9 Manfaat Makan Pete untuk kondisi Kejiwaan Anda.

Diposting: 5 Juni 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 1962 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Tenangkan diri dengan makan pete! Mungkin anda adalah salah satu orang yang menghindari pete sebagai salah satu menu makanan. Mungkin Anda beralasan tidak tahan dengan efek bau yang ditimbulkannya. Artikel PsyLine.id Psikologi Online Indonesia kali ini akan membahas tentang 9 manfaat makan pete.

Reaksi setelah memakan pete memang agak menganggu pergaulan. Pasalnya buah ini menimbulkan bau mulut dan bau tak sedap saat buang air kecil pasca memakannya. Namun tanpa kita sadari besarnya Manfaat Makan Pete.

Petai, pete (IPA:pətɛ), atau mlanding (Parkia speciosa) merupakan pohon tahunan tropika dari suku polong-polongan (Fabaceae), anak-suku petai-petaian (Mimosoidae). Tumbuhan ini tersebar luas di Nusantara bagian barat. Bijinya, yang disebut “petai” juga, dikonsumsi ketika masih muda, baik segar maupun direbus. (Wikipedia)

9 manfaat makan pete

Buah ini memiliki bentuk bulat pipih dengan warna hijaunya yang khas. Selain itu, bijinya yang berada di dalam bentuk papan-papan juga menambah keunikan buah yang bau namun banyak Manfaat Makan Pete.

Mengapa pete bau?

Petai bisa menimbulkan bau yang tidak sedap. Karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan tidak sedap. Di Amerika, petai terkenal sebagai The Most Horrible Food in The World. Mereka menganggap pete adalah makanan yang paling mengerikan di dunia lantaran baunya yang menusuk.

9 manfaat makan pete

Bau yang ditimbulkan dari petai itu sebenarnya cukup menggagu, terutama bagi orang lain yang tidak ikut mengkonsumsi. Bagi yang mengkonsumsi, meskipun bau setidak-tidaknya sudah menikmati kelezatan petai. Namun, bagi orang lain yang tidak ikut menikmati dan Cuma kebagian baunya, akan merasa sangat terganggu. Apalagi air seni yang dikeluarkannya. Jika pemakan petai ini buang air di jamban kurang sempurna membilasnya. Maka jamban akan berbau tidak enak dan mengganggu ketenangan orang lain.

Baca juga:

9 Makanan yang akan membuatmu Bahagia dan terhindar dari stress.

Manfaat Makan Pete untuk kondisi kejiwaan anda

Tetapi tahukah anda dengan mengonsumsi pete ketenangan bisa anda dapatkan. Berikut ini beberapa manfaat pete untuk kondisi kejiwaan anda:

  1. Atasi bad mood

    Apabila bad mood melanda, segala aktivitas yang biasanya kita senangi akan terasa hambar. Bahkan berjumpa dengan makanan kesukaanpun, napsu untuk  memakannya tidak ada. Megerjakan aktivitas juga terasa malas. Kalau tanda-tanda itu anda rasakan, coba santaplah pete kerena buah ini bisa menghilangakan bad mood.

    Kenapa bisa begitu? Karena ia mengandung Vitamin B6. Vitamin B6 mampu mengatur kandungan gula darah sehingga bisa bisa mengembalikan mood lagi.

  2. Selamat tinggal depresi

    Kenapa demikian? Hal ini disebabkan buah petai mengandung tryptophhan, sejenis protein yang tubuh mengubahnya menjadi serotonin. Sehingga membuat orang yang mengonsumsi petai akan terasa rileks dan moodnya pun ikut membaik.

    Sehingga seorang yang suka makan pete lebih banyak merasakan kebahagiaan yang secara langsung menghilangkan depresi yang dia alami.

  3. Selesaikan PMS (Pre-Menstrual Syndrome) pada wanita

    Meski mengeluarkan bau yang tidak sedap ketika dimakan. Namun pete ternyata juga berkhasiat Manfaat Makan Pete bagi sejumlah masalah yang sering dialami oleh kaum wanita.

    Petai mengandung 3 macam gula alami yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Bahkan, dibandingkan apel, petai memiliki protein 4 kali lebih banyak. Karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi. Serta dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.

    Vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar gula darah, dan membantu menstabilkan hormon. Sehingga memperbaiki mood. Jadi saat mengalami PMS saat ‘ tamu ‘ datang , kamu tidak perlu minum obat. Cukup atasi dengan makan pete.

  4. Hilangkan kebiasaan makan berlebih penyebab obesitas

    Penelitian di Institute of Psychology Austria terhadap 5 ribu pasien obesitas. Penelitian itu menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan mereka sering meraih makanan yang menenangkan seperti coklat dan keripik.

    Cobalah makanan tinggi karbohidrat misalnya petai sebagai camilan setiap dua jam untuk mengendalikan kadar gula dalam darah.

  5. Mempertajam kemampuan otak

    200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini. Hal itu dikarenakan memakan pete pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah pete dapat membantu siswa semakin waspada sehingga mengerjakan soal-soal dengan cukup mudah.

    Bagaimana ceritanya buah atau biji petai ini dapa meningkatkan kemampuan kognitif? kandungan kaliumnya yang tinggi, dapat membantu seseorang dalam meningkatkan kemampuan kognitif.

    Kemampuan kognitif tersebut meliputi banyak hal, antara lain Kemampuan mengingat, melakukan rekognisi pola dan Kemampuan dalam mempersepsikan melalui indera.

  6. Menenangkan sistem  saraf

    Pete mengandung vitamin B dalam jumlah besar, sehingga akan membantu menenangkan sistem saraf.

  7. Menghentikan kebiasaan Merokok

    Pete dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya , bersama dengan kalium dan magnesium , membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

  8. Buang Stress mu segera

    Kalium adalah mineral penting , yang membantu untuk menormalkan detak jantung , mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress , kecepatan metabolisme kita akan meningkat , sehingga akan mengurangi kadar kalium dalam tubuh. Hal ini dapat diseimbangkan lagi dengan bantuan makan petai yang tinggi kalium.

  9. Manfaat Makan Pete bisa menambah Semangat kerja

    Kombinasi kandungan sukrosa, fruktosa, dan glukosa mampu memberikan dorongan tenaga yang instan, namun cukup lama dan cukup besar efeknya. Riset membuktikan dua porsi pete mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.

    Makanya jangan heran jika pete adalah buah yang disukai oleh para atlet top. Penelitian juga membuktikan bahwa pete tidak hanya memberikan energi. Ini membuat pete menjadi salah satu makanan penting dalam makanan keseharian kita.

Nah, mengingat lebih banyak Manfaat Makan Pete bagi kesehatan fisik maupun psikis kita. Maka tidak ada salahnya menambahkan menu pete dalam daftarmakanan favoritmu. Tentunya dengan menjaga agar baunya mengganggu lingkungan.

Tips makan pete tanpa mengganggu pergaulan

9 manfaat makan pete

  1. Minum teh tawar kental

    Setelah kita makan pete kita harus segera minum air teh tawar kental minimal 3 gelas. Ingat, tidak perlu ditambah gula. Ketika saya buang air kecil, bau petainya sudah tidak menyengat lagi. Baunya sudah dinetralisir oleh teh.

    Malah, meskipun disiram dengan air, bau air seni itu pun tidak tercium lagi. Sehingga mulut kamu tidak lagi mengeluarkan “bau naga” yang memusingkan.

  2. Minum Kopi hitam

    Kopi hitam juga merupakan salah satu cara yang ampuh dan praktis untuk menghilangkan bau mulut. Anda bisa langsung minum kopi yang sudah diseduh atau langsung ambil kopi hitam yang masih fresh kemudian dimakan langsung. Memang pahit tapi sangat ampuh.

  3. Pengolahan dengan kapur sirih

    Ini bisa kamu gunakan apabila pete dimasak dahulu. Caranya adalah dengan merebus terlebih dahulu pete dalam campuran kapur sirih atau arang dalam air mendidih. Setelah mendidih ambilah batu dan gunakan untuk menggencet biji petai tersebut.

  4. Makan jengkol setelah makan pete

    Segeralah makan jengkol, setelah makan pete. Niscaya bau pete akan hilang. (abaikan poin ini..he..he..he..)

Selamat menikmati,ya. Agar makin tenang harimu.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Fenomena hypnosis atau hipnotis beserta sejarahnya.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog