8 Jurus atasi stress menjelang ujian.

Diposting: 4 April 2017 | Kategori Artikel: Pendidikan & Anak

Dilihat: 602 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Apakah sobat pembaca seorang pelajar atau mahasiswa? Bila iya, maka PR, ulangan,tugas, dan ujian adalah tantangan rutin yang harus sobat lewati.

PsyLine.Id ingin memberi tips Jurus atasi stress menjelang ujian.

Sebenarnya ujian, beban dan tugas selalu menyertai dimanapun kita berada. Bahkan yang sudah melewati masa sekolah. Hidup tidak lengkap tanpa ujian,ya! Setidaknya itu penanda kalau kita masih hidup, lho!

Stres sering kali bisa terlihat melalui tubuhnya.

Jika menjelang ujian sobat mengalami kenampakan jerawat di wajah. Atau problem pencernaan, insomnia, kelelahan, sakit kepala, dan masalah sewaktu buang air, maupun reaksi psikosomatik lainnya. Mungkin merupakan tanda-tanda bahwa ada tekanan pada diri sobat pembaca sekalian. Atasi stress menjelang ujian.

Percayalah

“Masalah datang silih berganti, tetapi jalan keluar selalui menyertai, kalau kita mau jeli!”

Bersabarlah dan tata hati dengan baik, solusi akan datang tanpa kita duga. Yang sobat butuhkan adalah rileks, cermati, fokus

8 Jurus atasi stress menjelang ujian

  1. Percaya Diri

    Nilai jelek banyak disebabkan kesalahan sepele seperti tidak teliti, ragu-ragu, atau mengubah jawaban yang sebenarnya sudah tepat. Kesalahan ini timbul dari rasa kurang percaya diri.

  2. Mengatur Waktu

    Terlalu banyak bermain dan melupakan belajar membuat nilai jelek. Sebaliknya terlalu banyak belajar dan tidak bermain membuat stres. Perlu ada keseimbangan antara belajar dan bermain dalam masa ujian.

  3. Jangan Malas

    Sebagian besar masalah belajar disebabkan emosi negatif. Apakah sobat pembaca sering merasa malas dan tidak termotivasi saat disuruh belajar. Tetapi, menjelang ujian, sobat merasa takut tidak lulus, cemas, khawatir dan stress. Semua itu adalah penghambat yang harus dituntaskan. Hilangkan segala bentuk ketakutan, kecemasan, dan berbagai emosi negatif.

  4. Segera selesaikan masalah

    Masalah tidak akan hilang dengan sendirinya. Bahkan suatu masalah akan bertambah parah jika sedang stres. Cobalah segera selesaikan masalah sejak awal. Misalnya jika Sobat pembaca mengalami kesulitan belajar, coba untuk berlatih jauh-jauh hari sebelum masa ujian sekolah. Hal ini akan membantu mempersiapkan diri.

  5. Bantuan orang lain

    Jika beban bertambah berat dan sobat pembaca tidak sanggup menghadapinya, jangan pikul sendirian. Coba berbagi dan berkomunikasi dengan orang lain khususnya orang tua. Diskusikan dengan mereka cara mengatasinya. Ini merupakan cara terbaik untuk mengelola stres saat situasi sudah begitu berat.

  6. Dengarkan musik.

    Irama musik yang lembut dapat membantu anda lebih tenang.

    Baca Juga:

    Musik dan Psikologi: Musik dapat mempengaruhi kesehatan jiwa Manusia.

  7. Bergerak.

    Berolahragalah secara rutin. minimal lakukan jalan cepat, walaupun hanya jalan – jalan di seputar ruangan atau kamar mandi. Hal itu berguna untuk membantu melancarkan aliran darah. Bergerak secara teratur juga dapat membantu membakar efek negatif dari hormon stres.

  8. Menemukan ketenangan dari dalam.

    Visualisasi atau meditasi dapat membantu menemukan sebuah ketenangan dari dalam, pada saat disekeliling anda dipenuhi tekanan dan kegaduhan.

Mari kelola stress dengan baik, karena masalah tidak akan pernah hilang dalam kehidupan selama kita masih diberi kehidupan tentunya!

Selamat menikmati ujian sekolah!

Dan selamat menghadapi ujian hidup yang sebenarnya!

Hidup ujian!

Salam Bahagia..

Artikel sebelumnya membahas tentang: 

Mau tahu apa Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

 

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog