Gaya Hidup Pria Metroseksual. Kenali juga ciri Pria Metroseksual.

Diposting: 9 Mei 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 9094 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Apa itu Gaya Hidup Pria Metroseksual? Siapakah  pria metroseksual? Apakah anda tipe pria yang suka merawat diri dan memperhatikan penampilan? Apakah hal itu anda lakukan untuk menunjang karir atau hanya kepuasan batin? Benarkah metroseksual itu sebuah gaya hidup?

Suatu ketika saya berpapasan dengan rombongan pria yang baru keluar dari kantor, kira-kira waktu makan siang. Kalau dilihat dari wajah mereka, ketampanan itu relatif ya! Tetapi mereka punya kesamaan, yaitu rapi dan wangi. Semua asseroris yang dikenakan dari kemeja, celana, jam tangan sampai sepatu sangat terseleksi sehingga tampak pas.

Tetapi berpenampilan “manis”, tidaklah harus diasosiasikan gay atau homoseksual, lho! Tak bisa dipungkiri arus modernisasi dunia membuat pria juga dituntut rapi dan bersih. Tidak benar jika Gaya Hidup Pria Metroseksual disamakan dengan Homoseksual atau gay.

Dalam wikipedia  Istilah metroseksual dipelopori oleh artikel yang ditulis oleh seorang wartawan bernama Mark Simpson. Artikelnya diterbitkan pada tanggal 15 November 1994, di harian The Independent.

Simpson menulis:

“Gaya Hidup Pria Metroseksual, pria lajang belia dengan pendapatan berlebih, hidup dan bekerja di kawasan perkotaan (karena disitulah toko-toko terbaik tersedia). Mereka mungkin adalah pasar produk konsumen yang paling menjanjikan pada dekade ini. Pada dekade 80-an pria seperti ini hanya dapat ditemukan di dalam majalah fashion. Seperti GQ atau dalam iklan televisi jeans Levi’s. Atau dalam bar gay. Pada dekade 90-an, mereka ada di mana-mana dan mereka juga gemar berbelanja.”

Gaya Hidup Pria Metroseksual.

Gaya Hidup Pria Metroseksual ini berkait erat dengan konsumerisme, kapitalisme dan bahkan dengan perilaku narsisme. Pria metroseksual menaruh perhatian lebih kepada penampilannya. Mereka cenderung memiliki kepekaan mode dan memilih pakaian berkualitas atau bermerek. Mereka Juga memiliki kebiasan merawat diri (grooming).

Mereka gemar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang dahulu lazim dikaitkan dengan kaum perempuan. Misalnya menyukai kosmetik untuk pria, pergi ke salon atau spa, atau melakukan perawatan tubuh seperti perawatan rambut, kuku dan kulit.

Karena Gaya Hidup Pria Metroseksual ini merupakan pasar potensial bagi berbagai produk yang dikhususkan bagi kaum pria. Konsep Gaya Hidup Pria Metroseksual menjadi penting dalam industri fashion dan kosmetik pria. Gaya Hidup Pria Metroseksual juga penting dalam dunia pemasaran dan periklanan.

Ciri-ciri Gaya Hidup Pria Metroseksual.

Ciri Gaya Hidup Pria Metroseksual

Anda adalah pria metroseksual apabila memiliki ciri-ciri di bawah ini:

  1. Menurut Askmen (2005),

      1. Figur fisik ukuran 70kg/180cm adalah ukuran ideal bagi para pria metroseksual.
      2. Umumnya pria metroseksual mempunyai sifat romantis, realistis, loyal, berfikiran terbuka, dan  easy going.
      3. Pria meteroseksual adalah pekerja keras, tetapi tidak melupakan kesenangan hidup.
      4. Pria metroseksual terkenal “cantik”, wangi, pesolek, percaya diri, tampan,  dan matang baik secara ekonomi, mental, perilaku, maupun secara  penampilan.
  2. Menurut Kartajaya dkk (2004),

    Ciri-ciri pria metroseksual yang lain dikemukakan oleh yaitu :

      1. Pada umumnya hidup dan tinggal di kota besar di mana hal ini tentu saja berkaitan dengan kesempatan akses informasi, pergaulan, dan gaya hidup yang dijalani. Hal ini tentu secara jelas akan mempengaruhi keberadaan mereka.
      2. Berasal dari kalangan berada dan memiliki banyak uang karena banyaknya materi yang dibutuhkan sebagai penunjang gaya hidup yang dijalani.
      3. Memilih gaya hidup urban dan hedonis.
      4. Secara intens mengikuti perkembangan fesyen di majalah-majalah mode pria. Agar dapat mengetahui perkembangan fesyen terakhir yang mudah diikuti.
      5. Umumnya memiliki penampilan yang klimis,  dandy dan sangat memperhatikan penampilan serta perawatan tubuh.
  3. Berbelanja dianggap sebagai suatu kesenangan hidup.

    Bagi mereka bukan hanya sekadar untuk memenuhi kebutuhan hidup.

  4. Tingkat kepercayaan diri amat tinggi.

  5. Mengekspresikan faktor sensualitas dengan lebih lembut.

    Hal ini dilakukan baik terhadap wanita maupun terhadap sesama pria.

  6. Mendominasi pergaulan.

    Kebanyakan selalu lebih mendominasi dalam pergaulan dengan teman-temannya.

  7. Mempunyai sikap yang tidak setuju tentang keterbatasan gender.

    Tidak seperti pada pria umumnya yang lebih otoriter dan membedakan status.

  8. Memiliki sisi feminin yang leibh menonjol daripada sisi maskulinnya.

  9. Mempunyai sifat introspektif sehingga lebih intuitif.

  10. Merasa nyaman dengan sifat maskulinitasnya.

    Mereka cenderung tidak merasa terancam terhadap pandangan orang luar.

  11. Selalu dikelilingi wanita-wanita.

    Tanpa ada dorongan berlebih untuk berhubungan seks tentunya.

  12. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan interpersonal yang sempurna.

  13. Perfeksionis.

  14. Sangat sensitif dan mengerti betul perasaan wanita.

  15. Rajin ke salon dan pusat – pusat kebugaran.

  16. Mampu berbelanja selama berjam-jam tanpa merasa lelah.

Penyebab kemunculan Gaya Hidup Pria Metroseksual.

men magazine Gaya Hidup Pria Metroseksual

Menurut Kartajaya (2004) kemunculan pria metroseksual disebabkan oleh :

  1. Makin banyak wanita yang bekerja.

    Kehadiran wanita karier di tempat kerja yang sebelumnya lebih banyak didominasi kaum pria. Hal itu tentu menuntut rekan prianya untuk juga menjaga penampilan. Misalnya dengan berbusana rapi, bertubuh bugar, dan berbau harum.

  2. Proporsi pekerja kantor yang terus  bertambah.

    Semakin banyak pekerjaan, sehingga membuat pria dituntut tampil menarik. Kita akan  lebih tertarik berbisnis dengan seseorang yang berpakaian rapi daripada sebaliknya.

  3. Peranan wanita sebagai pasangan  pria metroseksual.

    Para wanita memperhatikan penampilan pasangannya agar terlihat menarik seperti para wanita tersebut.

  4. Kehadiran majalah-majalah pria.

    Majalah pria seperti FHM, Maxim, GQ, Esquire  serta Popular dan Male Emporium di Indonesia. Majalah tersebut terus menambah jumlah halaman fashion mereka. Menampilkan gambar-gambar pria dengan tubuh yang ideal dan mengenakan busana dari perancang ternama yang sedang digemari pada saat ini.

Sisi positif Gaya Hidup Pria Metroseksual yang disukai wanita.

Kebiasaan pria metroseksual yang suka memperhatikan penampilan membuat perasaan mereka menjadi lebih lembut. Berbeda dengan pria lain yang sama sekali tidak terlalu peduli dengan penampilan.

Sisi positif Gaya Hidup pria metroseksual yang disukai wanita

Pria yang cuek akan penampilannya lebih cenderung berkarakter macho dan keras. Jadi sebagian wanita tidak menganggap aneh tipe pria metroseksual karena meraka malah memiliki kelebihan di mata wanita.

Sisi positif pria metroseksual di mata wanita diantaranya:

  1. Pria metroseksual enak dipandang.

    Pria metroseksual dianggap memiliki penampilan yang good Looking. Hal itu menambah nilai percaya diri wanita saat menggandeng pria tipe ini.

  2. Mudah diterima dalam pergaulan.

    Ia  mudah diterima oleh teman-teman dan juga keluarga pihak wanita karena penampilannya yang rapi dibanding dengan pria urakan dan cuek.

  3. Asik diajak hang out.

    Pria tipe ini dianggap bisa menjadi teman saat harus diajak berbelanja atau ke salon. Karena mereka tidak akan keberatan untuk menemani pasangannya karena sama-sama punya hobi yang sama.

  4. Mengerti tentang trend mode kekinian.

    Pria dengan penampilan yang modis dianggap akan memiliki pengetahuan luas tentang model atau trend terkini. Sehingga sangat cocok diajak untuk berdiskusi tentang fesyen-fesyen kekinian.

Sisi negatif Gaya Hidup Pria Metroseksual yang tidak disukai wanita:

Sebagian wanita tetap mengidolakan pria yang tidak banyak menghabiskan waktu utuk mengurus penampilannya. Wanita menganggap perilaku itu berlebihan.

Sisi negatif Gaya Hidup pria metroseksual yang disukai wanita

Berikut ini beberapa pandangan negatif wanita tentang pria metroseksual:

  1. Terlihat kurang Macho.

    Pria Metroseksual ini dianggap bukan tipe pria sejati karena kebiasaan berdandan akan membuat mereka tampak lebih feminis. Selain itu mereka biasanya dicap sebagai kawanan yang memiliki masalah seksual.

  2. Menuntut Pasangan Agar Modis.

    Pria metroseksual akan menuntut pasangan menjadi lebih modis. Tak jarang juga akan kerap mengkritik penampilan pasangan yang dianggap tidak menarik.

  3. Biaya Hidup Tinggi.

    Demi penampilan terbaik, pria metroseksual akan cenderung menjalani gaya hidup yang konsumeris untuk biaya-biaya perawatan dan pakaian yang tidak murah.

  4. Menimbulkan Stigma yang Kurang Baik.

    Tak ada yang salah memang dengan kebiasaan pria bersolek. Jika kebiasaan itu masih dalam tahap yang wajar untuk sekadar tetap tampil segar dan enak dipandang.  Hal yang dianggap tidak wajar adalah apabila kebiasaan berdandan tersebut dilakukan secara berlebihan. Hal itu dapat menimbulkan stigma yang tidak baik dari orang lain.

Fakta-fakta Gaya Hidup Pria Metroseksual di Korea Selatan.

Gaya Hidup Pria Metroseksual di kalangan militer

  1. Perawatan wajah.

    Penduduk pria Korea Selatan mengeluarkan uang sebesar 4 kali lipat dibanding penduduk pria Denmark yang menempati urutan kedua.

    Bukan cuma pria kelas menengah yang kini sibuk berdandan. Personil militer Negeri Ginseng pun rupanya aktif membeli pelembap kulit, lotion antipenuaan serta masker. Dan banyak produk kosmetik lainnya.

    Perusahaan kosmetik AmorePacific sampai mengeluarkan lini produk khusus buat tentara Korsel. Misalnya make up kamuflase yang natural, masker pemutih untuk digunakan sesudah latihan fisik rutin di luar ruangan, dan sebagainya.

  2. Operasi Plastik.

    Operasi plastik untuk ‘merenovasi’ wajah bukanlah hal tabu untuk dilakukan di Korea Selatan. Tak hanya perempuan saja, kaum pria di KoreaSelatan juga gemar melakukan operasi plastik. Kegemaran masyarakat Korea Selatan melakukan operasi plastik sudah menjadi viral dan hal yang biasa.

  3. Kosmetik terlaris.

    BB Krim dan lip balm adalah produk terlaris untuk make up para pria di negara ini. Selain karena teksturnya yang ringan BB krim banyak dipilih. Produk itu mampu meng-cover kekurangan pada wajah dan tidak menimbulkan kesan tebal atau menor.

    Beberapa pria ada juga yang memilih make up transparan untuk polesan wajah mereka. Seperti eyeliner dan pensil alis. Hal ini untuk menimbulkan kesan natural dan fresh di wajah mereka.

    Untuk bibir lip balm jadi pilihan, selain mencegah bibir kering lip balm juga memberi efek cerah dan bersih pada bibir. Setidaknya bagi perokok ini bisa membantu bibir mereka lebih terlihat menarik.

Dari beberapa padangan di atas dapat disimpulkan bahwa tipe pria metroseksual bukan berarti dianggap aneh oleh masyarakat apalagi wanita. Setiap wanita tentu memiliki kriteria pria yang dianggap menarik.

Demikianlah artikel tentang Gaya Hidup Pria Metroseksual dari PsyLine.id Psikologi Online yang dihimpun dari berbagai sumber.

Jadi pria seperti apakah anda? Hidup adalah pilihan.

Salam bahagia..

referensi:
Kartajaya, Hermawan., Yuswohady, Madyani, Dewi., Christynar, Mathilda., Indrio, Bembi Dwi (2004) Metrosexual in Venus; Pahami Perilakunya, Bidik Hatinya, Menangkan Pasarnya. Jakarta. Penerbit MarkPlus&Co.

Artikel sebelumnya membahas tentang: 14 Hobi yang Dapat Menghilangkan Stress. Agar Anda lebih Bahagia.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog