18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang

Diposting: 2 Juli 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial, Karir & Perusahaan

Dilihat: 1100 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Setelah sepekan libur panjang untuk berlebaran di kampung halaman, kini saatnya kembali bekerja. Perubahan ritme di hari pertama, tak jarang bisa memicu stres jika tidak diantisipasi dengan baik. PsyLine.id Psikologi Online Indonesia memberikan 18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang seperti dirangkum dari berbagai sumber. Agar stress tidak merusak efek liburan dan semangat bekerja.

Pikiran dan jiwa kita mungkin masih tertinggal di tempat liburan sembari minum es kelapa muda. Padahal raga kita sudah kembali duduk di meja kantor sambil menghadap layar komputer. Seharusnya, tubuh dan pikiran kita kembali segar setelah terbebas dari rutinitas pekerjaan untuk beberapa saat.

Stres di hari pertama kerja, oleh para pakar kesehatan sering disebut sebagai vacation blues. Bukan istilah resmi di dunia medis, tetapi cukup menggambarkan kondisi yang dialami banyak orang. Sebenarnya, stres setelah liburan adalah sebuah ironi. Mengingat tujuan berlibur pada umumnya adalah untuk refreshing.

Semua orang tanpa terkecuali pasti menyukai dan menunggu-nunggu masa liburan. Namun, setelah masa liburan sudah selesai, masalah kembali muncul. Perasaan liburan yang menyenangkan itu sulit dihilangkan. Sehingga semangat untuk kembali bekerja jadi turun. Mungkin banyak dari kita yang juga merasakan hal ini setelah liburan. Ini adalah masalah yang bisa berdampak buruk jika dibiarkan terlalu lama.

Dengan 18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang ini, diharapkan kita bisa meminimalisir rasa malas pasca liburan. Dan kita akan menemukan kembali semangat kerja.

18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang

Jadi, daripada merenungi nasib yang membuat kita tidak bersemangat, lebih baik fokuskan diri untuk menghadapi hari-hari bekerja lagi. Hari pertama bekerja harus dibuka dengan optimisme dan semangat baru.

18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang:

  1. Mengembalikan Semangat Kerja Menerima Keadaan Dengan Ikhlas

    Marilah kita menerima fakta bahwa liburan kita telah usai. Baik liburan kita nan indah dan menyenangkan atau malah sebaliknya, hancur lebur tidak sesuai ekpetasi. Sadari bahwa semua hal itu telah berlalu. Tanamkan di benak kita bahwa liburan kemarin telah membawa angin segar dan semangat baru untuk menghadapi hari-hari kita.

    Sadari bahwa tidak bisa move on dari liburan akan membuat kita sulit berkonsentrasi dan tidak fokus. Waktunya kembali memberikan performa terbaik kita di kantor. Lupakan euforia liburan, karena masa tersebut sudah selesai. Kita mesti mengembalikan mood agar bisa bekerja dengan baik.

    Because your boss doesn’t want to hear excuses!

    18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang

  2. Luangkan Waktu Satu Hari Untuk Istirahat Total

    Liburan seperti kemarin memang waktu yang tepat untuk berlibur bersama orang tersayang. Namun, jangan sampai lupa bahwa hari senin Kita harus kembali lagi dengan rutinitas sehari-hari dan jangan sampai  pula liburan Kita melalaikan kinerja di hari pertama.

    Oleh karena itu sisihkan luangkan waktu satu hari untuk istirahat total setelah berpergian dan liburan jauh keluar kota. Agar stamina kita bisa pulih kembali dan kita akan semangat untuk menyelesaikan pekerjaan. 18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang

  3. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Pikirkan Kesenangan Dalam Bekerja

    Dibanding dengan liburan, tentu saja bekerja adalah hal yang tidak menyenangkan. Namun jika kamu menyukai pekerjaan kamu, pasti ada sisi senangnya dari pekerjaan kamu. Agar kamu bisa kembali bersemangat, pikirkanlah hal-hal menyenangkan itu.

    Misalnya, kamu bisa pikirkan tentang bertemu dengan teman kerjamu yang sudah lama tak bertemu. Dengan memikirkan sisi positif dari pekerjaan kamu. Maka akan semakin mudah bagi kamu untuk menumbuhkan semangat kerjamu yang sudah hampir sirna itu.

  4. Siapkan Perlengkapan Bekerja di Malam Harinya

    Hal ini perlu kalian lakukan untuk mencegah terburu-buru, apabila kita terlambat bangun karena terlalu lelah. Kita bisa mempersiapkan apa saja yang harus dibawa besok. Menyiapkan pakaian, sepatu, dan mengecek ulang buku agenda kita.

    Jangan sampai hari pertama kita bekerja, segala sesuatunya baru dipersiapkan ketika pagi. Jika hal itu dibiarkan terjadi, bersiaplah untuk datang terlambat ke kantor. Dan membuat kita menjadi tergesa-gesamenambah stress.

  5. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Datang lebih awal

    Hari pertama kerja setelah libur panjang, sangat dianjurkan untuk datang lebih awal. Tujuannya adalah memberi waktu untuk menyesuaikan diri dengan ritme pekerjaan. Belum lagi untuk berbasa-basi dengan rekan kerja, yang pasti akan menanyakan kabar dan oleh-oleh sepulang liburan.

    Setelah beberapa lama bermalas-malasan di rumah, kita jadi terbiasa untuk terus malas dan bangun siang. Tapi sekarang adalah saatnya kita bekerja, jadi tinggalkan kebiasaan itu. Caranya adalah dengan cara memaksakan diri untuk bangun dan datang lebih pagi ke tempat kerja.

    Dengan begitu, kita punya lebih banyak waktu untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama ditinggalkan. Karena dengan begini kita akan terhindar dari rasa malas dan kembali fokus menyelesaikan pekerjaan.

  6. Hindari Pekerjaan yang Super Serius

    Meeting untuk urusan yang sangat penting, sebaiknya tidak dijadwalkan pada hari pertama kerja. Selain masih dalam tahap adaptasi, juga karena ada berbagai hal yang perlu dicek di hari pertama. Mengecek inbox surat elektronik yang sudah sepekan tidak dibuka misalnya, sebaiknya lebih diprioritaskan.

  7. Mulai Bekerja Secara Perlahan

    Hari pertama bekerja dalah hari dimana kita harus menyelesaikan pekerjaan reguler dan mengejar keterlambatan. Kerjakanlah secara perlahan. Kita tidak perlu terlalu dipaksakan untuk menyelasaikan semuanya. Karena segala sesuatu yang dipaksakan hasilnya tidak akan sempurna. Selesaikan pekerjaan kita dengan baik.

    Tenang dan jangan panik karena ini adalah hal yang normal. Pokoknya lakukan saja pekerjaan dengan perlahan-lahan. Jangan terburu-buru untuk menyelesaikannya karena mood dan pikiran kita masih belum sepenuhnya focus pada pekerjaan. Bisa jadi jika kita terburu-buru, kita malah semakin memperlama penyelesaian pekerjaan kita karena harus diulang. Lebih baik kerjakan sedikit demi sedikit. Perlahan asal pasti, itu lebih baik.

  8. Susun prioritas dan buat jadwal kerja

    Memiliki kegiatan yang tertata rapi akan membuat kita lebih bersemangat dalam bekerja. Buatlah jadwal pekerjaan yang akan kita selesaikan mulai dari hari pertama hingga beberapa hari ke depan. Mungkin ada banyak hal yang harus kita lakukan. Namun, dengan kita membuat daftar apa saja yang harus dilakukan, kalian lebih dapat memilah mana yang lebih prioritas unutk diselesaikan.

    Dengan begitu, kita secara tidak langsung mulai memikirkan cara untuk menyelesaikannya. Dan secara tidak sengaja semangat kerja kita kembali meningkat. Jika punya jadwal yang jelas, maka kita juga memiliki tujuan kerja yang jelas. Hal itulah yang bisa memacu kita untuk lebih bersemangat.

  9. Review Project yang Tertinggal Selama Liburan

    Ketika liburan mungkin kita tidak menyentuh apapun yang berkaitan dengan pekerjaan. Oleh karena itu, perlu untuk mengingatkan kembali dengan pekerjaan kita. Cobalah review beberapa project yang tertinggal selama liburan. Apakah dari pekerjaan tersebut ada perkembangan atau apakah ada project yang belum terselesaikan.

    Bisa dimengerti jika saat mendekati liburan, pekerjaan kita jadi berantakan dan ingin buru-buru lepas dari urusan kantor. Setelah kita kembali ke kantor, luangkan hari pertama untuk membereskan dan merapikan ulang kekacauan yang kita tinggalkan. Rapikan meja, email, serta file-file yang bertebaran di desktop. Unduh desktop wallpaper atau icon folder baru agar kita lebih bersemangat menghadapi hari-hari kembali ke kantor.

  10. Atur Waktu Dengan Bijaksana

    Pekerjaan yang menumpuk mendorong kita untuk lembur? Jangan lakukan! Karena bisa merusak semua hal baik yang sudah kamu ciptakan selama liburan kemarin. Lakukan pekerjaan kita semaksimal mungkin di waktu kerja yang sudah ditentukan. Jangan tergoda untuk lembur di hari pertama pekerja, karena hal ini akan merusak suasana kerja di esok hari.

    Tapi ketika saatnya selesai kerja, pakailah waktu untuk memperhatikan keluarga kita. Ingatlah mereka jauh lebih penting dari pekerjaan kita. Lagipula, dengan memiliki pengaturan waktu yang baik, kita bisa semakin semangat bekerja. Kedekatan dengan keluarga seperti saat liburan akan membawa kita untuk bisa fokus bekerja pada waktunya.

    Selesaikan pekerjaan tepat waktu, sehingga kita tak perlu pulang larut malam untuk menyelesaikan pekerjaan. Atur waktu kita dengan baik agar pekerjaan terselesaikan dan pulang tepat pada waktunya.

  11. Jangan Lupa Pulang Tepat Waktu

    Jangan tergoda untuk lembur di hari pertama pekerja, karena hal ini akan merusak suasana kerja di esok hari. Namun adakalanya mustahil menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk selama liburan, hanya dalam satu hari.

    Jika ada yang belum bisa diselesaikan, tidak perlu dipaksakan. Asalkan sudah dikerjakan sesuai urutan prioritas. Kalaupun ada yang perlu ditunda hingga esok hari, seharusnya tidak masalah. Asal yang penting-penting sudah lebih dulu dikerjakan.

  12. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Minta Bantuan Jika Perlu

    Mungkin pikiran kita masih belum fokus pada pekerjaanmu saat ini. Jadi kita merasa tertinggal dan kesulitan dalam menyelesaikannya. Apabila hal ini terjadi pada kita, jangan sungkan untuk meminta bantuan pada rekan kerja kita.

    Meminta bantuan bukan menunjukkan bahwa kita tidak mampu melakukan pekerjaan. Jadi, mintalah bantuan jika diperlukan.

  13. Jangan Terpengaruh Teman

    Mungkin teman-teman kerja kita masih bermalas-malasan pasca liburan. Hal itu bisa berpengaruh bagi kamu. Jangan biarkan mereka mempengaruhi kita.
    Buatlah kita yang harus mempengaruhi mereka untuk semangat bekerja. Pertahankan semangat kerja kita dan jangan terbawa dengan kemalasan teman-teman. Apalagi teman tersebut ternyata teman beracun.

    Baca juga:

    Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

  14. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Olahraga

    Tahukah bahwa olahraga bisa membuat kita lebih semangat dan bahagia? Ketika kita berolahraga, otak menghasilkan dopamin. Senyawa kimia itulah yang berperan sebagai neurotransmiter di otak yang penting dalam menghasilkan perasaan senang dan bahagia. Rencanakan pergi ke gym sepulang kantor atau lakukan olahraga ringan di meja kerja kita.

  15. Rencanakan Liburan Selanjutnya

    Kalau kita sedih liburan telah berakhir, maka cara paling gampang adalah rencanakan liburan selanjutnya. Cari tempat berlibur yang ingin kita kunjungi berikutnya dan rencanakan perjalanan. Merencanakan liburan akan membuat kita semangat dan terpacu mengumpulkan dana untuk jalan-jalan. Bagaimana cara mengumpulkan biaya perjalanan kita? YA KERJA.

  16. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Menabung

    Setelah selesai menghabiskan uang di masa liburan kemarin, sekarang saatnya kita untuk mengumpulkan uang lagi. Segeralah menabung untuk hidup dan merencanakan liburan selanjutnya. Pikiran seperti ini bisa membuat kita semakin semangat untuk bekerja dan menabung.

    Oleh karena itu, bekerja keraslah dan tabunglah. Uang hasil kerjamu supaya semakin banyak uang yang bisa kamu pakai untuk liburan nanti. Ini akan mengembalikan semangatmu untuk terus bekerja dengan giat. Semakin semangat bekerja, semakin semangat untuk menabung. Semangat pula untuk liburan ke tempat yang kalian impikan. Semangat!

  17. Resign

    Jika kita telah mencoba segala cara untuk membangkitkan semangat kerja setelah liburan, namun tidak bisa. Mungkin ada hal yang lebih serius daripada sekedar tidak mood. Tanyakan diri kita secara jujur, apakah kita harus resign atau tidak.

    Mencari pekerjaan baru paska liburan mungkin dapat menjadi pilihan tepat. Namun bila kita belum dapat pekerjaan baru yang kita harapkan, kita bisa koq menjadi pengangguran yang bahagia.

    Baca juga:

    Menjadi Pengangguran yang Bahagia ‘katanya’ Mudah.

  18. Mengembalikan Semangat Kerja dengan Cari Teman Curhat

    Jika kegundahan dan stress datang melanda kita saat hari pertama masuk kerja setelah liburan. Tidak ada salahnya kita curhat kepada teman. Namun apabila kita bingung akan curhat kepada siapa, kita bisa saja melakukan curhat secara online.

    Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia. Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

    Klik Link di Bawah ini:
    Konsultasi Psikologi Gratis.

    Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.
    FansPage FaceBook PsyLine.

Demikianlah artikel 18 Tips Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Liburan Panjang. Sudah siap kembali bekerja setelah liburan panjang? SEMANGAAAAAT..!

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Smartphone Membuat Kita jadi Bodoh? Mitos atau Fakta?

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog