Konsultasi Gratis
Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja

Karir & Perusahaan | 189 Views

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja

9 Oktober 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Stres Kerja Melanda? Lakukan 5 Tips ini Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja. 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja.

Bagi para pekerja, tekanan dalam bekerja merupakan hal yang selalu dihadapi sepanjang waktu. Mulai dari beban pekerjaan, tekanan dari atasan, gangguan dari rekan kerja. Bahkan hal-hal yang kecil seperti kehilangan dokumen kerja pun akan membuat kita stres.

Sesekali stres tentu hal yang biasa, tetapi jika sudah terus menerus dan membuat hidupmu tidak bahagia. Kamu perlu membaca artikel ini dengan baik dan seksama yah.

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja

Stres kerja melanda siapa saja di perusahaan. Dari level terendah hingga level tertinggi dalam suatu perusahaan.

Sering kali kita merasa betapa enaknya memiliki posisi sebagai pimpinan perusahaan, seperti Direktur. Ternyata tekanan pekerjaan seorang Direktur sangatlah berat. Secara fisik mereka terlihat santai. Tetapi kita tidak pernah tahu beban pikiran yang mereka hadapi. Seperti:

  • tekanan pemilik saham,
  • kerugian perusahaan,
  • pencapaian target perusahaan yang tidak tercapai,
  • termasuk menghadapi pegawai-pegawai yang kurang produktif.
    Baca Juga:
    Berapa lama waktu bekerja yang efektif dalam sehari?

Oleh karena itu, langkah pertama yang perlu dilakukan agar terhindar dari stres dunia kerja adalah dengan bersyukur.

Berikut adalah Tips 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja:

  1. Bersyukur

    Seperti yang sudah disampaikan, langkah pertama agar terhindar dari stres kerja adalah dengan bersyukur. Bersyukur merupakan bentuk pengakuan setulusnya dari diri kita bahwa pekerjaan ini merupakan anugerah. Sesuatu yang kita miliki dan pertahankan karena banyak sekali diluar sana, orang-orang yang tidak bekerja atau sedang mencari kerja.

    Hal ini perlu kita tanamkan dan ingat saat stres kerja melanda. Bersyukur akan memberikan kita motivasi lebih untuk menghadapi beban dan stres kerja. Serta dapat me-release tekanan yang ada dalam kiri kita.

  2. Ketahui Penyebab Stres dan Cari Solusinya

    Buatlah semacam catatan supaya kamu bisa menumpahkan semua tekanan. Tulislah segala permasalahan yang ada di benak kamu di dalamnya. Kemudian, dari catatan tersebut kamu bisa mengetahui penyebab utama stres kamu selama ini.

    Misalnya kamu selalu stres jika harus mempresentasikan pekerjaan kamu dalam meeting besar dengan senior manajemen. Nah hal ini perlu kamu catat dengan baik, apa yang membuat kamu stres dan tertekan. Apakah karena kamu memang tidak terbiasa berbicara didepan umum? jika iyah maka solusinya adalah kamu harus meningkatkan kemampuan presentasi dengan mengikuti training.

    Atau apakah karena kamu kuatir dengan respon dari senior manajemen atas presentasimu? Jika iyah maka kamu perlu mengupayakan mengenali para senior manajemen. Serta menjaga hubungan yang baik dengan mereka. Hal itu agar saat kamu mempresentasikan pekerjaanmu bisa berjalan lancer dan kamu bisa mengendalikan mereka.

  3. Memiliki Komitmen

    Beberapa stres kerja sebenarnya berawal dari kita yang kurang memiliki komitmen. Oleh karenanya, langkah mendasar untuk mengurangi stres kerja adalah memiliki komitmen dalam bekerja.

    Sederhananya bekerja lah sesuai dengan tanggung jawab dan kewenangan yang dimiliki.

  4. Cuti dan Berlibur

    Seandainya stres kerja sudah sangat tinggi, sebaiknya kamu perlu waktu untuk keluar dari lingkaran tersebut. Bisa dengan mengambil cuti panjang dan berlibur.

    Beberapa perusahaan mewajibkan pegawainya untuk mengambil cuti panjang dan memberikan tunjangan saat cuti. Hal itu dilakukan agar mereka bisa keluar dari kejenuhan, rutinitas kantor dan stres kerja dengan berlibur. Adapun harapan dari perusahaan adalah pegawainya dapat kembali dengan lebih bahagia dan fresh. Agar dapat lebih produktif dan efektif dalam bekerja.

  5. Berbagi Masalah

    Hal ini merupakan jalan terakhir yang dapat kamu lakukan, yaitu me-release stres kerja kamu dengan berbagi masalah. Tentunya kamu perlu selektif dalam berbagi masalah, jangan sampai ini malah menjadi masalah baru bagimu.

    Hindari berbagi masalah diruang publik seperti sosial media atau teman yang tidak bisa dipercaya. Carilah orang yang tepat untuk berbagi masalah.

    Baca Juga:

    Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

    Saat ini banyak lho cara mudah untuk berbagi masalah. Salah satunya adalah dengan mengakses PSYLine.id. Yaitu flatform psikologi online yang dapat membantumu untuk keluar dari masalah-masalahmu. Pasti dengan jaminan kerahasiaan dan Psikolog Profesional yang kompeten.

Semoga tips 5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja ini dapat membantu membuatmu lebih bahagia dan meningkatkan karir mu di perusahaan.

Salam bahagia.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan yang Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja. Dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

37 Fakta Unik Psikologi yang Tidak Disadari Oleh Seseorang.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan