14 Langkah Jitu Membuat Tidur Berkualitas Bagi Kita

Diposting: 4 Desember 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 457 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Tidur yang berkualitas itu bukan hanya berapa lamanya mata kita terpejam. Tidur yang berkualitas itu adalah bagaimana kita membuat gelombang otak masuk ke dalam vase tidur lelap. Dan vase tidur lelap akan tercapai jika kita benar-benar siap untuk tidur tak hanya sekadar memejamkan mata. Ikuti 14 Langkah Jitu Membuat Tidur Berkualitas ini.

Pernah merasa sangat mengantuk di saat jam-jam sibuk? Jika ini yang sering kita rasakan, mungkin kita mengidap salah satu Gangguan tidur atau Sleep Disorder. Sleep Disorder adalah sebuah gejala gangguan tidur yang membuat penderitanya mengalami kesulitan akan mengatur pola tidurnya.

Ciri-ciri penderita Gangguan tidur atau Sleep Disorder antara lain: bangun tidur tak segar, cepat mengantuk, sulit berkonsentrasi, cepat lelah, plus daya ingat yang terus menurun.

Baca Juga:

Jenis dan Macam Gangguan Tidur atau Sleep Disorder.

14 Langkah Jitu Membuat Tidur Berkualitas

Untuk membebaskan diri dari “kekacauan” akibat Gangguan tidur atau Sleep Disorder, dan Membuat Tidur Berkualitas, rutinitas tidur kita menjadi lebih berkualitas, lakukanlah 14 langkah berikut:

  1. Jauhkan Pengganggu Tidur

    “Jadikanlah tempat tidur sebagai tempat yang nyaman untuk terlelap dan bercinta,” demikian Avelino Verceles, MD. Asisten profesor dari University of Maryland School of Medicine yang juga direktur School’s Sleep Medicine Fellowship, menyarankan.

    Ini artinya, kita harus menjauhkan televisi, video games, dan laptop atau komputer dari kamar. Tidurlah dalam lingkungan yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu dan matikan hal-hal yang menimbulkan suara.

    Pastikan kita nyaman dengan suhu ruangan tidur kita. Jauhkan jam meja dari pandangan Kita. Karena benda itu dapat membuat Kita cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

  2. Tentukan Waktu Bangun Tidur yang Teratur

    Menurut Barry Krakow, MD, direktur medis Maimonides Sleep Arts and Sciences, Ltd., yang juga menulis buku Sound Sleep, Sound Mind: 7 Keys to Sleeping Through the Night, mengatur waktu tidur dan bangun justru menjadi kesulitan tersendiri bagi mereka yang sudah mengalami gangguan tidur.

    Untuk itu, Krakow menawarkan sebuah alternatif, yaitu dengan menentukan waktu bangun yang harus diikuti setiap harinya. Ritme ini yang nantinya akan membentuk sirkardian atau jam biologis tubuh. Kita akan selalu mengantuk lebih cepat jika di malam sebelumnya kita kurang tidur, tapi bangun selalu di jam yang sama.

  3. Majukan Jam Tidur Kita

    Jika menentukan jam tidur dan bangun yang sama setiap harinya tak sukses. Cobalah majukan jam tidur kita 15 menit lebih cepat. Hal itu setidaknya kita lakukan selama 4 malam berturut-turut. Setelah ini berhasil, buat jadwal tidur kita 1 jam lebih cepat dari biasanya.

  4. Makanlah Dengan Teratur

    Makan dengan tidur adalah dua kegiatan yang sangat erat terkait. Jika kita tidak makan teratur, misalnya memundurkan makan siang menjadi lebih sore, akan membuat makan malam kita mundur sampai mendekati waktu tidur. Dan pasokan energi mendekati waktu tidur justru membuat kita bersemangat melakukan banyak hal.

    Plus idealnya, 2 sampai 3 jam sebelum waktu tidur kita sudah berhenti makan agar metabolisme berjalan sempurna. Sehingga tak ada yang berubah wujud menjadi timbunan lemak di tubuh kita.

  5. Hindari Makan dan Minum Terlalu Banyak Menjelang Tidur

    Makanan yang terlalu banyak akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Sementara minum yang terlalu banyak akan menyebabkan Anda sering ke belakang untuk buang air kecil. Sudah tentu kedua keadaan ini akan menganggu kenyenyakan tidur Anda.

  6. Hindari Teh, Kopi, Alkohol dan rokok.

    Kurangi mengkonsumsi yang bersifat stimulan atau yang membuat Kita terjaga. Hal-hal tersebut akan menyebabkan Kita terjaga. Dan tentu saja tidak Kita perlukan bila ingin tidur.

  7. Berolahraga Secara Teratur

    Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Dengan berolah raga, kesehatan Kita menjadi lebih optimal, sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

    Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan malam menjelang tidur. Hindarilah berolahraga 3 jam sebelum tidur. Sebab adrenalin yang terpacu justru akan menjauhkan kita dari rasa kantuk.

  8. Naiklah ke Tempat Tidur Jika Benar-benar Sudah Mengantuk

    Menurut Krakow, jika kita hanya kelelahan setelah beraktivitas seharian, sebaiknya jangan naik ke atas tempat tidur. Sebab ternyata, ini justru tak akan membuat kita terlelap. Melainkan hanya berguling-guling di atas tempat tidur.

  9. Mandilah Dengan Air Hangat Sebelum Tidur

    Mandi air hangat 30 menit atau satu jam sebelum tidur akan menyebabkan efek sedasi atau merangsang tidur. Selain itu, mandi air hangat sebelum tidur juga mengurangi ketengangan tubuh.

  10. Hentikan Menonton TV atau Membaca Buku Sebelum Tidur

    Gunakanlah tempat tidur Kita khusus hanya untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh Kita menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat Kita berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

  11. Lakukan Aktivitas Relaksasi Secara Rutin

    Mendengarkan musik, melatih pernafasan, meditasi dan lain-lain akan membantu memperlambat proses yang terjadi dalam tubuh. Sehingga tubuh Kita akan menjadi lebih santai. Keadaan ini akan mempemudah Kita untuk tidur.

  12. Jernihkan Pikiran

    Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran Kita. Salah satu cara untuk ini adalah dengan menuliskan semua pikiran Anda lewat media blog. Atau anda bisa berbagi cerita tentang segala kekhawatiran anda di PSYLine.id Psikologi Online Indonesi.

  13. Matikan SmartPhone

    Pancaran sinar dari layar smart phone kita dapat membuat mata tegang. Mata akan terfokus pada layar smart phone, sehingga menghilangkan rasa kantuk Kita. Jauhkan Smart Phone dari jangkauan kita.

    Baca Juga:
    Smartphone Membuat Kita jadi Bodoh? Mitos atau Fakta?

  14. Temuilah Psikolog Profesional

    Jika 13 langkah di atas masih belum juga berhasil membuat kita tertidur dengan nyenyak, sebaiknya berkonsultasilah dengan Psikolog Profesional.  Sebab bila penderita Sleep Disorder tidak ditangani secara dini, akan berakibat dengan kwalitas kebahagian kita.

Hal lain yang juga bisa mengundang gangguan tidur adalah depresi, paska trauma, atau obat-obatan. Itu mengapa kita butuh bantuan Psikolog Profesional yang mengerti bagaimana mengatasi berbagai pemicu gangguan tidur tersebut. Dan kita akan dapat Membuat Tidur Berkualitas.

Salam Bahagia

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Membuat Tidur Berkualitas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Berteman dengan Mantan adalah Ciri Seorang Psikopat.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog