Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

9 Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pendidikan & Anak | 2606 Views

9 Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak

6 Juli 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Tahukah anda, mainan bongkar pasang yang populer ini mengundang rasa penasaran untuk memainkannya. Ternyata Manfaat Bermain Bongkar Pasang sangat banyak. Permainan ini bisa membuat anak jadi kreatif. Selain itu, permainan Bongkar Pasang memiliki 9 Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak, lho!

Manfaat Bermain Bongkar Pasang

Lego

Jenis permainan yang terdiri dari berbagai macam potongan aneka bentuk bangun ruang. Seperti balok, prisma ataupun tabung. Mainan ini memiliki suatu sistem knock-down pada salah satu sisinya. Sehingga bisa dibongkar dan dipasangkan kembali. Permainan ini menimbulkan kepuasan tersendiri bagi pemainnya.

Psikologi Online Indonesia: 9 Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak

Dengan bermain gembira melalui suasana aman dan bebas. Anak dapat tampil dengan gagasan-gagasannya yang unik dan lain dari pada yang lain. Mereka berani bertanya, berani mencoba, tidak takut salah dan berani mengekspresikan pendapat. Semua ini merupakan awal dari tumbuhnya kreativitas.

Selain menjadi kreatif bermain lego mendatangkan manfaat lain, simak, ya!

  1. Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak yang pertama adalah Menghargai prestasi sendiri

    Permainan Bongkar Pasang turut menyumbang bagi swadaya dan sosialisasi. Karena anak memperoleh kegembiraan dari membuat sesuatu pada saat sendirian. Mereka belajar menghibur diri. Apabila anak sedang tidak ada teman bermainnya, anak akan lebih menghargai rasa bekerja sama dan prestasinya.
    Manfaat Bermain Bongkar Pasang

  2. Media Mengekspresikan diri

    Dengan membuat beraneka macam bentuk dan hasil karya tertentu, anak tidak hanya dapat mengekspresikan perasaannya saja. Anak juga dapat membebaskan dirinya dari berbagai tekanan yang mengganggunya. Anak juga dapat mengekspresikan secara nyata apa yang telah dipahaminya.

  3. Memberi motivasi untuk berkarya lebih baik

    Apabila anak dapat melakukan permainan Bongkar Pasang tersebut dengan baik, maka dapat menimbulkan rasa puas. Mereka dapat merasakan penghargaan sosial (pujian dari orang lain) sehingga meningkatkan keinginan anak untuk bekerja lebih baik lagi.

  4. Mengembangkan ketrampilan spasial

    Kecerdasan parsial atau kecerdasan ruang termasuk diantaranya kecerdasan dimensional balita dapat dilatih dan dikembangkan dengan permainan ini.Dalam menyusun potongan balok ataupun kubus ketika disusun  secara vertikal ataupun horisontal. Konsep dasar bangun ruang mengenai panjang, lebar dan tinggi sebuah bangun dapat dikenalkan semenjak dini.
    Manfaat Bermain Bongkar Pasang

    Menurut beberapa penelitian, anak-anak yang gemar membangun sebuah konstruksi, cenderung lebih berkembang dalam ketrampilan spasialnya. Sekelompok anak TK secara acak diminta untuk bermain Bongkar Pasang dan membangun sebuah konstruksi. Hasilnya, mereka ini mengungguli kawan mereka pada tes visualisasi spasial, rotasi mental, dan blok bangunan.

  5. Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak berikutnya adalah Kemampuan matematis

    Dalam sebuah studi, anak usia 4 tahun yang bermain Permainan Bongkar Pasang memiliki efek jangka panjang yang baik. Memainkan Bongkar Pasang dengan lebih sulit pada usia pra sekolah akan meningkatkan prestasi matematika. Hal itu akan memudahkan saat anak memasuki tingkatan sekolah yang lebih tinggi.

  6. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah

    Ahli psikologi mendefinisikan masalah ke dua tipe.

    • Masalah konvergen yang hanya memiliki satu solusi pemecahan.
    • Permasalahan divergen yang dapat diselesaikan dengan berbagai cara.

    Ketika anak dapat memasangkan blok dengan berbagai macam cara, maka bermain Bongkar Pasang ada sebuah permainan divergen. Bermain secara divergen anak anak akan berpikir lebih kreatif dan dapat mencari berbagai solusi ketika menemui permasalahan.

  7. Kemampuan bersosialisasi

    Anak-anak akan menjadi lebih ramah dan pandai bersosialisasi ketika mereka bermain membuat sebuah konstruksi secara berkelompok. Misalnya anak-anak autis diminta untuk bermain Bongkar Pasang bersama sebuah kelompok bermain. Mereka akan menunjukkan peningkatan kemampuan sosial dibanding dengan anak autis yang diajarkan bersosialisasi dengan bahasa.
    Manfaat Bermain Bongkar Pasang

  8. Meningkatkan kemampuan berbahasa

    Pada sebuah studi yang meneliti anak-anak usia 1,5 hingga 2,5 tahun yang bermain Bongkar Pasang menunjukkan sebuah hasil yang mencengangkan. Anak-anak ini mendapat nilai lebih tinggi pada tes kosakata, tata bahasa, dan pemahaman verbal.

    Belum diketahui penyebab pastinya. Mungkin karena anak menghabiskan waktu lebih banyak bersama orang tua maka memiliki waktu lebih banyak untuk saling mengobrol.

  9. Manfaat Bermain Bongkar Pasang Bagi Tumbuh Kembang Anak yang terakhir adalah Berani mencoba

    Karena Permainan Bongkar Pasang memiliki banyak bentuk yang dapat dibuat menjadi berbagai hal. Anak akan terus mencoba membentuk hal-hal baru dari Bongkar Pasang yang dimilikinya. Hal ini akan membuat anak lebih berani untuk mencoba hal baru.

Bukan hanya anak-anak, bahkan orang dewasa juga banyak yang mulai tertarik dengan permainan ini. Tentu saja dengan level kerumitan yang berbeda. Dengan demikian bermain permainan Bongkar Pasang sangat erat kaitannya dengan kreativitas anak. Bahkan merupakan awal tumbuhnya kreativitas.

Manfaat Bermain Bongkar Pasang

Menyimak banyak manfaat dari bermain Bongkar Pasang, tidak ada salahnya anda mencoba permainan ini untuk buah hati. Sekarang produsen Permainan Bongkar Pasang sudah membagi permainan ini dalam kategori umur tertentu. Sehingga bisa Kita dapat menyesuaikan dengan kebutuhan anak.

Artikel Terkait:

13 Manfaat Bermain bagi Perkembangan Jiwa Anak.

Fakta dan Ciri Anak Kreatif yang Harus Diketahui Orangtua.

Agar manfaat bermain dapat dirasakan optimal oleh anak, maka diperlukan pendampingan oleh orangtua. Namun kadang kala kita gundah dan stress karena anak sudah terlanjur suka bermain. Dan kita tidak tahu akan kemana kita berbagi cerita. Kita bisa saja melakukan curhat secara online. Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Selamat bermain bersama!

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

7 Cara Tepat Memanjakan Anak Tanpa Manja Berlebih.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan