15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri.

Diposting: 13 Mei 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 1099 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Memiliki rasa percaya diri (Self Confidence) yang baik membuat seseorang menjadi lebih memiliki arti dalam segala sisi kehidupan. Ia kan mudah dikenal, bersosialisasi dengan lingkungan baru, pergaulan lebih luas, berperan dalam pengambilan keputusan suatu kelompok. Dan lebih mudah membuka diri untuk perkembangan dirinya.

Menurut Thantaway dalam Kamus istilah Bimbingan dan Konseling (2005:87):

Percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis diri seseorang yang memberi keyakinan kuat pada dirinya. Kondisi untuk berbuat atau melakukan sesuatu tindakan. Orang yang tidak percaya diri memiliki konsep diri negatif. Mereka kurang percaya pada kemampuannya, karena itu sering menutup diri.

15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri

Macam-Macam rasa Percaya Diri.

Ada beberapa istilah yang terkait dengan persoalan percaya diri, yaitu :

  1. Self-concept.

    Self Concept itu adalah bagaimana menyimpulkan diri kamu secara keseluruhan? Bagaimana melihat potret diri Kamu secara keseluruhan? Bagaimana mengkonsepsikan diri kamu secara keseluruhan?

  2. Self-esteem.

    Self Esteem itu adalah sejauh mana Kamu punya perasaan positif terhadap dirimu? Sejauh mana Kamu punya sesuatu yang dirasakan bernilai atau berharga dari diri Kamu? Sejauh mana Kamu meyakini adanya sesuatu yang bernilai, bermartabat atau berharga di dalam dirimu?

  3. Self efficacy.

    Self Efficacy itu adalah sejauh mana Kamu punya keyakinan atas kapasitas yang kau miliki untuk bisa menjalankan tugas? Sejauh mana Kamu menangani persoalan dengan hasil yang bagus (to succeed)? Sejauh mana Kamu meyakini kapasitas kamu di bidang kamu dalam menangani urusan tertentu?

  4. Self-confidence.

    Self confidence itu adalah kombinasi dari self esteem dan self-efficacy (James Neill, 2005). Sejauh mana Kamu punya keyakinan terhadap penilaian atas kemampuanmu? Sejauh mana Kamu bisa merasakan adanya “kepantasan” untuk berhasil?

  5. Self-ideal.

    Self Ideal terdiri dari semua harapan, impian, visi dan idaman kamu. Orang yang memiliki self-ideal yang baik akan membentuk kepercayaan diri yang baik pula. Orang yang tahu siapa diri mereka dan apa yang dia yakini serta konsisten dengan nilai ideal yang dianut.

  6. Self-image.

    Merupakan bagian yang menunjukkan bagaimana kamu melihat diri kamu dan pendapat kamu tentang. Pada bagian ini kamu melihat ke dalam dirimu dan menentukan bagaimana sebaiknya bertingkah laku. Self-image akan mempengaruhi berbagai emosi, perilaku, sikap dan bagaimana interaksi dengan orang lain. Untuk memiliki kepercayaan diri yang baik, harus menciptakan self-image yang baik pula.

Dapat disimpulkan bahwa bahwa percaya diri adalah kondisi mental atau psikologis seseorang. Dimana individu dapat mengevaluasi keseluruhan dari dirinya. Sehingga memberi keyakinan kuat pada kemampuan dirinya untuk melakukan tindakan dalam mencapai berbagai tujuan di dalam hidupnya.

Akibat Kurang Percaya Diri.

15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri

Ternyata kurangnya  percaya diri pada jiwa seseorang akan menimbulkan kerugian dalam hidupnya di masa kini dan mendatang. Sehingga akan berpengaruh pada kehidupan pribadi, jenjang karir dan masa depan kita tentunya.

Mereka cenderung merasa  atau bersikap  seperti berikut ini.

  1. Tidak memiliki sesuatu (keinginan, tujuan, target) yang diperjuangkan secara sungguh sungguh.
  2. Tidak memiliki keputusan melangkah yang decissive (ngambang)
  3. Mudah frustasi atau give-up ketika menghadapi masalah atau kesulitan
  4. Kurang termotivasi untuk maju, malas-malasan atau setengah-setengah
  5. Sering gagal dalam menyempurnakan tugas-tugas atau tanggung jawab (tidak optimal).
  6. Canggung dalam menghadapi orang
  7. Tidak bisa mendemonstrasikan kemampuan berbicara dan kemampuan mendengarkan yang meyakinkan
  8. Sering memiliki harapan yang tidak realistis
  9. Terlalu perfeksionis
  10. Terlalu sensitif (perasa)
  11. Langkah mudah buang krisis percaya diri kamu

Kamu yang sudah merasakan akibat seperti paparan di atas karena terindikasi krisis percaya diri, tidak perlu khawatir.

15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri.

15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri

  1. Cek bagian dirimu yang paling menonjol.

    Mulailah harimu dengan melakukan 1-2 hal yang kamu kuasai dengan baik. Misalnya kalau kamu hobi memasak, mulailah hari dengan membuat sarapan. Atau kalau kamu suka berolahraga, sempatkan waktumu untuk jogging keliling kompleks setiap paginya.

    Lakukan secara rutin setiap paginya. Dengan begitu, rasa percaya dirimu sepanjang hari akan naik karena dimulai dengan kemampuan untuk melakukan dan menyelesaikan sesuatu.

    Setiap orang pasti dikaruniai bakat atau kemampuan yang unik dan berbeda. Memulai hari dengan penuh energi positif akan lebih memudahkanmu untuk mendapatkan rasa percaya diri dan hari yang baik.

  2. Fokuskan  pada hal-hal yang  positif.

    Supaya rasa percaya dirimu itu kembali dan lebih tinggi lagi, fokuskan  pikiranmu hanya pada hal-hal positif saja.

    Misalnya, besok lusa kamu akan ada presentasi besar. Daripada fokus memikirkan apa saja yang akan ditanyakan dan bagaimana killer-nya dosen yang menguji. Lebih baik fokuskan pikiranmu pada pengayaan dan penguasaan materi yang akan dipresentasikan. Kalau kamu sudah belajar dengan baik, hasil yang memuaskan juga tentu akan kamu dapatkan, kok.

  3. Lakukan hal-hal yang membuatmu merasa dirimu “mengagumkan”.

    Mendapatkan percaya diri sangatlah mudah. Kamu hanya perlu menanamkan energi positif tanpa henti yang akan membuatmu merasa lebih berharga dan berarti. Dengan memahami bahwa dirimu itu berharga, keyakinanmu pada diri sendiri akan bertambah. Dari situlah rasa percaya diri perlahan akan muncul.

    Misalnya dengan berolahraga, mendengarkan musik, bernyanyi, atau bahkan menari. Apapun itu, lakukanlah sesering mungkin supaya kamu semakin merasa  berharga  dan percaya diri.

  4. Satu pencapaian kecil secara rutin.

    Kamu harus rutin menguji diri supaya tahu sampai mana batas kemampuan yang dimiliki. Setiap harinya, buatlah 1 pencapaian yang harus bisa kamu wujudkan. Tidak perlu pencapaian besar, cukup yang kecil saja namun layak untuk dibanggakan.

    Misalnya: berhasil berolahraga pagi ini, menyelesaikan konflik dengan teman atau pasangan dengan kepala dingin. Atau berbuat dan bicara baik kepada orangtua.

    Saat kamu berhasil mewujudkan pencapaian tersebut, kamu pasti akan merasa senang dan akhirnya menyadari bahwa kamu mampu menghadapi tantangan. Kesadaran itulah yang akhirnya membuat rasa percaya dirimu bertambah secara bertahap.

  5. Tidak perlu jadi sosok sempurna.

    Kepercayaan diri yang muncul di dalam diri. Percaya diri hadir karena adanya rasa menerima dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya. Mereka tidak membandingkan diri dengan orang lain karena tahu itu akan menurunkan rasa percaya diri mereka. Prinsip inilah yang perlu untuk kamu amini dan lakoni untuk menaikkan rasa percaya dirimu.

  6. Tunjukkan bahasa tubuh yang baik.

    Bahasa tubuh  bisa “membaca” diri kita.  Nah, begitu juga dengan rasa percaya dirimu. Lalu, bagaimana bahasa tubuh yang tepat untuk memperkuat rasa percaya diri kita?

    Duduk atau berdirilah dengan tegak dan muka lurus ke arah depan. Posisi seperti ini akan membuatmu lebih “terlihat” oleh orang lain.

    Saat berbicara, gunakanlah artikulasi yang jelas dan pandanglah mata lawan bicaramu, supaya bicaramu lebih didengar dan diperhatikan.

    Berjalanlah dengan tegap untuk memperlihatkan wibawa. Jangan membungkuk ataupun melihat ke arah bawah karena bisa memberikan kesan rendah diri dan memberi aura negatif untuk sekelilingmu.

  7. Perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan.

    salah satu cara terbaik untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memperbanyak pengetahuan yang kamu miliki. Bukan hanya kamu akan semakin pintar, kamu pun akan merasa lebih percaya diri dalam menjawab pertanyaan yang orang lain. Maklum, sudah banyak referensi yang dibaca, sih.

  8. Tersenyumlah.

    Cara  ini memang terdengar klise, tapi cukup berhasil untuk menaikkan rasa percaya dirimu. Senyum ini memiliki energi positif yang dapat memberikan perasaan bahagia. Baik untuk dirimu maupun orang lain di sekitarmu.

    Untuk itu, ukirkanlah selalu senyum di wajahmu, mulai dari bangun tidur, beraktivitas, sampai tidur kembali. Karena hanya dengan senyum yang kecil, harimu bisa berjalan dan berubah menjadi lebih baik.

  9. Melakukan Sesuatu Secara Bertahap.

    Pilihlah satu aktivitas dimana Kamu merasa kurang percaya diri melakukannya. Tetapkan tolak ukur keberhasilan dari aktivitas tersebut.

    Misalnya, berbicara saat rapat, Kamu bisa menetapkan berbagai tolak ukur seperti berani berbicara. Berbicara tanpa gemetar dan berbicara tanpa kelu. Berani menatap peserta rapat saat bicara, berani menatap bos Kamu, dan sebagainya.

    Tetapkan target Kamu. Saat ini Kamu takut untuk berbicara, tagetkanlah untuk berani berbicara meskipun hanya beberapa patah kata. Setelah satu target terpenuhi, tingkatkan target Kamu berikutnya bicara tidak gemetar dan seterusnya. Bersyukur dan buat perayaan, sekecil apapun.

  10. Cek Penampilanmu.

    Penampilan berpengaruh pada rasa percaya diri. Kamu akan kaget menyadari bahwa pujian satu orang bisa membuatmu PD seharian. Kalau ditanya kapan saat kamu paling percaya diri, mungkin hampir seluruh orang menjawab saat sedang tampil cantik atau tampan.

    Untuk itu, biasakanlah dirimu untuk selalu tampil dengan baik setiap harinya. Mulai dari mandi dengan bersih, menata rambut, memulas wajah dengan riasan sederhana. Sampai mengenakan pakaian yang rapi. Setelah itu, patutlah dirimu lewat cermin dan yakini bahwa tampilan hari ini adalah yang terbaik.

  11. Berjalanlah dengan tegap dan lebih cepat.

    Gerak tubuh adalah hasil dari tindakan pikiran. Gerak sempoyongan menandakan rasa percaya diri mendekati titik nadir.

    Berjalan lebih cepat dari orang kebanyakan, seakan-akan mengatakan kepada dunia:
    “Saya harus pergi ke suatu tempat yang penting, dan ada hal penting yang harus saya kerjakan”.

    Hal itu membangun rasa kepercayaan diri. Tegakkan bahu kamu, angkat kepala, bergerak maju sedikit lebih cepat dan rasakan kepercayaan diri kamu berkembang.

  12. Jadilah diri sendiri dan mandiri.

    Orang-orang terlatih mandiri dan menyelesaikan masalahnya sendiri, akan berbeda semangatnya dalam mengarungi hidup ini. Dibanding orang yang selalu bergantung kepada orang lain.

    Orang mandiri cenderung akan lebih tenang dan lebih tentram dalam menghadapi hidup ini. Selain dia siap mengarungi kehidupan, dia juga memiliki mental yang mantap.

    Mandiri itu adalah sikap mental, jadi buat apa harus menjadi orang lain.

  13. Bergaul dengan orang-orang yang percaya diri.

    15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri
    Rasa percaya diri merupakan sifat menular. Artinya jika kita dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki cara berfikir yang positif, bersemangat, optimis, dan sebagainya. Maka kita memiliki kecendrungan meniru sifat tersebut.

    Karena itu carilah lingkungan yang bisa memotivasi kita untuk menjadi sukses. Kita harus mulai senang bergaul dengan orang-orang yang kemampuan untuk bangkit.

  14. Pandanglah  semua orang dengan sudut pandang yang sama.

    Manusia telah diciptakan sama, kendati ia lahir dari kalangan yang berbeda maupun dari kalangan yang tidak punya.

    Pada prinsipnya, manusia adalah sama di mata Tuhan. Hanya derajat ketaqwaanlah yang membuat dia menjadi lebih dekat atau jauh dari jangkauan Sang Maha Pencipta.

    Dengan memandang semua manusia dengan kaca mata yang sama, percayalah bahwa hidup kamu lebih mudah di jalani. Percayalah bahwa tidak ada aral lintang yang yang berarti di hadapanmu. Percayalah bahwa segalanya akan menjadi lebih mudah, percayalah bahwa kamu bisa.

  15. Praktekkan Berbicara Terus Terang.

    Dalam setiap kesempatan jadilah sebagai pemecah kekakuan. Jadilah orang pertama yang memberikan komentar.

    Ketakutan mengeluarkan pendapat apa adanya banyak disebabkan oleh kekhawatiran dalam hati. Ketakutan berbicara sesuai apa yang ada dalam fikiran hanya akan semakin mengubur keberanian mengeluarkan pendapat. Setiap gagal berbicara, kita mengambil satu dosis lagi dari racun kepercayaan dan menjadi semakin kurang percaya diri.

15 Langkah Mudah Dapatkan Rasa Percaya Diri diatas bisa kamu praktikkan dengan rutin dan bertahap. Perlahan-lahan percaya diri kamu akan muncul. Dengan percaya diri kamu akan lebih bahagia dan bisa meraih sesuatu yang lebih. Tentunya akan meminimalisir masalah yang berkaitan dengan diri kamu sendiri.

Seperti dikatakan Mark Twin:

“Apa yang Kamu butuhkan untuk berprestasi adalah memiliki komitmen yang utuh dan rasa percaya diri“.

Kepercayaan diri terkait dengan kemampuan seseorang dalam menghadapi masalah yang menghambat perjuangannya. Orang yang kepercayaan dirinya bagus akan cenderung berkesimpulan bahwa dirinya “lebih besar” dari masalahnya.

Sebaliknya, orang yang punya kepercayaan diri rendah akan cenderung berkesimpulan bahwa masalahnya jauh lebih besar dari dirinya.

Ini seperti yang diakui Mohammad Ali.

“Satu-satunya yang membuat orang lari dari tantangan adalah lemahnya kepercayaan diri.”

Jadi, marilah berjiwa percaya diri.

Salam bahagia..

Artikel PsyLine.id Psikologi Online sebelumnya membahas tentang:

14 Hobi yang Dapat Menghilangkan Stress. Agar Anda lebih Bahagia

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog