13 Cara Terhindar Dari Teman Beracun yang Harus Kita Ketahui.

Diposting: 12 Juni 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 2362 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Mempelajari dan mengidentifikasi seseorang yang berpotensi menjadi Teman Beracun dapat membantu Kita untuk menghindari dari Teman Beracn. Dengan terhindar dari kepribadian seperti ini, bisa membuat Kita untuk terus positif. Bagaiman Cara Terhindar Dari Teman Beracun dan Orang yang Berpotensi menjadi Teman Beracun?

Susana hati Kita saat ini sedang sangat bagus. Hari Kita berjalan dengan sangat baik. Tiba-tiba, Kita merasa seluruh energi positif tersedot dan semangat menghilang.

Kenapa?

Mungkin Kita baru saja bertemu seseorang dengan sikap yang buruk. Seseorang yang menghancurkan suasana hati Anda. Seseorang yang bawaannya selalu memancarkan kenegatifan saja. Seorang teman yang seperti tersebut diatas memang sangat menyebalkan karena dapat memperburuk suasana hari kita.

Baca Juga:

Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

Cara Terhindar Dari Teman Beracun dan Orang yang Berpotensi menjadi Teman Beracun

Daripada kita terjebak pada persahabatan dengan teman beracun, lebih baik kita menghindar darinya. Bukankah ada pepatah mengatakan “Mecegah lebih baik daripada mengobati”? Nah lebih baik kita sesegera mungkin menghindar dari orang yang berpotensi menjadi teman beracun. Daripada nanti repot sendiri bila sudah berteman dengannya. Inilah Cara Terhindar Dari Teman Beracun

Berikut Cara Terhindar dari Teman Beracun menurut PsyLine.id yang dirangkum dari berbagai sumber:

  1. Kenali ciri dasar orang yang berpotensi menjadi Teman Beracun

    Memang kita semua pernah mengalami hari yang kurang baik. Akan tetapi, apabila ada orang yang mengalami hari buruknya konstan, maka dia berpotensi menjadi Teman Beracun. Jika ada orang yang berfikir negatif lebih dari beberapa hari per minggu.

    Coba cari ciri-ciri yang menunjukkan kepribadian yang beracun seperti di bawah ini:

    • Gugup dalam segala hal
    • Amarah, kesedihan dan kedengkian pada banyak hal
    • Selalu mengeluh pada apa saja
    • Sangat tergantung kepada orang lain
    • Senang mengkritik apa saja
    • Memandang dunia dengan negatif atau sinis

    Bila Kita menemui seseorang seperti tersebut di atas, sepertinya Kita berurusan dengan kepribadian yang beracun.

  2. Perhatikan energi orang di sekitar

    Jika Kita memiliki sudut pandang yang hangat, terkadang sulit untuk mengenali orang-orang yang beracun dalam hidup Kita. Tetapi, jika Kita bisa belajar mengenali energi seseorang, Kita pun bisa mengidentifikasi energy negatif dengan lebih mudah.

    Perhatikan bahasa tubuh dan nada suara orang di sekitar Kita. Coba perhatikan bunyi yang keluar, alih-alih hanya kata-kata yang dituturkan. Kita bisa mengetahui apa yang sebenarnya dirasakan dari semua ini. Bagaimana lawan bicara terhubung dengan Kita? Apa yang ada di benaknya saat mereka bicara?

    Apa Kita pernah masuk ke dalam toko dan disapa oleh penjaga toko yang bersemangat? Pasti rasanya menyenangkan. Kita pun akan senang hati bersedia untuk kembali. Berada di dekat orang negatif sama seperti masuk ke dalam sebuah toko. Di mana suasana terasa kelam, penjaga tokonya nyaris tidak mau menggumamkan kata halo. Anda bisa langsung merasakannnya.

  3. Hindari orang yang selalu marah

    Amarah, dendam kesumat, dan kritik negatif merupakan pertanda yang nyata dari kepribadian yang beracun. Orang pemarah biasanya membutuhkan banyak bantuan, tetapi bukan berarti Kita harus bersedia menjadi pelampiasannya.


    Berada di dekat orang seperti ini bisa membuat Kita menjadi pemarah juga. Jangan biarkan Kita larut dalam aura kemarahan juga. Karena, seperti halnya kebahagiaan, kemarahan juga dapat menular.

    Kita juga harus berhati-hati dengan amarah yang terpendam. Beberapa orang tidak mau berkata banyak. Tetapi mereka menggunakan bahasa tubuh yang kurang baik dan memendamnya dalam hati. Orang seperti ini bisa mengeluarkan amarah di waktu yang tidak lazim.

  4. Hindari orang yang memiliki sudut pandang negatif

    Kesengsaraan senang mencari teman. Seseorang yang memiliki kepribadian seperti ini sering kali ingin mencari teman yang merasakan hal yang sama. Mereka akan mengajak Kita dalam kesengsaraaannya ini. Mereka akan mencoba menarik Kita dalam pandangan negative juga.

    Mereka akan berusaha untuk menjadi orang yang paling sengsara. Orang-orang seperti ini sering kali memandang kesalahan orang lain sebagai kesalahan besar, dan sulit untuk memaafkan. Mereka suka mencari kambing hitam dalam segala hal.

    Berhati-hatilah dengan orang-orang yang selalu membicarakan kegagalan dan kesedihan. Meraka bahkan kadang-kadang dengan riang membicarakan kesedihannya.

  5. Hati-hati dengan orang yang suka caper

    Orang yang tidak percaya diri sering kali mengandalkan orang lain untuk memperoleh perhatian. Mereka menginginkan perhatian dari Kita dan harus menjadi pusat dari segala sesuatu. Kebutuhan untuk diperhatikan ini terus-menerus ada dan bisa membuat Kita lelah.

    Coba amati akun jejaring sosialnya untuk mendapatkan tanda-tanda kepribadian seperti ini. Kecenderungan gemar menyumbar yang terselubung hanya tentang dia, bisa jadi pertanda kepribadian yang beracun.

    Orang-orang seperti ini sering kali berusaha mengungguli semua orang di sekitarnya. Atau selalu membelokkan percakapan kembali ke topik tentang mereka.

  6. Hindari orang yang suka bergosip

    Gosip dilakukan berdasarkan rasa iri, bukan karena peduli dengan orang lain. Dan dalam beberapa kasus, gosip bisa terasa seru dan membuat Kita merasa dekat dengan orang-orang yang bergosip . Sehingga hal ini pun susah untuk dihindari.


    Para penggosip selalu membandingkan dirinya dengan orang lain. Hal ini merupakan cara jitu untuk mempersiapkan Kita gagal. Jangan terlalu mengurusi orang lain, tetapi urus saja diri sendiri.

  7. Hindari orang yang suka membuat orang lain resah

    Kekhawatiran dan keresahan orang akan dunia bisa menular. Rasa takut dan resah memberikan semacam rasa aman kepada orang seperti ini. Mereka mengomunikasikan rasa takut tersebut memberikan semacam tujuan kepada mereka.

    Berhati-hatilah dengan orang yang selalu menemukan sisi gelap dari segala sesuatu. Misalnya, bila Kita memulai sebuah bisnis, dia akan bercerita tentang bahaya yang akan didapatkan bila berbelanja di mall tersebut.

  8. Cara Terhindar Dari Teman Beracun adalah Berfikir positif di mana saja

    Gunakan contoh yang menginspirasi dari orang yang lebih positif dalam hidup Kita untuk menuntun menjauhi Teman Beracun. Coba untuk menjadi orang yang lebih optimis dengan melihat sisi baik dari orang lain. Seringlah Kita memuji hal yang baik dari orang tersebut. Cobalah Kita untuk terus bersemangat. Terima dan beri pujian dengan rasa syukur, jaga kontak mata dengan mereka, dan tersenyumlah.

  9. Dekatlah dengan orang dengan pemikiran yang serupa

    Tentunya Kita tidak ingin bergaul dengan orang yang tidak Kita sukai. Kelilingi diri Kita dengan orang-orang yang bisa membantu Kita memperoleh pikiran yang positif. Cari orang-orang yang optimis, bersemangat, dan bahagia.

    15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri
    Semakin sering Kita menghabiskan waktu dengan orang-orang seperti ini, Kita pun menjadi semakin bahagia dan ceria. Sikap mereka yang sehat dan positif bisa membantu Kita untuk memiliki kehidupan yang baik.

  10. Buat relaksasi sebagai prioritas dalam hidup

    Jika Kita terus bertarung dengan negativitas dari orang-orang di sekitar Kita, Kita harus berkomitmen untuk melawan rasa stres yang imbul. Cari sesuatu yang menenangkan dan menyeimbangkan diri Kita. Lakukan kegiatan yang menyenangkan agar energi positif Kita kembali lagi.

    Beberapa teknik yang lazim digunakan untuk mengatasi stres adalah:

    • Meditasi
    • Yoga
    • Mendaki bukit atau gunung
    • Seni bela diri
    • Menyalurkan hobi

    Baca juga:

    14 Hobi yang Dapat Menghilangkan Stress. Agar Anda lebih Bahagia.

  11. Cari satu hal dalam satu hari yang patut disyukuri.

    Luangkan waktu sedikit mungkin berinteraksi dengan orang yang negatif. Jangan takut jika orang lain menganggap Kita fobia social jika Kita ingin menjauhi Teman Beracun. Kita harus menjadi orang yang paling penting dalam hidup Kita. Kitalah yang tahu apa yang terbaik untuk diri Kita sendiri.

    Baca juga:
    Fobia sosial adalah penyakit mental terbesar ketiga di dunia.

    Selalu Bersyukur dan taruh catatan tersebut di tempat yang sering Kita lalui dan sering Kita lihat. Paksa diri untuk menganalisa hubungan yang ada. Kita akan mendapati hal ini menyingkirkan negativitas dari benak Kita. Gantikan hal tersebut dengan pikiran-pikiran yang lebih harmonis, bahagia dan produktif.

  12. Coba pikirkan kebutuhan dan keinginan Kita.

    Apa yang paling penting bagi Kita? Apa yang Kita inginkan dari hidup? Ketahui apa yang Kita sukai dan tidak sukai. Cari tahu seperti apa diri Kita yang Kita inginkan di masa depan. Dengarkan kata-kata orang lain, tetapi ingatkan diri bahwa Kitalah pemegang keputusan terakhir. Kita presiden dari kehidupan Kita sendiri.

    Tulis rencana jangka pendek dan panjang di atas kertas. Tempelkan kertas ini di dinding sehingga Kita terus diingatkan dan bisa selalu fokus. Ini juga bisa membantu Kita saat waktu terasa sulit dan Kita merasakan dorongan untuk jatuh ke kebiasaan Teman Beracun.

  13. Pastikan Anda sudah mengurus kebutuhan sosial dasar Anda.

    Terkadang orang dengan gangguan mental atau yang disakiti oleh teman beracun menunjukkan tanda-tanda ini. Jika mereka menganggu Kita, jangan pikir panjang lagi, jauhi mereka. Karena Kita tidak berhak untuk disakiti.

Demikianlah artikel tentang Cara Terhindar Dari Teman Beracun yang harus diketahui dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia. Semoga bermanfaat bagi kehidupan kita semua dan membuat Kita menjadi lebih baik.

Baca juga:

11 Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun. Jangan sampai kita terlena.

15 Cara Jitu Berurusan dengan Teman Beracun Dalam Pergaulan.

Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang:

11 Gejala Depresi yang Wajib Kita Ketahui dan Atasi.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog