Konsultasi Gratis
Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Event Psikologi, Pendidikan & Anak | 113 Views

Rubrik Psikologi TVRI: Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online

7 Oktober 2017 | Penulis: Bayu Lebond

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia. Edisi 7 Oktober 2017

Mengamati pertumbuhan ekonomi yang tampak melambat dalam lima tahun terahir, sepertinya berbanding kebalik dengan pertumbuhan industry e-commerce di Indonesia. Kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di tanah air adalah yang berskala kecil dan menengah seperti UKM. Seperti yang kita ketahui, bisnis UKM menjadi usaha yang paling tahan banting pada saat krisis ekonomi sedang terjadi.

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Chaerini Rusjdi, Riswandi S.Psi, Ian

Mentri Komunikasi dan Informatika berharap bahwa e-commerce dapat terus dikembangkan dan dapat mendukung perekonomian Indonesia. E-commerce diharapkan dapat menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2020 mendatang.

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Potensi industry e-commerce di Indonesia menurut data analisis, pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di Indonesia setiap tahun meningkat hingga mencapai 40%. Ada sekitar 93,4juta pengguna internet dan 71 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia.

Pemerintah Indonesia di era presiden joko widodo memiliki sebuah visi misi dalam sector ekonomi digital. Bagaimana tidak, Joko Wi menargetkat indonesia untuk menjadi kekuatan ekonomi digital di Asean pada tahun 2020 mendatang. Dengan proyeksi nilai transaksi e-commerce mencapai hingga 130juta usD pada tahun 2020 tersebut.

Visi misi ini terlihat ambisius, namun pemerintah memiliki dasar yang kuat dalam mencanangkan target ini. Faktanya, bahwa perilaku masyarakat Indonesia sangat berorientasi dengan internet. Menurut data APJII (Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia) menyebutkan, bahwa pengguna internet di Indonesia berada di kisaran 52%. Dan sebagian besarnya diantaranya mengases internet secara mobile selama 4 jam perhari. Lebih jauh saat ini terdapat 370juta kartu sim aktif di Indonesia. Jauh lebih besar dari populasi Indonesia yang sudah hampir mencapai 270juta penduduk.

Nah bagaimana dengan layanan psikologi Indonesia? Apakah akan juga terjadi digitalisasi dalam layanan psikologi? Nah terkait dengan hal tersebut, maka dalam episode rubric psikologi tvri kali ini akan membahas tema tentang Layanan Psikologi Digital.

Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Segmen 1

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Riswandi, Founder dan CEO PSYLine.id

Dalam episode kali ini, Rubrik Psikologi TVRI mendatangkan Riswandi S.Psi CEO dan Founder PSYLine.id sebagai pelaku bisnis Psikologi Digital. PSYLine.id adalah sebuah platform penyedia layanan psikologi berbasis internet.

“Simplenya adalah ketika saat semuanya harus berubah, maka kita juga harus mengikuti perubahan itu sendiri.” Jelas Riswandi. ”Saat ini semuanya sudah mulai berubah. Masyarakat menuntut semuanya serba cepat dan efisien. Nah untuk itu, PSYLine hadir untuk menjawab tantangan perubahan itu.”

Menurut Riswandi, Layanan Psikologi Digital di Negara maju seperti Amerika adalah hal yang lumrah. PSYLine itu hanya merubah How, bukan What atau Who. Jadi, Layanan Psikologi Digital PSYLine hanya mengikuti perkembangan dengan merubah Cara bentuk layanan bukan merubah subyek.

Riswandi juga menyadari bahwa Layanan Psikologi Digital PSYLine terdapat dampak-dampak dari Layanan Psikologi Digital ini. Namun, PSYLine akan terus melakukan perbaikan dari segi layanan, SDM dan teknologi.

Segmen 2

Pada sekmen ke-2, Host Rubrik Psikologi TVRI, Mbak Chaerini Rusjdi juga mengundang narasumber lain. Narasumber yang sudah menggunakan layanan psikologi digital PSYLine. Yang bernama Tri Komaryani atau sering dipanggil Ian.

Rubrik Psikologi TVRI Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia

Tri Komaryani (Ian) Pengguna PSYLine.id

Menurut Ian, beliau sebagai Ibu muda dengan 2 orang anak sangat terbantu dengan adanya PSYLine. Beliau merasakan kemudahan akan menyalurkan/me-release permasalahannya.

“Saya seorang yang pemalu, sehingga untuk bertatap muka langsung dengan Psikolog tidaklah mudah” Terang Ian. “Dengan adanya PSYLine, saya sangat terbantu karena selain mudah, murah, dan saya tidak harus keluar rumah untuk konsultasi.”

“Saya juga puas dengan jawaban dari PSikolog Profesional PSYLine walau hanya via teks” Imbuhnya lagi. Saat ditanya oleh host tentang kepuasan sebagai pelanggan. “Jawabannya cepat. Maksimal 2 hari saya sudah dapat jawabannya.”

Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online Indonesia Berbasis Internet

Riswandi menjelaskan bahwa PsyLine, singkatan dari Psychology Online, adalah sebuah wibsite. Yang menghubungkan seseorang yang memiliki permasalahan pribadi dengan Psikolog Profesional.

Psyline.id Konsultasi Psikologi Online Indonesia menyiapkan beberapa layanan yang dapat digunakan oleh masyarakat umum dengan berbasis internet. Jadi pengguna harus memiliki sambungan data internet untuk menggunakan layanan dari Psyline.id.

Macam Layanan PsyLine adalah:

  1. Conblog

    Conblog adalah kumpulan artikel yang telah disiapkan oleh tim penulis dari PsyLine. Tim penulis adalah oarng-orang yang berkopenten dibidangnya masing-masing. Banyak artikel yang bagus dan berguna untuk pengembangan diri, tips-tips psikologi dan artikel tentang permasalahan hidup sehari-hari.
    conblog.

  2. Comfort

    Comfort adalah media social yang menampung curhat dan memberikan feed back positif.

    Di dalam comfort, pengguna, yang kami sebut dengan PsyLiner, dapat mencurahkan isi hati dan permasalahannya. PsyLiner yang lainnya dapat memberikan masukan, saran dan tips ringan dengan feed back psositif dan bahasa yang santun. Bila ada PsyLiner yang memberikan feed back yang negative dan dengan bahasa yang kasar, Admin PsyLine,id berhak untuk menghapus. Baik menghapus komentas atau bahkan menghapus Akun PsyLiner negative tersebut.
    comfort.

  3. Context

    Tidak semua orang nyaman bertatap muka dan menceritakan masalahnya,dengan alasan malu atau tidak nyaman. Atau mereka bingung akan curhat kepada siapa. Akhirnya mereka lebih memilih memendam masalah sendiri dan  berdampak lebih serius.

    Context memberikan solusi untuk orang-orang yang memiliki latar belakang tersebut diatas. Konsultasi dalam Context adalah konsultasi psikologi online yang berbasis teks atau tulisan. Saat ini, PsyLine.id menyiapkan dua buah metode:

    • Konsultasi Via email.
      Terdapat 2 buah layanan konsultasi di dalamnya yaitu:
      Konsultsi Via Email Gratis.
      Konsultasi Via Email Berbayar.
      context.
    • Konsultasi Via Chat
      Khusus untuk konsultasi context sms adalah berbayar.
  4. Concall

    Adalah layanan Psikologi Digital PSYLine yang ditujukan untuk pengguna yang ingin bertatap muka langsung dengan Psikolog Profesional PSYLine. Namun tidak ada waktu untuk bertemu. Concall sedang dikembangkan teknologinya agar kedua belah pihak merasa aman dan nyaman.
    concall.

  5. ConFace

    Berbeda dengan layanan concall. Conface Adalah layanan Psikologi Digital PSYLine yang ditujukan untuk pengguna yang ingin bertemu langsung dengan Psikolog Profesional PSYLine. Bertemu dengan perjanjian dimana dan kapan. Sehingga Pengguna dan Psikolog Profesional PSYLine dapat menjadwal waktu yang pas bagi kedua belah pihak.
    conface.

Psikologi adalah sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia tidak hanya di kota besar. Bahkan pada daerah terpencilpun sangat membutuhkan. Namun, mereka bingung akan mencari psikolog di daerahnya. Fakta itulah maka Riswandi Alekhine berinisiatif membuat sebuah platform konsultasi psikologi berbasis internet.

Untuk menjadi member PSYLine juga sangat mudah. Seperti yang dijelaskan oleh Riswandi, bahwa untuk menjadi member cukup mengisi form yang ada pada website PSYLine.id.

Dan untuk kategori Psikologi yang bisa dikonsultasikan pada Psikolog Profesional PSYLine.id adalah:

  • Psikologi Klinis dan Kepribadian
  • Psikologi Pendidikan dan Anak
  • Psikologi Keluarga dan Pernikahan
  • Psikologi Cinta dan Remaja
  • Psikologi Karir dan Perusahaan

PSYLine hadir untuk mempermudah bagi masyarakat mendapatkan layanan konsultasi walaupun mereka ada di daerah pelosok. “Asalkan mereka meliliki dan konek pada internet, maka mereka dapat mendapatkan akses layanan Psikologi.” Kata Riswandi lagi. “Pada akhirnya, teknologi akan terus berkembang dan berubah. Bila kita tidak mengikuti perkembangan jaman, maka kita akan tertinggal.”

“Bahkan untuk mempermudah pengguna, PSYLine juga sudah ada dalam versi Androit yang bisa diunduh” Tambah Riswandi. Saat menerangkan Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online.

PSYLine.id versi Android.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Layanan Psikologi Digital PSYLine Psikologi Online, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan