Hiperaktif melanda orang dewasa juga: kenali tandanya dan solusinya.

Diposting: 28 Mei 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 833 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

ADHD (attention-deficit/hyperactivity disorder) dewasa sendiri sebenarnya merupakan perkembangan dari ADHD anak. Dimana ketika pada masa anak-anak gagal terdiagnosa. Karena Hiperaktif melanda orang dewasa juga Sehingga menyebabkan gangguan tersebut terus berkembang hingga usia dewasa. Apakah anda sering merasa gelisah? Sulit fokus pada pekerjaan? Sering salah dalam menentukan pilihan?

Orang dewasa dengan ADHD mungkin memiliki kesulitan mengikuti perintah, mengingat informasi, berkonsentrasi, mengorganisir tugas, atau menyelesaikan pekerjaan dalam batas waktu.

Jika kesulitan-kesulitan tidak dikelola dengan tepat, dapat menyebabkan masalah perilaku, emosi, social. Seperti  kesulitan berinteraksi dengan orang lain, kurangnya kemampuan dalam melakukan kerja kelompok atau bersama. Hiperaktif melanda orang dewasa, Hingga tingginya sikap rendah diri yang dimiliki dan juga depresi kronis.

Anak yang hiperaktif mungkin sering kita dengar. Tetapi bagaimana kalau itu menimpa orang dewasa? Mungkin saja anda memiliki beberapa indikasi berperilaku hiperaktif.

Tetapi untuk memutuskan hal tersebut perlu dilakukan beberapa pedekatan oleh ahlinya. Dan kesadaran anda sendiri untuk memperbaiki perilaku tersebut.

ADHD merupakan kelainan mental yang membuat seseorang sulit mempertahankan perhatian dan bahkan berperilaku hiperaktif. Gejala ADHD tidak hanya dialami oleh anak-anak, seringkali gejala tersebut tetap ada seiring anak tersebut bertambah dewasa.

Hiperaktif melanda orang dewasa

Sekitar 40 persen orang dewasa mengalami gangguan perilaku ADHD dan banyak lainnya yang tidak pernah didiagnosa. Sekitar setengah dari anak-anak dengan ADHD masih mengalami gangguan perilaku tersebut hingga dewasa.

Tanda Hiperaktif melanda orang dewasa.

  1. Mudah gelisah

    Jika anak-anak dengan ADHD bisa terlalu energik, maka orang dewasa dengan ADHD hanya merasa tegang atau gelisah.

    “Orang dewasa tidak menunjukkan tanda-tanda yang lebih jelas seperti berlari dan melompat. Hiperaktif disajikan lebih halus dalam bentuk kegelisahan.” Kata Colette de Marneffe, PhD, psikolog klinis di Silver Spring, Md.

  2. Memiliki anak dengan ADHD

    ADHD memiliki komponen genetik. Ketika salah satu anggota keluarga mengalami ADHD. Ada kemungkinan 25 sampai 35 persen orang lain atau keturunan dalam keluarga mengalaminya juga. Hiperaktif melanda orang dewasa, menurut Attention Deficit Disorder Association.

  3. Memiliki masalah dalam menjalin hubungan

    “Seringkali orang dewasa dengan ADHD benar-benar mengalami kesulitan dengan transisi (hubungan asrama). Ketika hubungan menjadi lebih stabil dan dapat diprediksi, konflik cenderung muncul.” jelas de Marneffe.

  4. Merokok

    Sekitar 40 persen dari orang dewasa dengan ADHD adalah perokok. Dibandingkan hanya 26 persen dari populasi umum. “Nikotin sangat efektif untuk banyak gejala ADHD. Itu karena mereka sering mulai mengalami lebih banyak masalah dengan fokus dan konsentrasi.” Kata Dr Wetzel.

    Orang dewasa dengan ADHD juga lebih mungkin untuk menggunakan alkohol dan obat lain pada usia lebih muda, dibandingkan orang tanpa ADHD.

  5. Punya masalah akademik seperti gejala ADHD pada anak

    Jika Anda mencurigai memiliki ADHD saat dewasa. Sejarah awal gejala ADHD seperti kesulitan duduk diam. Kesulitan memperhatikan guru dan berfokus pada saat usia sekolah. Juga bisa terjadi pada saat dewasa yaitu saat Anda bekerja. Hal ini dapat membantu mengkonfirmasikan diagnosa.

    Orang dewasa dengan ADHD mungkin memiliki riwayat pendidikan sekolah sbb:

    • Memiliki sejarah kinerja pendidikan miskin berprestasi
    • Melakukan pelanggaran disiplin sekolah lebih sering
    • Tidak naik kelas
    • Putus sekolah lebih sering
  6. Suka menunda pekerjaan atau mengalami kesulitan dalam kerja

    Orang dengan ADHD sering merasa cemas dan tidak dapat fokus. Hal inilah yang akhirnya membuat mereka tidak bisa konsentrasi. Hal yang kemudian membuatnya menunda-nunda pekerjaan.

    Orang dewasa dengan ADHD lebih mungkin untuk mengalami masalah pekerjaan sbb:

    • Sering berganti majikan dan berkinerja buruk,
    • Merasa tidak puas pada pekerjaan dan prestasi kerja lebih sedikit,
    • tergantung pada status kejiwaan.
  7. Sering mencari kegiatan yang menantang

    Orang dengan ADHD sering tertarik pada kegiatan yang ‘merangsang’. Mereka mungkin terlibat dalam perilaku berisiko, seperti mengemudi dengan kecepatan tinggi, perjudian dan bahkan perselingkuhan.

  8. Sering merasa kehilangan barang sehari-hari

    Orang dengan ADHD sering salah menaruhkan barang. Mereka sering kehilangan ponsel, dompet atau kunci. Dr Wetzel menggambarkan ADHD sebagai level kesadaran tak bertenaga.

  9. Temperamen atau pemarah

    Jika Anda sering cepat marah atau frustrasi, mungkin menjadi tanda ADHD. Perubahan suasana hati, rendah diri, dan pengendalian emosi yang buruk juga masalah umum.
    Orang dewasa dengan ADHD dapat mudah emosi atau terlibat dalam tindakan gegabah. Selain berpotensi merusak pekerjaan, hal tersebut juga dapat merugikan hubungan perkawinan dan hubungan sosial lainnya.

  10. Impulsif

    Orang dewasa dengan ADHD cenderung lebih impulsif (cepat bertindak secara tiba-tiba menurut gerak hati tanpa berpikir panjang dan menimbang konsekuensi). Contohnya tiba-tiba berhenti dari pekerjaan tanpa ada alasan yang jelas.
    Menurut sebuah survei, hanya separuh orang dewasa dengan ADHD mampu mempertahankan pekerjaan purnawaktu. Dibandingkan 72% pada orang dewasa tanpa gangguan. Ketika mereka memiliki pekerjaan, mereka cenderung mendapat gaji atau upah lebih rendah dari rekan-rekan mereka.

  11. Berantakan dan tidak dapat teratur

    Menjadi terorganisir adalah tantangan bagi orang dewasa dengan ADHD. Hal itu dikarenakan mereka mengalami kesulitan untuk itu dan cenderung berantakan dan tidak teratur.

  12. Tidak dapat bersantai

    Orang dewasa dengan ADHD jarang merasa santai karena begitu banyak hal yang mengambil alih kesadaran mereka.

  13. Pikiran mudah ‘berkelana’

    Misalnya Anda sedang melakukan percakapan dengan orang lain, tapi pikiran Anda mudah ‘berkelana’ dan melayang-layang. Ini membuat Anda kehilangan potongan percakapan.

  14. Ketidakpuasan umum

    Secara keseluruhan, ada perasaan ketidakpuasan umum pada orang dewasa penderita ADHD, sebuah perasaan mengganggu bahwa mereka tidak mencapai potensi mereka.

  15. Mengalami masalah-masalah sosial

    Orang dewasa dengan ADHD lebih mungkin untuk mengalami masalah sosial seperti memiliki status sosial ekonomi yang rendah. Atau melakukan pelanggaran mengemudi seperti ngebut atau kebiasaan mengemudi yang tidak lazim. Bisa juga menggunakan minuman dan obat terlarang, merokok, atau memiliki masalah psikologis lainnya.

Penyebab hiperaktif Melanda Orang Dewasa

Banyak faktor yang diyakini berpotensi meningkatkan resiko ADHD.

Hiperaktif melanda orang dewasa

Beberapa di antaranya yaitu:

  • Riwayat keluarga atau kerabat yang juga memiliki ADHD atau gangguan kesehatan mental lain.
  • Wanita yang merokok, mengonsumsi alkohol atau obat-obatan tertentu selama masa kehamilan beresiko melahirkan bayi yang memiliki ADHD.
  • Ibu hamil yang terkena polusi—seperti racun Polychlorinated biphenyls (PCBs) menyebabkan bayinya beresiko terkena ADHD atau Anda terkena racun PCBs sewaktu masih kecil, racun ini biasanya terdapat di cat dan pipa bangunan tua.
  • Seseorang yang dilahirkan prematur cenderung memiliki ADHD.

Keempat faktor di atas masih berupa dugaan, karena penyebab ADHD yang sesungguhnya belum diketahui dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut.

Memperbaiki gejala hiperaktif Melanda orang dewasa

Apabila tanda-tanda hiperaktif di atas ada pada diri anda, silahkan mendatangi ahlinya untuk melakukan upaya perbaikan. Beberapa langkah berikut ini bisa meringankan gejala tersebut:

  1. Menenangkan diri dan memperhatikan asupan makanan

    Obat cenderung hanya membantu gejala seperti perhatian, konsentrasi dan fokus. Yang meninggalkan gejala seperti disorganisasi, penundaan, dan impulsif yang tidak diobati.

    Ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk membantu diri Anda sendiri. Cobalah yoga untuk menenangkan atau kelas meditasi. Makan makanan sehat secara teratur dan memperbaiki pola makan Anda. Latihan setiap hari dan mempertimbangkan saran penganggaran jika Anda memiliki kesulitan mengelola uang Anda.

  2. Buat daftar tugas harian

    Hal ini dapat menjadi tantangan nyata untuk terfokus ketika Anda memiliki gangguan di jalan. Download aplikasi di ponsel atau tablet atau membawa buku catatan dan pena di saku Anda. Atau mendokumentasikan semua hal yang perlu Anda lakukan.

    Memprioritaskan tugas-tugas dan bertujuan untuk mendapatkan fokus melalui sejumlah rutinitas tertentu setiap hari. Jika tugas dapat dilakukan dalam dua menit atau kurang maka lakukan sekarang, daripada meninggalkannya untuk nanti.

  3. Menikmati udara segar dan hangatnya matahari

    Menjadi aktif di luar ruangan setiap hari membantu mengurangi hiperaktivitas dan kurangnya perhatian. Semakin kuat dan menyenangkan aktivitas, semakin efektif  pembakaran kelebihan energi dan perasaan agresi.

    Olahraga juga membantu menghilangkan stres dan sulit tidur serta baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan.

  4. Makan teratur

    Jangan menunggu sampai Anda sangat kelaparan untuk makan. Jadwal rutin waktu makan dan menjaga makanan ringan sehat dalam jangkauan. Makanan sehat yang mencakup banyak sayuran dan karbohidrat kompleks. Seperti roti gandum menyediakan energi dan kadar gula lebih stabil dalam darah. Hal itu yang meningkatkan kesehatan emosional Anda dan mengurangi hiperaktivitas.

  5. Terlalu banyak gula dan kekurangan zat besi dan seng dapat meningkatkan hiperaktif.

    Diet tinggi makanan olahan dan minuman ringan dapat menyebabkan puncak dan palung gula darah, dan memicu periode hiperaktif.

    Kekurangan beberapa vitamin seperti zat besi, dan seng dapat meningkatkan tingkat apatis dan kelelahan. Sedangkan penelitian belum menemukan hubungan antara gejala ADHD dan pengawet, perasa buatan, atau pewarna buatan. Beberapa penelitian kecil telah melaporkan efek kecil.

    Efek menjanjikan juga telah mencatat magnesium, vitamin B6 dan suplemen L-karnitin; Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan. Bicarakan dengan dokter Anda tentang dosis yang terbaik untuk Anda jika Anda ingin mengkonsumsi suplemen.

  6. Minyak ikan membantu Anda focus

    Asam lemak omega-3 telah terbukti untuk meningkatkan perilaku dan prestasi akademik pada beberapa orang dengan ADHD. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan dalam makanan seperti salmon, tuna, sarden, walnut, biji rami dan minyak canola.

    Suplemen minyak ikan adalah cara mudah untuk meningkatkan asupan omega-3. Hiperaktif melanda orang dewasa tetapi memeriksa dosis yang terbaik untuk Anda dengan dokter Anda terlebih dahulu.

  7. Konsumsi minuman herbal

    Secangkir teh herbal hangat yang menenangkan dapat menjadi cara yang baik untuk angin di malam hari setelah hari yang menegangkan. Beberapa tumbuhan memiliki sifat menenangkan dan dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan kualitas tidur. Seperti Valerian, chamomile Romawi, lemon balm dan passionflower semua herbal dengan efek menenangkan.

    Namun Herbal juga masih memiliki efek samping dan potensi untuk berinteraksi dengan beberapa obat-obatan. Hiperaktif melanda orang dewasa sehingga selalu meminta dokter Anda sebelum mengkonsumsi suplemen herbal.

  8. Hindari tidur larut malam

    Anda mungkin sudah mengetahu begadang semalaman tidak membantu jika Anda memiliki ADHD. Kurang tidur dapat mengurangi kemampuan Anda untuk mengatasi stres atau mempertahankan fokus pada siang hari.

    Penelitian telah menunjukkan bahwa skor kurangnya perhatian pada orang dengan ADHD berkorelasi dengan kantuk berlebihan di siang hari.

    Untuk meningkatkan tidur Anda:

      • Latihan sehari-hari (tetapi tidak dalam waktu satu jam dari waktu tidur);
      • menghindari kafein di malam hari,
      • Membuat rencana rutinitas sebelum tidur (seperti mandi, mendengarkan musik menenangkan),
      • Tidur dan bangun dengan waktu yang teratur, bahkan di akhir pekan.

    Baca Juga:

    10 Manfaat tidur siang untuk kesehatan jiwa anak dan dewasa.

Perilaku hiperaktif bisa dalam taraf ringan sampai parah dan dapat bervariasi. Dengan mengenali tanda-tandanya sejak dini anda dapat lebih awal pula mengupayakan perbaikan untuk kebaikan anda. Hiperaktif melanda orang dewasa dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Psikologi Lingkungan: Mari Kita Berpaling dari Mall.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog