Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Aspek Psikologi Olahraga Panahan

Gaya Hidup & Sosial | 2271 Views

Lima Aspek Psikologi Olahraga Panahan yang harus diketahui Pemula

7 Agustus 2017 | Penulis: Bayu Lebond

Banyak orang beranggapan bahwa aspek terpenting dari kegiatan memanah ini adalah fokus dan konsentrasi. Tapi, ternyata banyak hal lain yang terbangun dalam proses belajar memanah. Peningkatan fokus hanya salah satu dari nilai-nilai Aspek Psikologi Olahraga Panahan.

Aspek terpenting lainnya dari memanah justru pada ketenangan. Jadi, selain olahraga fisik, ternyata memanah sangat kuat unsur meditatifnya. Kita, terutama anak-anak diharapkan belajar tenang, tidak terburu-buru, mengatur nafas, menjaga kestabilan emosi agar anak panah melaju secara konsisten dan tepat menuju sasaran.

Aspek Psikologi Olahraga Panahan

Untuk mengetahui Manfaat Olahraga Panahan ditinjau dari segi Psikologi, kita bisa membacanya di artikel:

Manfaat Psikologi Olahraga Panahan bagi para Pemanah.

Psikologi Olahraga: Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan.

Pemanah harus membekali dirinya dengan ilmu dan persiapan teknis. Seorang Pemanah harus memahami bagaimana gerakan tubuhnya dan fungsi alat panahan dalam membantunya mencapai target. Setelah bekalnya cukup, maka pemanah melaksanakan proses mulai dari memilih anak panah yang tepat. Aspek Psikologi Olahraga Panahan. Penting juga mempelajari penarikan tali busur, membidik, melesatkan anak panah dan mengakhirinya dengan sikap badan sempurna (follow through).

Lima Aspek Psikologi Olahraga Panahan

Aspek Psikologi Olahraga Panahan

Berikut adalah Aspek Psikologi Olahraga Panahan penting yang dibutuhkan oleh seseorang yang akan menekuni olahraga panahan:

  1. Aspek Pengulangan

    Menarik busur menempatkan tekanan pada kedua otot tangan, serta otot dada, bahu, dan punggung. Mirip dengan mengangkat beban. Tekanan ini biasanya ditahan selama beberapa detik sebelum anak panah dilepaskan. Pengulangan Merupakan Aspek Psikologi Olahraga Panahan.

    Dengan pengulangan, tekanan menarik dan melepaskan busur dapat mengarah ke perkembangan otot. Sebagian besar kelompok otot utama tubuh bagian atas. Tingkat perkembangan tergantung kepada jumlah waktu yang dihabiskan untuk berlatih.

  2. Aspek Keseimbangan

    Keseimbangan antara tubuh dengan emosi pemanah sangat penting untuk keberhasilan dalam memanah. Contohnya Pemanah harus dapat menahan tubuh dan nafsu untuk membidik dan melepaskan busur. Berlatih memanah dapat membantu untuk mendapatkan kontrol atas keseimbangan jiwa dan raga.

    Semakin banyak Sang Pemanah berlatih, semakin otot inti terbiasa untuk menyeimbangkan tubuh dengan emosi. Hal itu akan selalu menjaga Pemanah tetap stabil saat membidik dan melepaskan anak panah. Keseimbangan adalah salah satu Aspek Psikologi Olahraga Panahan.

  3. Aspek Koordinasi

    Koordinasi tangan dan mata merupakan keterampilan penting untuk memanah. Olahraga panahan dapat melatih tangan untuk bekerja sama saat melakukan tugas yang berbeda. Seperti membidik dan melepaskan panah sesuai dengan pengamatan mata.

    Semakin banyak kita berlatih, maka akan semakin baik koordinasi kita. Peningkatan koordinasi ini akan menghasilkan pembidikan yang lebih baik dan ini juga akan membantu kita dalam olahraga lainnya.

  4. Aspek Rileksasi Berjalan

    Selama berlatih atau berkompetisi, pemanah dapat berjalan sejauh 8 km. Pemanah bergerak dari sisi ke sisi saat melakukan aktivitas memanah. Meskipun banyak aktivitas berjalan dalam selang waktu yang pendek. Namun efek kumulatif dari berjalan di seluruh kompetisi dapat meningkatkan kesehatan jantung, otot, dan kekuatan kaki.

    Pemanah akan mendapatkan beberapa manfaat bahkan selama latihan. Karena Pemanah akan banyak menghabiskan waktu berjalan untuk mengambil kembali panah yang telah dilepaskan.

  5. Aspek Fokus

    Fokus adalah hal yang paling penting untuk mendapatkan kesuksesan sebagai seorang pemanah. Mengembangkan fokus juga memiliki dampak positif pada kesehatan mental dan kesejahteraan. Semakin Pemanah fokus terhadap target, maka semakin mudah baginya untuk menjernihkan pikiran.

    Fokus akan membantu Pemanah meredam kekhawatiran dan juga akan membantu untuk lebih fokus pada tugas. Belajar tetap fokus dengan olahraga panahan pastinya juga bisa mengatasi masalah penundaan dan gangguan.

Pertimbangan sebelum memulai Olahraga Panahan

Aspek Psikologi Olahraga Panahan

Panahan adalah olahraga yang menuntut aktivitas fisik. Namun banyak orang yang tidak berpartisipasi masih meremehkan Olahraga Panahan. Karena ini termasuk olahraga yang berat, maka ada baiknya kita mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

  1. Berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu

    Jika memiliki riwayat penyakit maka sebaiknya berkonsultasi dahulu dengan dokter. Rasa nyeri yang tajam atau tiba-tiba di bahu, lengan, siku, dada, atau punggung, maka berhentilah! Hal itu untuk mencegah cedera otot.

  2. Pelajari teknik panahan yang tepat dari instruktur

    Pelajari dan amati teknik-teknik memanah dari instruktur yang sudah berpengalaman. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan cedera saat membidik.

    Belajar sendiri via internet juga bisa menjadi saran pembelajaran. Namun alangkah baiknya bila didampingi oleh instruktur yang berpengalam atau seseorang yang sudah ahli memanah.

  3. Mengenal jenis alat panahan

    Banyak jenis dan variasi bentuk panahan. Dari mulai yang sederhana hingga yang paling ribet. Alangkah baiknya, kita bertanya terlebih dahulu kepada yang sudah berpengalaman. Jenis Busur dan perlengkapannya yang cocok untuk kita.

  4. Memakai alat keselamatan

    Pelindung jari, lengan dan dada dapat melindungi Anda dari luka akibat terkena tali busur atau yang lainnya. Topi atau pelindung kepala juga dianjurkan untuk menahan terik matahari.

  5. Bergabunglah dengan klub panahan

    Panahan adalah olahraga social tidak asik bila kita berlatih seorang diri. Banyak manfaat bila kita bergabung dengan club. Selain kita bisa sharing ilmu, kita juga bisa dapat bersosialisasi menambah jaringan.

Sejatinya, panahan adalah olahraga yang mengajarkan sebuah prinsip bahwa keberhasilan seorang harus didahului oleh upaya dan usaha dan juga mengajarkan proses untuk mencapai apa yang diidamkan.

Dengan beragam Aspek Psikologi Olahraga Panahan yang tertulis di atas, tentu mengarah kepada sistem pembentukan pribadi yang kuat. Aspek sebagai pondasi yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Maka, jika kita ingin melatih jiwa kepimpinan dalam diri, mengapa tidak mencoba olahraga yang eksis sejak zaman kerajaan ini?

Salam Bahagia.

Artikel tentang Aspek Psikologi Olahraga Panahan ini Disusun oleh PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Cara Jitu Memimpin Generasi Y di Lingkungan Kerja.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan