Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

8 Langkah Mudah Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood

Gaya Hidup & Sosial | 1582 Views

8 Langkah Mudah Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood

15 November 2017 | Penulis: Bayu Lebond

Dalam satu minggu, pasti ada saja hari-hari yang menyebalkan. Biasanya, hari kita bisa kacau hanya karena hal sepele yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kalau sudah begini, pasti suasana hati kita akan kacau balau. Banyak orang yang salah ketika berusaha mengubah bad mood menjadi good mood. Bukannya hari jadi lebih baik, tapi justru malah semakin buruk.

Jangan anggap remeh kalau kita sering merasa bete. Baru-baru ini Sekolah Bisnis Harvard merilis penelitian yang membuktikan bahwa merasa bete bikin kita kehilangan produktivitas. Bahkan bisa memicu berbagai masalah kesehatan jiwa. Bahayanya. Suasana hati juga bisa merusak kinerja di tempat kerja dan juga di rumah. 

Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood

Sekacau apapun harimu, kamu masih bisa memperbaiki suasana hatimu. Seperti kata Shawn Achor, penulis buku The Happiness Advantage, bahagia itu pilihan. Nah, supaya kamu bisa lebih mudah berbahagia, coba ikuti delapan langkah jitu berikut ini.

  1. Lakukan Sesuatu yang Membuat Kita Merasa Bahagia

    Langkah pertama yang harus kita lakukan untuk Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood adalah melakukan sesuatu yang bisa membuat kita bahagia.

    Hal-hal sederhana bisa membantu kita merasa bahagia. Seperti:  tidak mengkonsumsi junk food  belilah jajanan sehat seperti buah-buahan, Chating ke sahabat atau keluarga kita dan sampaikan rasa cinta kasih kita kepada mereka. Hal-hal sederhana ini akan membuat kita merasa jauh lebih baik.
    Baca juga:
    11 hal yang bisa membuatmu lebih bahagia.

  2. Temukan Akar Masalah

    Cobalah pikirkan apa yang bikin hari kita kacau. Apakah karena kesalahan yang orang lain lakukan, atau justru kita sendiri yang melakukannya? Dengan mengetahui akar permasalahannya, kita bisa menganalisa tindakan apa yang bisa kamu lakukan.

  3. Bertindaklah

    Setelah menemukan akar masalah, kita harus bertindak agar masalahnya selesai. Jangan hanya mengeluh dan bilang “bete!” sepanjang hari. Karena keluhan kita justru akan bikin hari kita lebih buruk lagi. Lakukan sesuatu yang bisa meredam emosi. Sehingga kita bisa menjalanai hari dengan suasana yang lebih baik.

  4. Ganti Suasana

    Bila bosan sudah melanda, bangun dari kursi dan jalan-jalan sebentar untuk mengganti suasana. Kita bisa jalan ke pantry dan ajak OB ngobrol sebentar. Tapi jangan jadi sesi curhat yang malah kita galau. Apapun yang kita lakukan, kita harus bergerak dan berganti tempat dan suasana.

  5. Ubah rutinitas

    Hari yang buruk juga bisa karena bosan dengan rutinitas yang kita jalani sehari-hari. Untuk mengatasi hal ini, kita bisa mengubah rutinitas. Misalnya dengan menggunakan angkutan umum yang berbeda ketika pergi dan pulang kantor. Atau memilih jalur yang lain. Kita juga bisa mencoba warung lain untuk mengganti suasana.

  6. Tetapkan pengharapan yang realistis

    Banyak orang yang suasana hatinya langsung berubah drastis hanya karena kenyataan tidak sesuai dengan ekspetasi. Makanya, cobalah untuk tidak terlalu berharap. Selain itu kita juga harus memikirkan kemungkinan terburuk saat merencanakan sesuatu.

    Biasanya kita akan jadi bete bila kita tidak berhasil memenuhi ekspektasi kita sendiri yang tinggi. Daripada galau terus-menerus, lebih baik kita membuat daftar tiga hal yang ingin kita lakukan hari ini. Kita akan merasa puas saat berhasil menyelesaikan tiga hal tersebut.

  7. Belajar Dari Kesalahan

    Perhatikan baik-baik apa yang bikin hari kita kacau balau. Catat hal ini supaya lain kali kita bisa belajar dan menghindari berbagai penyebab kita merasa galau. Paling tidak, kita mendapatkan pelajaran berharga dari pengalaman yang buruk.

  8. Bersyukur

    Meskipun kenyataan tidak sama dengan apa yang kita harapkan, cobalah untuk bersyukur dan menerima kenyataan. Karena tidak semua yang kita rencanakankan akan terlaksana dengan baik. Kita juga bisa melatih diri sendiri untuk selalu siap menghadapi setiap keadaan. Sehingga mental kita pun akan menjadi lebih kuat.

    Bila kita sedang benar-benar bete, cobalah untuk menuliskan hal-hal yang bahagia dan merasa bersyukur. Catat hal-hal tersebut di smartphone atau komputer kita supaya bisa kita baca kapan saja. Terutama bila kita sedang merasa gundah gulana.

Nah, itu dia delapan hal yang bisa membantu Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood dan memperindah hari kita. Tapi jangan lupa, bahwa di setiap hari yang buruk pasti ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Jadikan pengalaman yang buruk sebagai pembelajaran, agar hari-hari berikutnya menjadi lebih baik lagi.

Sudah siap untuk menjadi bahagia? Hapus dulu wajah cemberutmu dan jangan lupa tersenyum.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

3 Hormon Pemicu Stres yang Membuat Harimu Jadi Galau.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan