Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun

Klinis & Kepribadian | 1215 Views

11 Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun. Jangan sampai kita terlena.

14 Juni 2017 | Penulis: Wulan Arumbi

Apakah Kita memiliki teman, anggota keluarga atau pasangan yang sulit untuk akur dengan Kita? Apakah Kita merasa direndahkan atau dimanipulasi saat berada dekatnya? Jika jawabannya ya, kemungkinan Kita memiliki orang beracun dalam kehidupan Kita. Artikel PsyLine.id Psikologi Online Indonesia membahas Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun.

Orang beracun membutuhkan penanganan khusus jika Kita memilih untuk terus berurusan dengannya. Ada bebeberapa cara yang bisa Anda pelajari untuk menjaga diri dan menghadapi orang lain dalam hubungan yang beracun.

Baca Juga:

Apa itu Teman Beracun? Waspada dan Kenali Ciri Teman Beracun.

Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun

  1. Ekspresikan diri secara efektif

    Ketegangan bisa terjadi dalam pertemanan dan hubungan. Jadi penting bagi Kita untuk mengeskpresikan perasaan dengan jelas. Jika Kita mengakui dan mencermati perasaan Kita, Kita pun memiliki kesempatan untuk menghadapi ketegangan ini dengan baik.

    Selain itu, mengekspresikan diri dengan jelas akan membuka ruang bagi orang lain untuk mengekspresikan perasaannya. Hal itu membuat dia dapat menangani perasan yang berbeda ini bersama.

  2. Awali dengan mendengarkan

    Pastikan Kita mendengarkan apa yang dikatakan Teman Beracun itu sebelum Kita melawannya dengan pandangan Kita. Gunakan kalimat dengan kata “Aku”.

    Cara simpel untuk bersikap terlalu konfrontasional adalah dengan menyampaikan apa yang Kita alami, alih-alih menunjukkan kesalahannya.

    Contohnya: Anda bisa berkata,
    “Waktu kamu datang sendiri dan mengambil bisnisku, aku merasa kamu tidak menghargai Aku.”
    Alih-alih berkata,
    “Kamu selalu menelikung dari belakang dalam berbisnis.”

  3. Beri tahu seperti apa Kita ingin diperlakukan

    Walaupun kedengarannya aneh, terkadang orang tidak tahu seperti apa perilaku yang pantas itu. Perilaku yang pantas kepada seseorang bisa terasa tidak pantas bagi orang lain. Untuk mengetahui seperti apa Kita diperlakukan, cobalah untuk blak-blakan menyampaikannya

    Contohnya, jika Kita benar-benar tidak suka jika seseorang terlambat dalam pertemuan minum kopi, beri tahu dia. Mungkin dia tidak tahu seperti apa perilaku ini mengganggu Kita.

    Jika orang ini benar-benar teman ini adalah Teman Beracun, strategi ini mungkin tidak berhasil. Tetapi ini latihan yang bagus untuk menetapkan batasan.

  4. Berbicaralah dengan tegas dan asertif

    Ini berhubungan dengan perdebatan yang asertif. Berbicara secara asertif adalah sesuatu yang bisa Kita lakukan setiap saat, mau Kita sedang berdebat atau tidak. Menjadi pembicara yang asertif bisa memperbaiki komunikasi dan hubungan dengan teman Kita.

    Cobalah untuk mengetahui di mana Kita bisa memperbaiki diri. Mungkin Kita pribadi yang mudah untuk diintimidasi dan orang-orang cenderung menindas Kita, terlebih jika kepribadiannya beracun. Cobalah untuk mengidentifikasi masalah ini sebagai langkah awal.

    Cobalah latih diri Kita untuk bisa menanggapi dengan asertif dalam kehidupan. Kita bisa menggunakan metode ‘kaset kusut’. Kita terus-menerus mengulangi kata-kata Kita saat mereka mendebatnya. Coba untuk melakukan dengan perlahan jika terasa sulit.

  5. Lindungi diri dari bahaya

    Sadarilah apa yang terjadi dalam hubungan Kita dengan Teman Beracun. Hindari untuk memasukkan ke dalam hati jika Kita melihat kecenderungan mereka untuk berkata kasar dan menghakimi. Lindungi diri dalam hubungan seperti ini.

    Jika Kita memutuskan untuk meneruskannya, dengan menyadari apa yang mereka katakan kepada Kita. Juga bagaimana mereka bersikap kepada Kita, dan bagaimana hal tersebut memengaruhi perasaan Kita.

  6. Jangan malu minta maaf bila harus

    Walaupun seseorang Teman itu Beracun, bukan berarti Kita selalu benar dan dia selalu salah. Akui kesalahan Kita dan minta maaflah jika memang harus. Walaupun mereka tidak menerima permintaan maaf Kita atau jarang meminta maaf. Setidaknya Kita sudah berusaha sebaik mungkin untuk menjadi teman yang baik.

    Kita mungkin malah meninggalkan kesan positf kepada Teman Beracun tersebut. Ini disebut sebagai “modeling” atau menunjukkan cara yang lebih sehat dalam bersikap kepada orang lain.

  7. Buat batasan dan jagalah

    Pada umumnya batasan itu penting, tetapi menjadi sangat penting saat berurusan dengan Teman Beracun. Teman beracun sering kali mengambil keuntungan dari orang-orang dengan batasan yang tidak ditetapkan dengan baik. Mereka cendrung memiliki tingkat asertivitas yang rendah.

    Berikut beberapa langkah untuk membantu Anda menjaga batasan yang lebih baik:

    • Dengarkan perasaan dan ambil tindakan berdasarkan perasaan itu.
    • Jangan larut dalam badai emosi Teman B.
    • Fokuslah apa yang Kita rasakan dan butuhkan.
    • Berikan izin kepada diri Kita sendiri untuk bersikap tegas.
      Banyak orang merasa bersalah jika harus menetapkan batasan yang tegas. Akan tetapi, membahagiakan diri sendiri itu juga penting.
    • Hindari sikap menyusahkan diri sendiri untuk orang lain.
    • Berkata “tidak”, tidak membuat Kita menjadi orang jahat.
  8. Dengarkan firasat

    Teman beracun mudah untuk membuat alasan. Kita bisa mengetahui dari lubuk hati yang paling dalam. Apakah teman ini buruk untuk Kita atau mengambil keuntungan dari Kita. Hindari dorongan untuk mencari alasan untuk menanggapi firasat ini atau menjustifikasi perilakunya.

    Biarkan firasat kita mengambil keputusan terakhir. Karena kemungkinan firasat tahu tentang apa yang sedang terjadi lebih dari yang Kita sadari.

  9. Salah satu Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun adalah Cari bantuan

    Belajar untuk mengetahui di mana titik puncaknya dan saat Kita membutuhkan bantuan. Hubungi teman atau keluarga yang dekat dan percayai. Jika Kita ingin menjaga hubungan dengan orang beracun, pastikan Kita mengandalkan jaringan orang-orang ini. Prioritaskan perhatian kepada diri Kita sendiri. Mengorbankan diri Kita sendiri bukan cara terbaik untuk membantu Teman.

  10. Bertanggung jawab atas apa yang Kita lakukan

    Cermati hubungan yang Kita miliki dan efek yang diberikannya kepada diri Kita. Banyak orang yang terus berteman dengan Teman Beracun karena ingin disukai dan ingin merasa membantu orang lain.

    Tidak ada salahnya dengan membantu orang lain. Tetapi sadarilah apa yang terjadi sehingga Kita memiliki pandangan yang realistis akan situasi ini. Jika situasi ini menyakitkan, Kita harus mengetahuinya.

  11. Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun yang paling efektif adalah Pergilah!

    Pada akhirnya, Kita mungkin harus mengakhiri hubungan dengan teman jika dia ternyata adalah Teman Beracun. Menyingkirkan orang dari kehidupan Kita bisa terasa menyakitkan. Tetapi dalam kasus Teman Beracun, rasa sakit jangka pendek itu lebih baik daripada rasa sakit jangka panjang.

    Terus berhubungan dengan Teman Beracun bisa mengacaukan kepercayaan diri Kita. Bahkan keadaan finansial Kita, keseimbangan emosi Kita, dan hubungan lainnya juga ikut terkacaukan. Jika bahayanya terlalu besar, sepertinya sudah saatnya untuk Kita memutuskannya.

Tanggapi kekerasan dengan belas kasih. Ini perilaku modeling yang baik dan juga membantu Kita merasa aura positif akan diri Kita sendiri. Jangan ikuti permainannya. Jika Kita merasa ditarik ke dalam permainan, mundur satu langkah. Cermati keterlibatan Kita dalam situasi ini.

PsyLine.id Psikologi Online Indonesia menyusun artikle Cara Berinteraksi Dengan Teman Beracun ini merangkum dari berbagai sumber.

Baca juga:

13 Cara Terhindar Dari Teman Beracun yang Harus Kita Ketahui.

15 Cara Jitu Berurusan dengan Teman Beracun Dalam Pergaulan.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Bunuh Diri Pada Remaja Dapat Dicegah. Kenali 10 Tanda-tandanya.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan