Manfaat Psikologi Olahraga Panahan bagi para Pemanah Profesional

Diposting: 9 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 3584 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Panahan merupakan olahraga yang melatih disiplin, fokus, dan konsentrasi, juga smoothness. Memanah bisa melatih mental karena hal terpenting adalah mengontrol emosi. Manfaat Psikologi Olahraga Panahan bagi para Archery.

Olahraga panahan ini memang semakin populer terutama saat seorang Peri yang bernama Legolas beraksi di film The Lord of The Rings. Atau Atniss Everdeen, Brave, di film  The Hunger Games.

Panahan merupakan salah satu cabang olahraga dan pastinya membuat berkeringat. Dengan melakukan olahraga membuat fisik semakin sehat dan bugar. Kebugaran itu penting dan berpengaruh pada kejernihan pikiran dan kecerdasan seseorang.

Aspek Psikologi Olahraga Panahan dan Manfaat Psikologi Olahraga Panahan

Olahraga Panahan ini punya banyak manfaatnya. Tak sekadar fisik, tapi juga efeknya secara psikis. Olahraga panahan adalah salah satu jenis olahraga yang tujuannya kompetitif. Olahraga panahan menguji kekuatan otot, ketepatan atau akurasi dan keseimbangan.

Untuk mengetahui Aspek Psikologi Olahraga Panahan, kita bisa membacanya pada artikel:

Lima Aspek Psikologi Olahraga Panahan yang harus diketahui Pemula.

Psikologi Olahraga: Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan.

Karena itu, sebelum melakukan olahraga panahan biasanya perlu melatih kekuatan, ketepatan, dan keseimbangan. Panahan ini olahraga yang berat, harus latihan otot dan kekuatan. Panahan juga harus mengatur daya tahan dan daya letak untuk kekuatan dan keseimbangan.

Manfaat Psikologi Olahraga Panahan dari Ahli Kedokteran Olahraga

Dampak secara langsungnya memang tidak ada. Namun dengan olahraga panahan, seseorang dapat bertahan di tengah terik matahari. Melatih ketepatan, dan memiliki keseimbangan. Secara tidak langsung dapat lebih tahan terhadap panas, berkeringat, dan dehidrasi karena dilatih.

Aspek Psikologi Olahraga Panahan dan Manfaat Psikologi Olahraga Panahan

Menurut Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, Michael Triangto, denyut nadi yang cepat dapat menganggu konsentrasi dalam mengenai sasaran panahan. Denyut nadi tinggi bisa akibat dari dehidrasi, meminum kopi, atau hipertensi.

“Banyak orang sebelum panahan menggunakan dopping atau obat yang dapat menekan denyut jantung. Sebenarnya ini tidak dianjurkan,” kata Michael.

Olahraga panahan tidak seperti olahraga jogging yang dapat menekan denyut jantung. “Panahan olahraga kompetitif yang dapat membuat orang yang melakukannya lebih tahan, seimbang dan konsentrasi. Dan mempengaruhi psikologis misalnya dapat mengatur emosional.” Tambahnya.

Sepuluh manfaat olahraga panahan dari perbagai aspek

Berikut adalah kesepuluh manfaat olahraga panahan, ditinjau dari berbagai aspek yaitu:

  1. Meningkatkan koordinasi tangan dan mata, serta keseimbangan.
  2. Meningkatkan fleksibilitas tangan dan jari.
  3. Membangun kekuatan tubuh.
  4. Meningkatkan kesabaran.
  5. Meningkatkan fokus.
  6. Membangun kepercayaan diri.
  7. Merupakan olahraga sosial.
  8. Merupakan bentuk latihan kebugaran.
  9. Merelaksasi tubuh.
  10. Olahraga yang dapat dimainkan semua orang.

6 Manfaat Psikologi Olahraga Panahan

Olahraga panahan sering dianggap sebagai olahraga statis. Namun atlet pemanah atau pemanah kompetitif benar-benar membutuhkan sejumlah besar kekuatan, ketahanan, dan fokus untuk tampil optimal.

Aspek Psikologi Olahraga Panahan dan Manfaat Psikologi Olahraga Panahan

Olahraga panahan memerlukan ketenangan dan tidak boleh terburu-buru. Targetnya tidak bergerak. Maka musuh terbesarnya adalah diri sendiri sebagai Sang Pemanah.

Menurut berbagai literatur, anak mulai dari usia 8 tahun bisa mencoba olahraga ini. Dalam hal ini usia berkenaan dengan psikologi anak. Jika di bawah usia 8 tahun, ada kecenderungan anak susah dikontrol. Jika cara mengontrol emosi telah diajarkan sejak diri, karakter anak bisa terbentuk dengan baik. 

Seorang pemanah sejatinya akan mendapatkan beberapa manfaat dalam dirinya, antara lain:

  1. Fokus

    Olahraga Panahan melatih seorang untuk mengabaikan semua pengalih perhatian, distraction. Baik itu bersifat visual, suara, bahkan mental. Pemanah berlatih fokus menjaga proses menembak yang dimulai dari sikap tubuh yang benar sampai melepas anak panah. Karena sedikit saja perubahan pada proses tersebut, maka hasil tembakan akan berubah.

    Latihan konsentrasi dalam panahan membantu kita agar bisa fokus di luar lapangan panahan. Seperti di sekolah, di tempat kerja, di rumah, di jalan raya, dan tempat lainnya. Selain itu, bila seorang pemanah sering ikut dalam lomba, maka dia melatih dirinya untuk dapat menghadapi situasi penuh tekanan mental. Dan tentu hal ini sangat berguna bagi kehidupan seseorang.

  2. Melatih Konsentrasi

    Mengarahkan anak panah ke sasaran adalah cara anda melatih konsentrasi dalam diri. Seorang Pemanah harus bisa menguasai diri dalam membidik dengan tepat. Jika Pemanah sudah mahir melatih konsentrasi dalam diri maka manfaat ini akan berimbas untuk kehidupan Anda sehari-hari. Misal konsentrasi dalam mengambil keputusan atau mengerjakan pekerjaan kantor hingga memperoleh hasil maksimal.

  3. Kekuatan tubuh

    Seorang pemanah dapat memiliki tubuh yang kuat. Terutama pada lengan, inti tubuh, tangan, dada dan pundak. Hal ini diperoleh dengan latihan menarik tali busur secara tepat. Seorang pemanah yang mahir tahu ukuran busur yang tepat untuk dirinya. Dan apabila tubuh menjadi kuat, maka mental jiwa juga cenderung ikut menguat juga.

  4. Koordinasi mental dan fisik

    Seorang pemanah hanya perlu sepuluh detik untuk menjalankan proses persiapan menembak sampai anak panah menancap di papan target. Untuk bisa melakukan ini semua, seorang pemanah harus berlatih teratur dengan bimbingan instruktur berpengalaman. Koordinasi Mental dan Fisik haruslah bagus.

  5. Melatih Kesabaran

    Ini penting, saat Pemanah melakukan olahraga memanah, kesabarannya akan teruji lewat melesatkan anak panah berulang-ulang. Apalagi bagi pemula, olahraga ini memerlukan kesabaran ekstra hingga Sang Pemanah terbiasa dan menjadi mahir.

    Kalau sudah demikian, bukan hanya mahir dalam urusan memanah. Dalam kehidupan sehari-hari pun tentu Anda akan menjadi pribadi yang lebih bijak dan sabar.

  6. Positive Thinking & Percaya Diri

    Berpikir positif secara tidak langsung akan terterap dalam diri Anda jika Anda seorang pemanah. Hal itu dikarenakan saat memanah memerlukan rasa percaya diri tinggi. Untuk dapat menaklukan sasaran anak panah diperlukan Percaya diri. Dengan demikian Anda terlatih untuk menjadi pribadi kuat yang tidak mudah menyerah.

Artikel tentang Manfaat Psikologi Olahraga Panahan ini Disusun oleh PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Saatnya Menetapkan Visi Professional: Apa Impianmu Secara Spesifik?

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog