8 Kecerdasan Intelektual dan Profesi yang Cocok Menurut Psikolog

Diposting: 17 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 16281 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Kecerdasan intelektual atau intelligence quotient. Biasa disingkat IQ adalah istilah umum yang digunakan untuk menjelaskan sifat pikiran yang mencakup sejumlah kemampuan. Kecerdasan erat kaitannya dengan kemampuan kognitif yang dimiliki oleh individu.

Kemampuan yang dijelaskan oleh Kecerdasan Intelektual atau IQ misalnya adalah kemampuan:

  • menalar, 
  • berpikir abstrak,
  • memahami gagasan,
  • merencanakan, 
  • menggunakan bahasa,
  • belajar,
  • dan  memecahkan masalah,

Kecerdasan dapat diukur dengan menggunakan alat psikometri yang biasa disebut sebagai tes IQ. Ada juga pendapat yang menyatakan bahwa IQ merupakan usia mental yang dimiliki manusia berdasarkan perbandingan usia kronologis.

Cara untuk mendefinisikan kecerdasan Intelektual.

Ada beberapa cara untuk mendefinisikan kecerdasan. Dalam beberapa kasus, kecerdasan bisa termasuk kreativitas, kepribadian, watak, pengetahuan, atau kebijaksanaan. Namun, beberapa psikolog tak memasukkan hal-hal tadi dalam kerangka definisi kecerdasan.

Kecerdasan biasanya merujuk pada kemampuan atau kapasitas mental dalam berpikir. Namun belum terdapat definisi yang memuaskan mengenai kecerdasan. Stenberg & Slater (1982) mendefinisikannya sebagai tindakan atau pemikiran yang bertujuan dan adaptif.

8 Kecerdasan Intelektual menurut Psikolog Howard Gardner

Howard Gardner, seorang psikolog terkemuka dari Universitas Harvard. Dia menyatakan ada delapan kecerdasan intelektual yang dimiliki oleh manusia. Kecerdasan intelektual tersebut adalah:

  1. Kecerdasan linguistic

    kecerdasan intelektual linguistic
    Orang yang memiliki kecerdasan intelektual ini merupakan seseorang yang pandai mengolah kata-kata. Mereka sangat pandai saat berbicara maupun menulis. Orang tipe ini biasanya gemar membaca, mengisi TTS, bermain scrable (susun kata), dan bisa mengartikan bahasa tulisan dengan jelas.

    Jika orang memiliki kecerdasan ini, maka pekerjaan yang cocok adalah jurnalis, penyair atau pengacara.

  2. Kecerdasan matematik atau logika

    Tipe kecerdasan ini adalah orang yang memiliki kecerdasan intelektual dalam hal angka dan logika. Mereka mudah membuat klasifikasi dan kategorisasi. Mereka berpikir dalam pola sebab akibat dan pintar menciptakan hipotesis. Orang dengan kecerdasan tipe ini mempunyai pandangan hidup yang bersifat rasional.

    Pekerjaan yang cocok jika memiliki kecerdasan ini adalah ilmuwan, akuntan atau progammer.

  3. Kecerdasan spasial

    Mereka yang termasuk ke dalam tipe kecerdasan intelektual ini memiliki kepekaan tajam untuk visual, keseimbangan, warna, garis, bentuk, dan ruang. Selain itu, mereka juga pandai membuat sketsa ide dengan jelas.

    Pekerjaan yang cocok untuk tipe kecerdasan ini adalah arsitek, fotografer, desainer, pilot atau insinyur.

  4. Kecerdasan kinetik dan jasmani

    Orang tipe ini mampu mengekspresikan gagasan dan perasaan. Mereka menyukai olahraga dan berbagai kegiatan yang mengandalkan fisik.

    Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah atlet, pengrajin, montir dan penjahit.

  5. Kecerdasan musical

    kecerdasan intelektual musical
    Mereka yang termasuk ke dalam tipe ini mampu mengembangkan, mengekspresikan, dan menikmati bentuk musik dan suara. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan musikal yaitu suka bersiul, mudah menghafal nada lagu yang baru didengar. Mereka juga menguasai salah satu alat musik tertentu, peka terhadap suara sumbang, dan gemar bekerja sambil bernyanyi.

    Pekerjaan yang cocok untuk mereka adalah penyanyi, musisi atau pencipta lagu.

  6. Kecerdasan interpersonal

    Orang tipe ini biasanya mengerti dan peka terhadap perasaan, intensi, motivasi, watak, dan temperamen orang lain. Selain itu, mereka juga mampu menjalin kontak mata dengan baik. Orang tipe ini juga dapat menghadapi orang lain dengan penuh perhatian. Bahkan mereka dapat mendorong orang lain menyampaikan kisahnya.

    Pekerjaan yang cocok untuk orang tipe ini antara lain networker, negosiator atau guru.

  7. Kecerdasan intrapersonal

    Orang tipe ini memiliki kecerdasan intelektual pengetahuan akan diri sendiri dan mampu bertindak secara adaptif berdasarkan pengenalan diri. Ciri-cirinya yaitu suka bekerja sendiri, cenderung cuek, sering mengintropeksi diri. Mereka sangat mengerti kekuatan dan kelemahan yang dimilikinya.

    Pekerjaan yang cocok untuk mereka yaitu konselor atau teolog.

  8. Kecerdasan naturalis


    Orang yang memiliki kecerdasan intelektual ini mampu memahami dan menikmati alam dan menggunakannya secara produktif. Mereka dapat mengembangkan pengetahuannya mengenai alam. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini yaitu mencintai lingkungan dan mampu mengenali sifat dan tingkah laku hewan. Mereka sangat senang melakukan kegiatan di luar atau alam.

    Kecerdasan intelektual ini biasanya dimiliki oleh petani, nelayan,pendaki dan pemburu.

So..artikel ini bisa membantu kita untuk melihat potensi pada diri kita. Kecerdasan intelektual mana yang kita miliki. Hal itu akan membatu kita untuk menentukan Visi Professional kita nantinya. Saat kita akan memilih sebuah jurusan pada pendidikan tingkat tinggi atau dalam memilih profesi.

Kesulitan menentukan potensi Kecerdasan Intelektual?

Apabila Kamu memiliki kesulitan dengan menentukan Kecerdasan Intelektual yang kamu miliki. Dan ingin berbagi curahan hati Kepada Psikolog Professional PSYLine. Atau mungkin di Kotamu, kamu tidak tahu harus menghubungi siapa agar dapat konsultasi.

JANGAN BINGUNG.!

Kamu dapat Konsultasi di PSYLine.id. Psikologi Online Indonesia. Kamu bisa curhat dan berbagi masalahmu dengan Psikolog Profesional di bidangnya dan sudah berpengalaman. Jangan takut, rahasiamu 100% aman.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu menjadi paham tentang Potensi Kecerdasan Intelektual pada dirimu sendiri.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Kapan saat yang tepat bertemu Psikolog? Apa Harus Gila Dulu?

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog