7 Manfaat Menangis dan Mengapa harus Menangis?

Diposting: 6 April 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 1089 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Ada yang beranggapan menangis adalah tindakan yang menunjukkan kelemahan. Emosi, amarah, tidak sanggup melakukan sesuatu diluar kemampuannya. Maka keluarlah air mata. Namun, tahukah Sobat apa manfaat menangis? PsiLine.id Psikologi Online Indonesia akan memberikan 7 manfaat menangis.

Aktivitas menangis menempel kuat pada diri wanita. Kalau sering Sobat lihat, yang sering menangis dalam doa juga seorang ibu. Apakah ini  pertanda wanita itu lemah?

Tapi ada juga istilah tangisan buaya, lho ..he..he..berarti pria kena juga dong sebagai makhluk lemah. PsyLine.id akan membahasnya dalam artikel dibawah ini. Simak ya..

Wanita lebih banyak menangis.

Kita sering tidak berdaya ketika menangis. Tapi mengapa wanita mudah menangis dibanding pria? Perempuan secara biologis lebih sering meneteskan air mata dibandingkan laki-laki.

Di bawah mikroskop, sel-sel kelenjar air mata wanita terlihat berbeda dari laki-laki. Selain itu, saluran air mata laki-laki lebih besar daripada wanita. Sehingga jika seorang pria dan seorang wanita menangis, air mata wanita itu lebih cepat membasahi pipinya.

Dalam studinya, Dr. William H. Frey Il PhD seorang ahli syaraf dari Paul-Ramsey Medical Center menyebutkan bahwa wanita rata-rata memiliki kecenderungan menangis hingga 75 kali dalam setahun. Sedangkan laki-laki hanya sekitar 7 kali dalam setahun.

7 Manfaat Menangis

Dr. William H. Frey Il PhD

Secara tingkatan sel, air mata wanita juga lebih mudah mengalir ketimbang pria. Jadi, kaum adam, jangan langsung menuduh wanita sebagai makhluk yang lemah dan cengeng. Sobat harus tahu kalau sistem tubuh wanita memang dirancang oleh Yang Maha Kuasa untuk lebih sensitif dan mudah sedih. Tertama pada hal-hal yang menyentuh hati serta perasaan.

Hormon  estrogen yang dimiliki perempuan sekitar 15 hingga 20 kali lipat lebih banyak dibanding dengan pria. Hormon itu merupakan hormon pemicu munculnya reaksi emosional baik bersifat bahagia, sedih, dan kecewa kemudian mengeluarkan air mata. Hormon estrogen ini bertanggung jawab terhadap datangnya masa puber seorang perempuan. Pada umur tertentu estrogen akan meningkat pesat.

Menurut Prof. Ad Vingerhoets, peneliti di University of Tilburg, Belanda.

7 Manfaat Menangis

Prof. Ad Vingerhoets

Pria cenderung susah menangis karena hormon testosterone dalam tubuhnya. Pria mudah menangis pada saat-saat positif, sedangkan wanita pada saat negatif.

Sobat, bisa disimpulkan air mata bukanlah tanda kelemahan tetapi memang anugrah yang diberikan Tuhan. Dengan tujuan tertentu, sehingga pria dan wanita bisa saling melengkapi.

7 Manfaat Menangis: Menangis menyimpan manfaat hebat.

Nah, aktifitas menangis ternyata menyimpan beragam manfaat lho,sobat. Simak,  nih!

  1. Menurunkan tingkat stres.

    Setelah menangis sobat merasa lebih nyaman. Sebaliknya ketika air mata itu kita tahan sama saja dengan meningkatkan stres yang sobat alami. Bahkan bisa berbelok ke masalah jantung atau tekanan darah tinggi. Itulah salah satu dari 7 manfaat menangis.

  2. Mengeluarkan racun.

    Air mata yang keluar dari hasil menangis karena emosional ternyata mengandung racun. Ketika menangis tubuh mengekurakan zat kimia dan hormon yang terbentuk akibar stres. Semua zat itu akan keluar bersama air mata.

  3. Membunuh bakteri.

    Air mata mengandung cairan yang disebut dengan lisozom yang dapat membunuh sekitar 90 – 95 % bakteri-bakteri hanya dalam 5 menit. Bakteri itu yang biasa tertinggal dari keyboard komputer, pegangan tangga, bersin dan tempat-tempat yang mengandung bakteri.

    Enzim ini memiliki kemampuan membunuh bakteri lebih bagus dibanding dengan obat tetes mata. Itulah sebabnya sobat perlu menangis pada saat-saat tertentu.

  4. Membuat Perasaan Lebih Lega.

    Walaupun menangis tidak dapat menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi, namun dengan menangis akan menimbulkan perasaan yang lebih lega. Sehingga seseorang dapat berfikir lebih jernih setelah menangis dibanding sebelum ia menangis.

  5. Melembabkan Mata.

    Air mata dapat digunakan sebagai pelembab alami yang akan membuat mata kita terhindar dari rasa perih, kering, dan iritasi. Dengan menangis mata kita akan menjadi lembab walaupun mata kita akan menjadi sedikit merah. Namun hal tersebut tidak akan berlangsung lama.

  6. Meningkatkan mood.

    Menangis bisa menurunkan kadar emosi. Mood seseorang akan terangkat kembali. Air mata yang dihasilkan dari menangis kerana emosi mengandungi 24 % protein albumin. Protein berguna dalam meregulasi sistem metabolisme tubuh dibanding air mata yang dihasilkan dari iritasi mata.

  7. Membina komunikasi.

    Selain baik untuk kesihatan fisik, menangis juga membantu seseorang untuk bangun dengan semangat dan keyakinan baru. Biasanya seseorang menangis setelah menceritakan masalahnya pada teman-temannya atau seseorang yang memberikan bantuan. Hal ini bisa meningkatkan kemampuan berkomunikasi dengan lebih tenang.

    Nah sobat, jangan lagi menganggap menangis sebagai hal  yang memalukan. So, tidak perlu mengunci diri di kamar agar tidak terlihat oleh orang lain. Saat Sobat berada dalam tekanan batin,tekanan karena pekerjaan,putus cinta,emosi,  legakan dengan cara menangis. Itulah ke 7 manfaat menangis.

Jangan sungkan-sungkan menangis, ya! Bahkan Superman pun pernah menangis.

7 Manfaat Menagis

Superman aja penah menangis lho..

Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: Pengaruh Warna Wadah Terhadap Rasa Makanan? Emangnya ngaruh?

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog