get your spiritual life

Anda boleh saja atheis, karena ini bukan tentang agama, ini tentang jiwa spiritual Anda. Menurut penelitian hampir semua manusia memiliki jiwa spiritual termasuk orang atheis dan sejenisnya.

Untuk lebih bahagia, pada dasarnya manusia harus memiliki tujuan hidup yang jelas. Pertanyaan-pertanyaan seperti:

  • Untuk apa Saya hidup?
  • Kenapa Saya terlahir didunia?
  • Apa arti hidup?

Sebenarnya sudah dapat diketahui jawabannya.

Jika belum, maka temukan jawabannya dengan berefleksi diri, menimba kembali ilmu agama dan belajar lebih spiritual. Dengan semua jawaban tersebut kamu dapatkan, maka hidupmu akan jauh lebih bahagia.

  1. Spend your money to help others

Seperti menolong orang lain, bersedekah akan membuatmu bermanfaat kepada masyarakat. Hal ini akan memberikan perasaan positif dan kebahagiaan.

Sedekahlah dengan jumlah yang tidak memberatkan dengan intensitas yang rutin. Setiap kebaikan akan memberimu kebaikan yang berlipat.

  1. Tidak kepo dengan masalah orang lain

Yang ini tentu Kita merasa tidak pernah kan? Padahal sering loh Kita mengurusi masalah orang lain. Dari masalah tetangga, rekan kerja, bahkan masalah mantan lohhh.

Sebenarnya sederhana, Kita tentu tidak inginkan masalah Kita dijadikan isu atau gosip orang lain. Oleh karena itu, Kita tidak perlu terlalu ingin tahu masalah orang lain. Kecuali, memang orang tersebut bersedia membagi masalahnya.

  1. Stop complaining

Ini merupakan aturan dasar dari hidup bahagia. Mengeluh hanya memberikanmu energi negatif kepada diri sendiri dan orang sekitar. Mengeluh tidak akan mengubah apapun, dari pada mengeluh lebih baik energinya dibuat untuk ‘action’. Tentu kamu juga lelahkan jika memiliki teman-teman yang selalu mengeluh.

  1. Be grateful

Bersyukur merupakan kunci menjadikanmu lebih bahagia. Misal Kamu sedang bermacet-macet ria dan tape mobilmu sedang rusak jangan mengeluh, cobalah lihat pengendara motor dan penumpang bus umum.  Pikirkan lah orang lain yang lebih menderita dan malang dari Kita. Hal ini akan memberikan perasaan bersyukur dan lebih bahagia.

  1. Kurangin stalk medsos mantan

Nah yang terakhir bukan tips penting, tapi dari pada menyakitkan hati lebih baik kurangi kepoin mantan. Move on akan membuatmu jauh lebih bahagia.

Demikianlah artikel tentang 11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia dari PsyLine.id untuk anda. Semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Salam Bahagia..

 

Artikel sebelumnya membahas tentang: Perencanaan Karir : Karir Kita, Tanggung Jawab Siapa?

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

4 tanggapan untuk “11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.”

  1. Ratu Lareina berkata:

    Sepertinya curhat ya pak untuk poin 11 …. hihihi …

  2. Queen berkata:

    saya tambahin 1 lagi neh pak, hal yg bs membuat kita lebih bahagia, biar jd genap selusin.

    Nomor 12 :
    Refreshing, piknik or travel berdua aja bersama orang yg kita cintai

    dijamin bahagianya luar biasa pak

Tinggalkan Balasan