Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan

Gaya Hidup & Sosial | 9725 Views

11 Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan Jiwa Kita.

17 April 2017 | Penulis: Bayu Lebond

Aquarium merupakan salah satu identitas kehidupan yang mewakili habitat asli ikan. Selain sebagai wadah untuk hidup dan berkembang biak ikan, aquarium sering difungsikan sebagai penghias ruangan dan penyaluran hobi. Lalu apa Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan kita?

Secara fisik, kolam kaca ini hanya bersifat sebagai sebuah tempat atau wadah. Namun, lebih dari itu ternyata aquarium memiliki filosofi dan manfaat yang penting bagi kehidupan kita.

Coba kita perhatikan kehidupan dalam aquarium. Ikan-ikan yang berwarna-warni, tumbuhan air yang hijau royo-royo serta sejumlah aksesoris aquarium terlihat cantik, begitu indah dipandang mata.

Apa Itu Aquarium?

Aquarium adalah istilah dari bahasa latin:
Aqua/Aquaria (air) dan Arium (wadah/ruang).

Aquarium dapat didefinisikan sebagai cabang Vivarium yang membentuk ekosistem AIR dalam wadah/ruang/tempat, sesuai dengan ekosistem air sesungguhnya, dengan habitat mahluk hidup didalamnya.

Bila dilihat dari segi bahasanya, maka aquarium itu tidak dibatasi dengan ekosistem air tertentu.

  1. Ekosistem air tawar. (belakangan populer dengan sebutan aquascape, pond/kolam, tambak dll),
  2. Ekosistem air asin/laut. (disebut juga Oceanrium, atau lebih populer dengan sebutan Reef)
  3. Ekosistem air payau. (yang lebih populer dengan sebutan Estuarium).

Namun pada saat ini, banyak orang salah kaprah. Banyak yang menganggap aquarium itu adalah wadah yang terbuat dari kaca, baik diisi dengan ekosistem air maupun bukan.

Dengan menelaah dan memahami filosofi kehidupan ikan dalam aquarium, mampukah kita menginterpretasi dan mengapresiasi kehidupan makhluk lain? Tentu saja kita mampu. Karena kehidupan makhluk lain seperti ikan dapat memberikan manfaat yang tidak selalu berbentuk kebendaan.

Berikut adalah Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan Jiwa Kita.

Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan Jiwa Kita.

Mungkin sangat terdengar aneh jika menyebut aquarium bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan Psikologis penghuni rumah. Namun, hasil penelitian mengungkap ternyata memiliki aquarium unik di dalam rumah bisa memberikan manfaat yang menyehatkan bagi para penghuni rumah.

Ditinjau dari sisi Psikologi, aquarium memiliki efek menyehatkan yang alami. Manfaat utama terdapat pada air pengisi aquarium, tanaman air yang hijau segar dan ikan yang warna-warni berenang kian kemari..

Sifat lembab air memberikan efek sejuk dan bisa mengurangi kekeringan. Di ruangan ber-AC yang sering membuat kulit terasa kering atau di di ruangan yang terasa berhawa panas, bisa kita tempatkan aquarium. Pasti akan lebih terasa sejuk.

Pemandangan tanaman hias air yang segar dan indah ditata di aquascape dapat membawa imajinasi kita ke alam yang indah. Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan Jiwa Kita.

Mahluk hidup didalam aquarium seperti ikan hias, udang hias, keong dan lain-lain sangat lucu berenang kian kemari.

Apa saja manfaat aquarium di dalam rumah? Berikut ini, manfaat lain dari aquarium berpengaruh positif  terhadap kondisi psikologis seseorang.

  1. Menjernihkan Pikiran dan Menetralkan Perasaan Serta Obat Stress.

    Ketika kita merasa suntuk, bete, atau bosan karena ritme rutinitas hidup yang monoton, cobalah perhatikan aquarium.

    Gerakan gemulai ikan yang berwarna-warni, berlari dan bersembunyi lalu muncul lagi dari balik bebatuan dan tumbuhan air yang hijau segar. Ternyata pemandangan itu mampu mengalihkan perhatian kita dari masalah rutinitas kehidupan.

    Aquarium menjadi hiburan yang dapat meredakan ketegangan. Aquarium dapat mengendurkan syaraf-syaraf hingga menentramkan jiwa. Gerak-gerika alami ikan dalam air yang mengalir tenang mampu menghanyutkan hati dan pikiran kita dalam kedamaian, menjadi obat stress yang mujarab.

  2. Baik Untuk Terapi Penderita Alzeimer, Hiper Aktif dan Autis.

    Menurut penelitian melihat pemandangan di dalam akuarim sangat efektif sebagai sebuah terapi untuk beberapa jenis penyakit hingga gangguan mental pada anak. Seperti penderita Alzheimer, anak-anak hiperaktif hingga penderita autis.

    Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa banyak penderita Alzeimer secara rutin memandangi ikan dalam aquarium menjadi turun tingkat agresifitasnya. Supplement yang dibutuhkan menurun drastis, nafsu makannya bertambah dan mengkondisikan pikiran cenderung stabil.

    Melihat aquarium mungkin tidak memberikan efek seperti obat. Namun aquarium di dalam rumah memiliki manfaat yang sangat baik sebagai terapi. Pasalnya, keindahan di dalam aquarium dapat mengontrol dan meredakan ledakan emosi yang berlebihan.

  3. Menurunkan Tekanan Darah.

    Memelihara ikan hias dalam aquarium juga dapat membantu relaksasi yang bertujuan untuk menurunkan tekanan darah kita. Hanya dengan memandangi cantiknya ikan hias di dalam aquarium yang di desain sesuai habitat ikan tersebut.

    Maka kita akan merasakan efek positif dalam membantu menurunkan tekanan darah kita. Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan Jiwa Kita.

  4. Bermanfaat untuk Menyehatkan Jantung.

    Kesehatan jantung yang menjadi salah satu hal wajib untuk dijaga oleh semua orang ternyata bisa dapatkan dengan melihat ikan-ikan lucu yang ada di dalam aquarium.

    Menurut pakar kesehatan, melihat pemandangan indah di dalam aquarium menjadi terapi yang sangat bermanfaat bagi jantung. Pasalnya saat melihat ikan di dalam aquarium seseorang akan merasa tenang, rileks, tekanan darah menjadi normal dan otot-otot jantung menjadi lemas.

    Hal tersebutlah yang sangat membantu untuk mengurangi tekanan jantung sehingga bisa membuat jantung jadi kuat dan sehat.

  5. Efek Menenangkan Untuk Semua Umur.

    Tidak hanya untuk orang dewasa. Anak-anak yang memandangi ikan dalam aquarium juga akan merasakan efek postifnya. Terutama bagi anak yang hiperaktif.

    Aquarium ikan hias dapat membuat mereka lebih tenang dan lebih lelap tidur saat malam hari. Pasien sakit gigi akan merasa lebih santai dan tenang jika melihat ikan dalam aquarium yang berada di rang tunggu Praktek Dokter Gigi.

  6. Menumbuhkembangkan kasih sayang yang alami dalam diri kita.

    Melihat keindahan sesuatu seringkali menimbulkan rasa cinta dan kasih sayang untuk membiarkannya tetap ada. Demikian pula dengan perpaduan keindahan ikan hias, air dan berbagai aksesoris pada aquarium.

    Aquarium bisa membuat kita tergugah untuk menjaga, memelihara dan melestarikannya, sehingga tumbuh rasa memiliki yang tulus.

    Ikan hias merupakan makhluk yang memiliki keunikan dan keindahan dari segi warna dan bentuk. Ketika kita tertarik dengan binatang, lama-lama kita bisa menjadi penyayang binatang.

    Ketulusan kita menyayangi dan dalam memandang sesuatu dapat mempengaruhi dan memperbaiki sikap dan perilaku hidup seseorang yang bisa juga berpengaruh terhadap aspek kehidupan lainnya.

    Misalnya, dengan memperhatikan dan menikmati aquarium, kita dapat lebih menyadari bahwa Tuhan begitu kuasa menciptakan berbagai mahluk hidup.

    Berbagai jenis ikan dengan keindahannya yang menyejukkan dan menenangkan. Sehingga kesadaran spiritualitas kita pun semakin terasah, untuk memahami dan mensyukuri setiap kebesaran-Nya.

  7. Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan adalah Memberi inspirasi.

    Aquarium yang ditata dengan cantik beserta ikan yang beraneka warna bisa menginspirasi pikiran kita. Ketenangan dan kedamaian yang diperoleh dengan memandangnya. Hal itu bisa meningkatkan imajinasi dan gairah untuk menciptakan sesuatu.

    Keberadaan ikan dalam aquarium sebagai tiruan habitatnya yang asli, mampu membangkitkan kreasi dan kreativitas seseorang. Kreatifitas dalam bentuk karya yang bernilai tinggi. Setidaknya, itu yang bisa diinterpretasikan dalam kehidupan nyata.

    Ketika kita sedang memandangi ikan hias di dalam aquarium. Maka perasaan kita akan merasa lebih tenang damai dan biasanya situasi seperti itu dapat menimbulkan Ide-ide yang cemerlang secara spontan dari dalam pikiran kita.

  8. Mengoptimalkan Hobi.

    Semua orang memerlukan sebuah kegiatan ekstra yang disebut hobi. Pada umumnya, memelihara ikan hias di aquarium merupakan hobi yang menyenangkan untuk mengisi waktu senggang.  Dengan hobi ini, kita bisa medapat kesenangan tersendiri.

    Hobi adalah penyeimbang hidup. Hobi membuat tekanan psikologis yang dialami dalam rutinitas kerja kembali mengendur.

    Kemudi paling seimbang dalam hidup adalah Pekerjaan, Cinta dan Hobi.

  9. Membuat seseorang merasakan kesejukan saat melihatnya.

    Manfaat Merawat Ikan Hias yang pertama yaitu membuat seseorang merasakan kesejukan saat melihatnya.

    Mengapa?

    Yang pertama adalah air. Sudah jelas disini air membawa kesejukan bagi siapa saja. Dan yang kedua adalah gerak-gerik Ikan Hias yang ada di dalam aquarium. Gerak geriknya yang membuat kita serasa ada di dalam aquarim tersebut. Yang ketiga adalah pemandangan tanaman air yang hijau segar dapat pula menyegarkan mata kita.

  10. Menjernihkan Pikiran dan Menetralkan Perasaan.

    Memelihara Ikan hias juga memiliki manfaat menjernihkan pikiran dan menetralkan perasaan kita. Hal ini ada kaitannya dengan kesehatan. Ketika kita merasa bosan atau stres, cobalah untuk melihat Ikan Hias yang berwarna-warni dan berenang dengan gemulainya di dalam air pada Aquarium Anda. Aktivitas ikan di dalam aquarium Mampu menjadi hiburan tersendiri dan dapat mengurangi stress kita.

  11. Menambah Penghasilan Tambahan.

    Dari hobi turun ke rejeki.

    Mungkin itu ungkapan yang tepat untuk menggambarkan para penghobi aquarium. Tidak sedikit para pengusaha besar di bidang ikan hias atau aquarium dimulai dari hobi.

    Bila kita dapat menghasilkan penghasilan tambahan dari hobi memelihara ikan hias, niscaya perasaan kita akan bertambah senang. Betul apa betul?

Penempatan Aqarium.

Kamu berencana untuk punya aquarium di dalam rumah? Tidak ada salahnya kita membuatnya di dalam rumah.

Tempatkan aquarium di tempat yang mudah kita lihat.

Manfaat Aquarium Bagi Kesehatan bila kita ingin membuat aquarium untuk rumah kita, tempatkan aquarium di ruang tamu. Atau kita bisa menempatkannya di ruang keluarga, atau kamar tidur.  Jangan tempatkan aquarium kita di dapur ya. Alih-alih kita ingin menikmati pemandangannya, yang ada kita ingin menggoreng isi aquarium 😉 .

Untuk anda yang berprofesi sebagai seorang dokter atau psikolog yang memiliki tempat pratik sendiri. Tidak ada salahnya membuat aquarium dan menempatkannya pada ruang tunggu. Niscaya hal itu akan membuat pasien anda lebih tenang.

Atau mungkin Kita adalah seorang pengusaha yang memiliki kantor. Kita dapat menempatkan aquarium di ruang resepsionis, ruang rapat atau ruang kerja pribadi Kita. Niscaya karyawan Kita akan ikut terpapar aura positif yang dipancarkan oleh aquarium kita.

Seperti yang sudah sebutkan di atas. Melihat indahnya pemandangan dalam aquarium bisa membuat seseorang jadi tenang, rileks dan bahkan meningkatkan suasana hati. Hal tersebut pun tentunya menjadi obat alami yang baik untuk mengatasi stres yang dapat menurunkan tingkat kecemasan.

Terbukti aquarium dapat membuat hidup kita lebih bahagia. Ayo rame-rame kita buat aquarium ditempat kita. Seperti PsyLine.id Psikologi Online juga memasang aquarium di kantor kami.

Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: Stop Mencontek! Mencontek adalah Penyakit Berbahaya!

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan