7 Cara Tepat Memanjakan Anak Tanpa Manja Berlebih

Diposting: 5 Juli 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial, Keluarga & Pernikahan, Pendidikan & Anak

Dilihat: 1178 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Cara tepat memanjakan anak dan melatih tanggung jawab pada anak tanpa manja berlebih. Membekali anak dengan rasa tanggungjawab tanpa memanjakannya perlu cara yang efektif dengan menetapkan aturan yang pelu disepakati bersama.

Cara Tepat Memanjakan Anak

Artikel Terkait:

Dampak Negatif yang Ditimbulkan Akibat Terlalu Memanjakan Anak.

9 Tanda Orangtua yang Terlalu Memanjakan Anak. Apakah Kita Termasuk?

Cara Tepat Memanjakan Anak

Berikut ini langkah-langkah Cara Tepat Memanjakan Anak yang bisa Kita lakukan:

  1. Menetapkan Aturan untuk Anak

    Tidak menerapkan aturan sejak awal, membuat kita terkadang menjadi lemah dan mudah diperdaya. Misalnya, ketika anak meminta es krim (Ice Cream), padahal kondisi kesehatan anak baru tidak baik. Perhatikan kalimat yang Kita ucapkan. Kalau Kita bilang ‘Ok, kamu boleh makan es krim ini’. Hal ini akan membuka kesempatan anak untuk merajuk makan es krim lagi pada kesempatan lain.

    Tapi bila sejak awal Kita sudah membuat kesepakatan bersamanya. Seperti, ‘Bunda akan membelikan es krim jika kamu  sudah sehat’. Kalimat ini tidak akan membuat anak memiliki celah untuk meminta lebih.

  2. Konsistenlah Dengan Aturan yang Ditetapkan

    Jangan ada tawar menawar setelah membuat aturan. Banyak orangtua yang bimbang ketika harus menetapkan aturan kepada si kecil.

    Misalnya, Kita menetapkan hanya boleh bermain game setiap hari minggu. Maka tidak ada kesempatan bermain game selain hari itu dengan alasan apa pun. Kalau peraturan itu tidak ditaati, maka akibatnya adalah anak tidak bisa memahami alasan mengapa Kita membuat aturan.

  3. Jangan Menyerah oleh Rengekan

    Sekali Kita memenuhi keinginannya karena ia merengek atau menangis, maka dia akan tahu cara untuk mendapatkan apa yang dikehendakinya. Kuatkah hati Kita terhadap tangisannya. Beri penjelasan sederhana yang mudah dimengerti agar dia memahami apa maksud Kita menetapkan aturan tersebut.

    Baca juga:

    Penyebab Anak Marah dan Cara Menghadapinya.

  4. Buat Kesepakatan yang Tegas

    Pada saat  Kita sendiri masih ragu untuk memberikan sesuatu yang diinginkan anak, Kita bisa memberikan aturan tambahan. Misalnya si kecil ingin menonton acara tv favoritnya, Kita bisa memberikan aturan tambahan. Seperti dia harus tidur siang atau membereskan dulu mainannya. Dengan membuat kesepakatan ini, Kita jadi yakin untuk mengizinkannya menonton televisi.

  5. Ajari Tentang Tanggungjawab

    Sebuah penelitian menunjukan bahwa anak yang melakukan tanggungjawabnya akan dapat menghadapi rasa depresi dikemudian hari. Bahkan balitapun bisa diajarkan untuk bertanggungjawab dengan membereskan mainannya.

    Setelah dia menjalankan tanggung jawabnya, Kita bisa memberikan waktu yang telah Kita tetapkan untuknya bermain. Cara Tepat Memanjakan Anak.

  6. Jangan Takut Anak Kecewa

    Melihat anak sedih karena kecewa permintaannya tidak dikabulkan biasanya juga bisa membuat ibu sedih. Tetapi, Kita tidak boleh menyerah. Anak harus tahu bahwa dia tidak selalu mendapatkan apa yang dia inginkan.

    Dengan demikian Kita mengajarkan anak untuk belajar menerima kekecewaan agar anak mampu mengatasi stres nantinya.

  7. Jangan Memberikan Hadiah dengan Cuma-Cuma

    Banyak ahli sependapat bahwa anak-anak menjadi manja karena orangtua selalu memberikan apa yang mereka kehendaki. Hal itu dilakukan tanpa menuntut kepada anak. Cara Tepat Memanjakan Anak.

    Jika anak Kita menginginkan mainan baru, Kita harus menetapkan sistem ‘reward’. Hanya ketika dia berperilaku baik atau mendapatkan nilai baik di sekolah, kemudian dia bisa mendapatkan mainan baru.

Naluri memanjakan memang tidak bisa lepas dari orangtua ke anak. Hal itu dikarenakan bentuk ikatan kasih sayang yang terjalin. Jika porsinya tepat, akan bermanfaat. Jika berlebihan maka akan berdampak pada sikap anak yang kurang baik.

Namun kadang kala kita gundah dan stress karena anak sudah terlanjur manja Cara Tepat Memanjakan Anak. Namun kita tidak tahu akan kemana kita berbagi cerita. Kita bisa saja melakukan curhat secara online. Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Semoga artikel tentang Cara Tepat Memanjakan Anak ini bermanfaat dan salam bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Resep Awet Muda Agar Kita Panjang Umur dengan Mudah.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog