Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

manfaat memasak untuk kesehatan jiwa

Gaya Hidup & Sosial | 1237 Views

7 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa: Memasak Hempaskan Galau.

21 April 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Apakah anda merasa bukan “tukang masak” yang baik? Tahukah Anda tentang manfaat memasak untuk kesehatan jiwa? Memasak itu ternyata dapat hempaskan galau.

Ragu-ragu untuk menguji kemampuan anda di dapur? Atau bahkan dapur anda tidak pernah tersentuh karena kesibukan luar biasa yang menguras waktu. Jajan di luar memang solusi keluarga sibuk.

Jajan di luar Selain praktis, para penggiat kuliner sudah menyediakan aneka jenis masakan dengan berbagai kemudahan.

Tetapi tidak ada salahnya dicoba, lho!

Selain merekatkan hubungan dengan keluarga, memasak ternyata bisa meredakan galau anda. Galau yang disebabkan oleh tekanan pekerjaan, masalah rumah tangga, dan kebosanan yang melanda.

Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa Sebagai Terapi Atasi Galau.

Di bawah ini simaklah 7 manfaat memasak untuk kesehatan jiwa. Terapi “galau” dengan memasak Versi PsyLine.id Psikologi Online:

  1. Memasak terapi hilangkan stress.

    Membayangkan persiapan memasak yang melibatkan begitu banyak hal. Mulai dari persiapan bahan-bahan, bumbu, hingga peralatan, mungkin membuat banyak orang sudah menyerah terlebih dulu sebelum memulai memasak.

    Belum lagi kerepotan membereskan dapur yang berantakan setelah selesai memasak. Bukannya malah menambah stress? ;p

    Namun cobalah melihat dari sudut pandang dan pertimbangan lain.

    Di luar faktor kesehatan, memasak sendiri makanan yang kita santap juga bisa menjadi terapi untuk menghilangkan stres lho!

    Karena aktivitas memasak bisa mengalihkan pikiran dari hal-hal yang memusingkan dan menyalurkan perhatian kepada persiapan membuat hidangan.

    Aroma nikmat dari makanan yang dimasak tidak hanya menenangkan. Aroma tersebut juga memberikan rasa kepuasaan bahwa makanan tersebut sudah dipersiapkan dengan baik

  2. Memasak menumbuhkan pribadi baik.

    Dikutip dari Munchies Vice (27/11). Penelitian terbaru Universitas Otago di New Zealand menemukan aktivitas kreatif setiap hari mampu tingkatkan kesehatan seseorang secara menyeluruh. Aktivitas tersebut seperti masak dan membuat kue

    Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Positive Psychology ini mengulas catatan harian 658 mahasiswa. Para Mahasiswa tersebt diminta menuliskan aktivitas serta keadaan emosional harian mereka.

    Hasil analisis menemukan, mahasiswa yang melakukan aktivitas kreatif seperti membuat kue memiliki antusiasme dan pertumbuhan pribadi yang lebih baik.

    Psikolog sekaligus pemimpin penelitian, Dr Tamlin Conner mengatakan studi baru ini menyoroti pentingnya melakukan aktivitas kreatif secara rutin. Namun sebenarnya ini bukanlah penelitian pertama yang menggali huhungan antara memasak dan kesehatan mental.

    Bahkan kegiatan mengukur penggunaan bahan makanan dan mengikuti instruksi resep saat masak ditemukan mampu mengatasi gangguan ADHD (Attention-Deficit Hyperactivity Disorder). Serta dapat mengurangi keresahan.

  3. Memasak Meningkatkan Kreativitas.

    Kenapa memasak bisa menenangkan pikiran? Karena memasak memacu kreativitas.

    Dalam buku Addicted to Stress, Debbie Mandel mengatakan:

    “Memasak adalah penghilang stres terbaik karena memasak menjadi jalan untuk mengekspresikan kreativitas.”

    “Jika stres bisa membuat panca indra Anda mati rasa, memasak bisa mengaktifkannya kembali. Aroma masakan, rasa makanan, menyentuh, melihat penampilan masakan, dan bahkan suara mendesis masakan, merangsang seluruh indra tubuh.” tulis Debbie.

    Memasak menuntut kita menjadi lebih kreatif terutama dalam mengolah masakan. Hal ini agar supaya keluarga tidak cepat bosan dan tetap bersedia melahap masakan-masakan kita.

  4. Memasak Melatih kedisiplinan dan ketepatan waktu.

    Menyiapka masakan di pagi hari “memaksa” kita untuk berdisiplin dengan waktu. Bangun pagi hari, menyipakan bahan masakan sampai eksekusi harus diperhitungkan. Hal tersebut bertujuan agar makanan dapat disajikan tepat waktu.

    Proses memasakpun harus diperhatikan dengan cermat agar ketika merebus atau menggoreng tidak gosong atau terlalu empuk.

    Memang walaupun menguras waktu dan tenaga. Namun kegiatan menyiapkan makanan di pagi hari yang dilakukan secara rutin akan membentuk pola kecermatan waktu dan  melatih kedisiplinan.

  5. Memasak Menggembleng jiwa sabar.

    Memasak membutuhkan proses yang cukup lama bahkan kadang membutuhkan tenaga dan energi yang banyak. Kegiatan memasak yang teratur dan tekuni sedikit demi sedikit akan melatih kesabaran kita.

  6. Memasak dapat Menambah wawasan.

    Ingin membuat kreasi resep masakan?

    Di zaman yang sudah serba canggih saat ini sudah tersedia beragam informasi resep masakan. Hal ini dapat membantu menambah wawasan dengan mencari informasi melalui resep atau buku – buku masakan.

    Mencari informasi tentang kandungan gizi dari masakan, cara mengolah masakanpun. Informasi bahan sayuran yang baik dan bagaimana cara mengolahnya supaya masakan nikmat dan menyehatkan. Kegiatan tersebut secara tidak langsung akan menambah wawasan dan meningkatkan kemampuan menggali informasi.

  7. Memasak bisa Menjadi pengelola keuangan yang baik.

    Mengatur uang yang terbatas namun tetap bisa memasak makanan yang lezat, bergizi serta cukup bagi seluruh anggota keluarga. Hal itu adalah cara jitu melatih anda menjadi pengelola keuangan Anda.

Itulah artkel tentang 7 manfaat memasak untuk kesehatan jiwa. Keuntungan daripada kerugian yang ditimbulkan akibat kegiatan memasak. Itulah ‘mungkin’ mengapa bila kita lihat para chef terlihat begitu bahagia. Seperti Chef Farah Quin dan yang lainnya. Ayo semangat lagi untuk menyentuh dapur anda. Memasak membuat lebih hidup dan bersemangat.

Salam bahagia..

Artkel sebelumnya membahas tentang: Menjadi Wanita Karir atau Ibu Rumah Tangga? semuanya ada plus minusnya.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

2 tanggapan untuk “7 Manfaat Memasak untuk Kesehatan Jiwa: Memasak Hempaskan Galau.”

  1. Ratu Lareina berkata:

    1 hari 1 artikel ya ? lebih mungkin akan lebih bagus …

Tinggalkan Balasan