Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Cara Curhat yang Baik dan Benar

Gaya Hidup & Sosial | 3768 Views

5 Langkah Cara Curhat yang Baik dan Benar, yang Patut Dilakukan

22 Juni 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Curhat atau curahan hati, sebuah akronim yang sudah terdengar familiar. Curhat dipercaya menjadi salah satu terapi yang baik untuk menghindari depresi. Namun banyak orang khususnya remaja tidak tahu bagaimana Cara Curhat yang Baik dan Benar itu.

Hampir setiap orang pernah melakukan curhat, baik itu tatkala mendapatkan kegembiraan, apalagi menghadapi kecemasan. Hal sederhana yang dilakukan semua orang ternyata memiliki manfaat yang besar karena dapat menghindarkan seseorang dari depresi. Namun Kita musti tahu Cara Curhat yang Baik dan Benar.

Setiap orang pasti mempunyai masalah. Selama manusia hidup, maka akan selalu datang masalah-masalah silih berganti. Masalah-masalah yang datang bisa membuat kita jadi lebih baik ataupun mebuat kita jadi lebih buruk. Tergantung bagaimana kita menyikapinya.

Manusia dari awal diciptakan sudah tergantung dengan orang lain. Manusia tidak bisa hidup individu dan mengandalkan dirinya sendiri. Oleh karena itu dalam menghadapi masalah pun, kita tetap membutuhkan orang lain. Setidaknya untuk mendengarkan keluh kesah cerita kita. Inilah esensi dari curhat masalah yang bisa menyelesaikan masalah itu sendiri.

Selain itu setiap manusia juga memiliki hak untuk berbagi mengenai masalah yang sedang mereka alami. Curhat bisa menjadi salah satu cara untuk mencari solusi. Dan kita dituntut untuk mengetahui Cara Curhat yang Baik dan Benar.

Baca juga:

Teman Curhat Itu Penting! Cari Tahu Pentingnya Bagi Setiap Orang.

Bagaimana Cara Curhat yang Baik dan Benar Itu?

Ada kalanya orang malas curhat disebabkan karena mereka pernah cerita dengan orang yang salah. Pada akhirnya masalah tersebut menjadi aib dirinya. Nah untuk mencegah hal tersebut terjadi, PsyLine.id Psikologi Online Indonesia membarikan tips cara curhat yang baik dan benar.

  1. Cari teman atau sahabat yang benar-benar mengerti Kita

    Bagi Kita yang memang takut untuk menceritakan masalah Kita kepada orang lain. Tips pertama yang bisa Kita lakukan adalah dengan mencari teman curhat. Teman disini bisa saja sahabat atau bahkan keluarga yang dianggap nyaman. Cara Curhat yang Baik dan Benar.

    Teman yang bisa mengerti Kita bahkan mampu mendengarkan cerita dengan baik serta memberikan solusi untuk permasalahan yang ada. Dengan demikian Kita akan bisa bercerita mengenai masalah tanpa harus khawatir.

  2. Tidak Perlu Terlalu Detail Ceritakan Garis Besarnya Saja

    Saat bercerita Kita harus menempatkan diri kita. Curhat tidak usah bercerita tentang masalah secara detail dan rinci. Jangan sampai kita lakukan hal ini. cukup ceritakan secara general. Cara Curhat yang Baik dan Benar.

    Misalnya Kita sedang butuh apa, kemudian masalahnya apa. Sehingga mereka akan langsung menangkap cerita tersebut. Kemudian Kita bisa mendapatkan saran atau masukan dari mereka tanpa harus mengungkapkan apa masalah Kita yang sebenarnya.

  3. Berhati-hatilah Dalam Menceritakan yang Mungkin Menjadi Rahasia Pribadi

    Bedakan antara masalah yang umum dan pribadi atau bersifat rahasia. Jika memang tidak seharusnya Kita bercerita pada orang lain. Maka cukuplah Kita berdoa dan menceritakan semua masalah Kita kepada Tuhan. Karena memang esensi curhat masalah adalah menyerahkan masalah kita dan kemudian berpasrah diri.

  4. Curhatlah Kepada Teman yang Kita tidak menjadi tergantung dengannya

    Carilah orang yang bisa membantu Kita untuk bisa memanfaatkan potensi yang ada di dalam diri Kita. Teman untuk menyelesaikan segala masalah yang ada. Janagn sampai Kita curhat kepada orang yang salah. Karena ada teman yang cenderung menjadi teman beracun.
    Baca juga:
    Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

    Teman sejati akan membantu Kita untuk bisa mengaktifkan potensi terbesar yang ada didalam diri Kita. Potensi besar yang nantinya akan membuat masalah tidak datang lagi. Bukan hanya untuk menyelesaikan masalah, tapi juga untuk membuat tidak ada lagi masalah yang lain. Karena sebenarnya magnet setiap peristiwa ada di dalam diri kita sendiri.

  5. Curhatlah Kepada Ahli Psikologi yang Berpengalaman

    Jika kegundahan dan stress datang melanda kita, dan kita tidak tahu akan kemana kita berbagi cerita tentang masalah kita. Kita bisa saja melakukan curhat secara online. Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

    Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

    Klik Link di Bawah ini:
    Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

    Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.
    FansPage FaceBook PsyLine.

Memang tidak semua orang tahan dengan berbagai masalah. Oleh karena itu mereka butuh bantuan dari banyak pihak untuk bisa menyelesaikannya. Setidaknya mendapat dukungan positif untuk tetap kuat.

Dengan berbagi cerita masalah yang kita miliki, beban pun terasa lebih ringan. Kita terasa lebih mudah untuk dijalani hidup tanpa harus banyak beban yang mengganggu pikiran lagi.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Dampak Negatif yang Ditimbulkan Akibat Terlalu Memanjakan Anak.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

2 tanggapan untuk “5 Langkah Cara Curhat yang Baik dan Benar, yang Patut Dilakukan”

  1. 6 Cara Curhat yang Asyik - SobatASK berkata:

    […] psyline.id […]

Tinggalkan Balasan