Konsultasi Gratis
Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Pengertian Introvert Extrovert dan Ambivert

Klinis & Kepribadian | 66352 Views

Pengertian Introvert Extrovert dan Ambivert. Lengkap Dengan Ciri-cirinya.

4 Mei 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Sering kita mendengar tentang Introvert Extrovert dan Ambivert. Namun ada beberapa dari kita tidak tahu apa yang dimaksud dengan Introvert Extrovert dan Ambivert. PsyLine.id Psikologi Online kali ini akan membahas tentang Pengertian Introvert Extrovert dan Ambivert, Lengkap Dengan Ciri-cirinya.

Istilah Introvert Extrovert dan Ambivert pertama kalinya di populerkan oleh seorang psikolog terkenal dari Swiss. Psikolog yang bernama Carl Gustav Jung (C.G Jung).

C.G Jung mengungkapkan. Bahwa konsep dan tolak ukur utama untuk melakukan analisa psikologi terhadap seseorang adalah dengan meneliti sifat individual mereka. Apakah dia masuk kategori Introvert Extrovert dan Ambivert?

Pada dasarnya setiap orang memiliki sisi introvert dan extrovert di dalam kepribadian mereka masing-masing. Akan tetapi, salah satu sisi akan muncul lebih dominan dalam karakter orang tersebut. Apakah kamu termasuk Introvert Extrovert dan Ambivert? Mari kita simak bersama-sama.

PsyLine Psikologi Online: Pengertian Introvert Extrovert dan Ambivert.

Satu lagi yang lebih unik namun masih kalah populer dari intorvert dan extrovert, adalah istilah ambivert.

Mari kita simak artikel ini bersama-sama.

APAKAH INTROVERT ITU?

Introvert adalah sikap atau karakter seseorang yang memiliki orientasi subyektif secara mental dalam menjalani kehidupannya. – C.G Jung –Introvert Extrovert dan AmbivertKepribadian introvert cenderung menyukai kondisi yang tenang, senang menyendiri, reflektif terhadap apa yang mereka lakukan. Mereka memiliki kecenderungan untuk menjauhi interaksi dengan hal-hal baru.

Seseorang introvert sangat senang untuk melakukan aktivitas yang bersifat soliter (dapat di lakukan sendirian tanpa bantuan orang lain). Kegiatan tersebut seperti menulis, membaca, mengoperasikan komputer, menonton film, memancing dan lain sebagainya.

Banyak dari seniman, komposer lagu, penulis novel, atau penemu biasanya memiliki kepribadian introvert. Mereka lebih menyukai menikmati waktu yang dihabiskan sendirian, karena menurut mereka, sendirian adalah hal yang menyenangkan.

Selain itu, introvert juga memiliki kemampuan yang sangat baik dalam melakukan analisa hal-hal rumit. Mereka lebih mudah untuk berkonsentrasi saat memecahkan masalah.

Apakah sifat pemalu juga termasuk didalam introvert?

Salah besar jika kita mengira bahwa seorang introvert adalah orang yang pemalu. Karena, orang yang introvert lebih senang untuk melakukan kegiatan sosial mereka sendiri. Tetapi mereka tidak segan untuk melakukan interaksi sosial dengan orang lain.

Sedangkan orang yang pemalu, mereka merasa berat atau segan untuk melakukan interaksi sosial. Terutama dengan orang-orang yang tidak mereka kenal. Walau tidak dapat dipungkiri, banyak orang introvert itu pemalu.

Ciri Ciri Kepribadian Introvert.

Dari beberapa informasi yang terkumpul, berikut ini ada 10 ciri tipe orang introvert yang menarik dan perlu untuk kita pahami:

  1. Pendiam dan suka menyendiri.
  2. Introvert tidak menyukai pembicaraan yang ringan.
  3. Introvert tidak menyukai dering handphone.
  4. Introvert tidak langsung membalas pesan dari seseorang
  5. Introvert merasa keramaian membuatnya gila.
  6. Introvert lebih nyaman untuk [hang out] dengan sedikit orang.
  7. Introvert suka mengamati keadaan sekitar dengan sangat cermat.
  8. Introvert cenderung suka menulis.
  9. Introvert cukup jago dalam menebak karakter orang.
  10. Introvert akan banyak berpikir sebelum berbicara.

Fakta Menarik Buat Kamu Seorang Introvert.

Fakta menemukan bahwa tipe introvert lebih banyak melakukan dialog dalam diri jika dibandingkan dengan tipe yang sebaliknya, yaitu ekstrovert. Orang introvert lebih suka memikirkan gagasan yang tersimpan si memori  dan dalam benak mereka sendiri.

Sehingga, kegiatan seperti meneliti, membaca, atau menulis dapat lebih menarik perhatian seseorang dengan sifat introvert. Sementara itu, orang ekstrovert merasa perlu berdiskusi dengan orang lain untuk menemukan gagasan.

Jika kita merasa memiliki sifat introvert, jangan malu dan tidak perlu menutup-nutupinya. Nikmatilah tipe kepribadian kamu dan kembangkanlah ke arah yang positif.

Saran PsyLine Psikologi Online untuk orang introvert.

  1. Lakukanlah hal-hal yang bagi kita menarik.
    Misalnya, menulis, melukis, ngegame atau menata dekorasi aquarium.
  2. Mendalami suatu hal hingga kamu menjadi ahli dalam bidang tersebut.
    Kamu cukup berpeluang menjadi seorang yang ahli dalam satu hal yang spesifik.
  3. Upayakan untuk melakukan percakapan kecil dengan beberapa orang.
    Sedikit-sedikit kamu perlu bejalar bekerja secara kelompok dan nikmatilah.
  4. Lakukan interaksi sederhana.
    Seperti menyapa orang dengan kontak mata yang baik.
  5. Berbicaralah di depan banyak orang.
    Hal ini merupakan penyaluran energi yang sangat efisien bagi seorang introvert.
  6. Sesekali luangkan waktu untuk diri sendiri.
    Kegiatan ini berguna sebagai upaya menyegarkan diri dari kepenatan.

Untuk mengetahui apa itu introvert lebih lanjut, kita bisa membaca artikel:

Apa itu introvert? Bagaimana cara berinteraksi dengan mereka?

APAKAH EXTROVERT ITU?

Pengertian extrovert adalah kebalikan dari introvert. Jika introvert lebih senang menyendiri, maka seseorang extrovert lebih menyukai lingkungan yang interaktif. Mereka cukup antusias dalam hal baru dan senang bergaul.Introvert Extrovert dan AmbivertHal itu disebabkan karena seorang extrovert lebih didominasi dengan sifat, kondisi atau kebiasaan yang menyenangkan dari luar diri mereka sendiri. Bagi mereka, aktivitas sosial, berinteraksi dengan orang lain, bertukar informasi dengan banyak orang dan senang bergaul adalah hal yang menyenangkan.

Sebaliknya jika mereka berada dalam keadaan sendiri bagi mereka adalah sesuatu yang membosankan.

Jika kita selalu bersemangat ketika teman kita mengajak main, mengajak kumpul bareng dan selalu mendominasi perbincangan, kita cenderung berkepribadian extrovert.

Seorang extrovert cenderung menjadi lebih bersemangat untuk melakukan banyak hal jika mereka berada di lingkungan yang interaktif. Seorang extrovert biasanya adalah seorang ice breaker atau pencair suasana.

Mereka yang extrovert biasanya lebih bisa menyesuaikan diri dan bekerja sama dengan baik dalam sebuah komunitas atau organisasi sosial.

Ciri Ciri Kepribadian Extrovert.

Seorang extrovert akan terlihat lebih energik dan memiliki karakteristik yang lebih terbuka. Seorang Extrovert juga memiliki kelebihan dalam berinteraksi yang terkesan cenderung impulsif atau easy going.

Oleh karena itu, orang-orang extrovert menyukai aktivitas spontan dan lebih mudah melakukan interaksi dengan dunia luar.

Mereka selalu tidak suka memusingkan hal-hal yang terkesan kecil. Jadi lebih sedikit berpikir ketika akan melakukan sesuatu. Mereka tidak suka muluk-muluk dalam bertindak dan lebih menikmati sesuatu hal menjadi sederhana. Bahasa jermannya, gak ribet. Hehehe.

Nah, dari sinilah terlihat jelas perbedaan karakteristik extrovert.

Berikut ini ciri-ciri dan penjelasan seseorang dengan kepribadian extrovert:

  1. Selalu antusias dan semangat
  2. Senang berinteraksi dan bersosialisasi
  3. Mudah dalam bergaul
  4. Cenderung spontan dalam bertindak / berbicara
  5. Pandai mencairkan suasana
  6. Menyukai popularitas dan senang menjadi pusat perhatian
  7. Senang jadi pembicara daripada pendengar
  8. Extrovert selalu tampil percaya diri
  9. Terkesan sigap dan tegas
  10. Senang bekerja kelompok dan tidak suka kesendirian

Ciri ini bisa kita kenali dari lingkungan kecil kita seperti lingkungan sekolah, lingkungan kuliah dan lingkungan kerja di kantor. Jika ada temanmu yang pekerjaannya sering kali tidak beres saat ia dalam keadaan sendiri. Bisa jadi dia tidak bisa fokus dan bersemangat dalam keadaan sendiri.

Bagi extrovert, dalam bekerja mereka senang secara team / kelompok, menurut meraka suasana yang selalu ramai adalah hal yang menyenangkan.

Untuk lebih tahu apa itu ekstovert, dapat kita baca pada artikel:

Kepribadian EXTROVERT. Ciri, Mitos Serta Profesi yang cocok.

APAKAH PENGERTIAN AMBIVERT?

Ambivert adalah kepribadian yang istimewa, ia seorang introvert dan juga bisa menjadi extrovert. Ada seseorang yang terlahir langsung dengan kepribadian ambivert. Umumnya seorang ambivert lebih cenderung mendominasi dari kelemahan introvert dan extrovert.Introvert Extrovert dan AmbivertNamun seiring bertambahnya usia, banyaknya proses kehidupan yang seseorang lewati. Seorang ambivert akan bisa mengendalikan potensi dan kelebihan yang ada pada diri mereka.

Di dalam hal ini setiap orang sebenarnya bisa seperti ini. Seseorang ambivert adalah mereka yang telah melalui berbagai lika-liku hidup dan berbagai pengalaman. Kelebihan dari keduanya bisa di optimalkan, tentu hal ini adalah hal yang sangat baik.

Ciri Ciri Kepribadian Ambivert.

Ambivert mempunyai kualitas si ekstrovert. Tapi juga memiliki ciri-ciri si introvert. Kadang menjadi si ekstrovert yang senang sosialisasi. Kadang menjadi si introvert yang suka dengan privasi.

Ciri-ciri seseorang memiliki kepribadian ambivert adalah seperti berikut:

  1. Nyaman berada di tengah kerumunan
  2. Gerah bila terlalu lama menyendiri
  3. Kepribadian berubah tergantung lawan bicara
  4. Terkadang Tertarik percakapan mendalam dan spesifik
  5. Tidak selalu diam
  6. Sulit memilih rencana akhir pekan

Kelebihan Yang Dimiliki oleh Seorang Ambivert.

Ambivert memiliki sisi kepribadian introvert dan extrovert yang seimbang. Dengan demikian seseorang yang ambivert cenderung merasa nyaman dengan kondisi yang penuh dengan interaksi social. Mereka juga dapat menikmati kondisi saat mereka sendirian atau jauh dari keramaian.

Dengan adanya dua sisi kepribadian yang ada di dalam diri mereka, kelebihan diantara keduanya dapat dioptimalkan. Seorang ambivert lebih berhasil dalam menjalani kehidupan bersosial.

Kelebihan yang dimiliki oleh orang ambivert:

  1. Bisa menyesuaikan diri
  2. Bisa mengerjakan proyek kelompok atau individu
  3. Ambivert adalah seorang yang berpotensi sebagai pemimpin

Untuk lebih tahu apa itu Ambivert, dapat kita baca pada artikel:

Apa itu Kepribadian AMBIVERT? Ciri dan kelebihan seorang AMBIVERT.

Introvert Extrovert dan Ambivert.

Introvert Extrovert and ambivert

  • Pandangan pada sebagian budaya masyarakat menganggap tipe ekstrovert cenderung lebih disukai daripada introvert.
  • Masyarakat umum beranggapan bahwa mereka yang introvert memiliki kesehatan mental. Dan kehidupan yang kurang baik dibandingkan ekstrovert.

Namun hal itu tidak sepenuhnya benar. Karena tipe kepribadian introvert cenderung sama seimbangnya dalam hal kesehatan mental dan kehidupan dengan tipe ekstrovert.

Tetapi, terlepas dari itu, seorang introvert berhak mengembangkan kepribadiannya dan meraih kebahagiaannya. Kebahagian orang introvert bisa saja berbeda bentuknya dengan kebahagiaan menurut ekstrovert. Sehingga seorang introvert tidak perlu merasa rendah diri.

Menurut pendapat pakar, mereka mengungkapkan bahwa tiap orang memiliki salah satu tipe kepribadian. Apakah itu Introvert Extrovert dan Ambivert. Tetapi mungkin butuh waktu untuk mengetahui apa tipe kepribadian sesungguhnya.

Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa tiap orang memiliki gabungan sisi ekstrovert dan sisi introvert dalam dirinya. Meski salah satu sisi akan terlihat lebih dominan. Apakah itu Introvert Extrovert dan Ambivert? Semuanya baik-baik saja.

Jika kita merasa bukan seorang Introvert Extrovert dan Ambivert pada tingkatan ekstrem dalam skala kepribadian kita. Bisa saja kepribadian kita bergeser tergantung kepada tahap kehidupan yang kita jalani. Hal inilah yang dinamankan pembelajaran hidup.

Jika seseorang telah banyak belajar dari perjalanan dan pelajaran kehidupan yang mereka lalui, akan ada sikap dimana kedewasaan itu muncul. Seseorang yang sudah terbiasa akan siap menajalani kehidupan apapun sesuai dengan keadaannya.

Apakah kita masuk di kategori Introvert Extrovert dan Ambivert?

Namun kadang kala kita gundah dan stress karena masuk pada kategori Introvert Extrovert dan Ambivert. Dan kita tidak tahu akan kemana kita berbagi cerita. Kita bisa saja melakukan curhat secara online. Tempat curhat online yang bisa kita gunakan adalah di PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Kita bisa berbagi cerita kepada Psikolog berpengalaman pada bidangnya. PsyLine.id adalah sebuah situs Psikologi Online Indonesia yang membantu kita yang membutuhkan. PsyLine.id  menjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu kita menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya? dan 14 cara mengobatinya.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan