Kenali 10 Tanda-tanda Anak Korban Bullying di Sekolah

Diposting: 28 Juli 2017 | Kategori Artikel: Pendidikan & Anak

Dilihat: 1011 kali.

Penulis: Wulan Arumbi

Korban bullying terkadang tidak punya keberanian untuk melaporkan kepada orang lain bahwa ia menjadi korban. Ketakutan dan acaman dari pihak lain membuatnya tidak punya pilihan. Selain diam dan menerima perlakua yang tidak menyenangkan tersebut. Kenali 10 Tanda-tanda Anak Korban Bullying.

Kenali 10 Tanda-tanda Anak Korban Bullying

Baca Juga:

Apa itu Bullying? Kenali Tanda dan Cara Pecegahannya.

10 Cara Hindari Bullying untuk Anak Agar Terhindar Dari Bullying.

Kenali 10 Tanda-tanda Anak Korban Bullying

Lalu bagaimana kita sebagai orangtua bisa mengenali tanda-tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres pada anak. Perhatikan perilaku anak berikut ini:

  1. Tanda-tanda Anak Korban Bullying adalah Perilaku anak berubah

    Apabila biasanya anak kita periang, tiba-tiba dalam beberapa hari mendadak pendiam, murung, selalu ingin sendiri. Atau sebaliknya yang biasanya pendiam mulai muncul keluhan, perubahan perilaku dan emosi.

    Hal itu akibat stres yang ia hadapi karena mengalami perilaku bullying (anak sebagai korban). Maka kita perlu mendekati anak dan menunjukkan dukungan lebih agar persoalannya segera tertangani.

  2. Orangtua mendapat Laporan dari orang lain

    Orangtua yang aktif dalam kegiatan walimurid di sekolah, akan lebih mudah mendapatkan informasi. Baik itu dari sesama walimurid ataupun guru tentang kondisi anak maupun lingkungan sekolah.

    Termasuk apabila terjadi tanda-tanda bullying akan segera terdeteksi sejak awal. Apabila kita mendapat Laporan dari guru, teman, atau pengasuh anak mengenai tindakan bullying yang terjadi.

    Mengenal lebih dekat siapa saja teman anak juga akan memperkecil tindakan bullying di sekolah. Jadi anggaplah teman-teman anak juga seperti anak sendiri agar tercipta rasa kekeluargaan dalam lingkungan anak di sekolah. Sehingga jika ada peristiwa buruk yang menimpa anak kita di sekolah, kita akan lebih cepat tahu.

  3. Tanda-tanda Anak Korban Bullying: Sering bolos

    Tanda-tanda Anak Korban Bullying
    Apabila anak menunjukkan perilaku enggan untuk pergi sekolah tanpa alasan yang jelas dalam beberapa hari. Maka perlu pendekatan agar ia terbuka untuk mengatakan sebenarnya apa yang ia rasakan.

    Berikan perhatian lebih dan tunjukkan kalau anda akan memberikan perlindungan terbaik untuk apapun masalah yang menimpa anak anda.

  4. Sering sakit secara tiba-tiba

    Untuk anak yang sulit terbuka kepada orangtua akan masalah yang menimpanya, memang akan lebih menyulitkan.

    Alasan tidak masuk karena sakit, sering dijadikan alasan kalau bullying terjadi di lingkungan sekolah. Mengeluh sakit akan lebih mudah dan tidak menimbulkan banyak konfrontasi dengan orangtua dan guru untuk lolos dari masuk sekolah.

  5. Prestasi menurun

    Apabila ketidaknyamanan di sekolah yang diakibatkan oleh bullying dalam jangka lama. Hal itu bisa menurunkan prestasi anak  menjadi salah satu pertanda anak Anda sedang mengalami bullying.

    Sebaiknya anda mulai jeli untuk lebih banyak mendengarkan apa isi hati anak. Jangan sampai ia merasa malu dan enggan menceritakan kesulitannya kepada orangtua.

  6. Barang yang dimiliki hilang atau rusak

    Tanda-tanda Anak Korban Bullying
    Bila setiap hari ada saja barang-barangnya yang hilang atau rusak. Perlu Anda tanyakan pada teman-teman atau guru pembimbingnya di kelas bagaimana perilaku anak kita di sekolah. Apakah memang anak kita yang teledor, ataukah ada teman yang jahil terhadap anak kita.

    Kalau memang anak kita tidak jujur pada kita. Minta tolonglah guru agar lebih mengamatinya selama di sekolah.

  7. Sering mimpi buruk

    Mimpi buruk atau sulit untuk terlelap pertanda ia merasakan ketidaknyamanan. Peristiwa yang menyakitkan akan selalu diingat sebelum terselesaikan.

    Menjelang tidur bisa menjadi saat yang tepat untuk mengobrol dengan anak. Sehingga terungkaplah kenapa ia merasa tidak nyaman.

  8. Tanda-tanda Anak Korban Bullying: Mudah marah

    Apabila rasa amarah dan benci semakin mudah meluap dan meningkat apabila ia berada di rumah. Bisa jadi di lingkungan sekolah ia merasa tertekan dan tak berdaya oleh seseorang.

    Hal ini jangan kita sikapi dengan ikut-ikutan marah. Tahan diri anda dan lihat situasi. Lebih fokuslah pada apa yang sebenarnya melatarbelakangi perubahan pada anak kita.

  9. Sulit memiliki teman

    apa itu bullying Tanda-tanda Anak Korban Bullying
    Mengenal teman baru dan menjalin persahabatan sangat sulit dilakukan. Hal itu terjadi jika anak kita pernah atau sedang mendapatkan perilaku tidak menyenangkan dari orang lain seperti bullying. Bila sebelumnya anak kita sangat supel tetapi tiba tiba menutup diri untuk mengenal teman baru. Maka perlu mendapat perhatian anda.

  10. Memiliki Luka tubuh

    Memiliki tanda fisik, seperti memar atau luka sepulang sekolah menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres pada anak kita. Kalau sebelumnya tidak ada konfirmasi dari pihak sekolah atau orangtua, maka carilah informasi secepatnya dengan kepala dingin tentunya.

Sesibuk apapun kita jangan lupakan untuk berkomunikasi dengan anak tentang apapun yang dirasakannya di lingkungan luar rumah. Sehingga jangan sampai anak kita menjadi korban atau malah menjadi pelaku bullying tanpa sepengetahuan kita.

Namun Apabila Anda memiliki masalah dengan masalah Bullying dan ingin berbagi curahan hati namun bingung harus curhat kepada siapa. Anda dapat Konsultasi di PSYLine.id. Psikologi Online Indonesia.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Asa atau Harapan adalah Penangkal Bunuh Diri yang Paling Ampuh.

Tentang Penulis

Wulan Arumbi

Seorang Guru dan ibu bahagia yang selalu ingin belajar.
Lulusan Fakultas Sastra Universitas Sebelas Maret Solo.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog