Smartphone Membuat Kita jadi Bodoh? Mitos atau Fakta?

Diposting: 1 Juli 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 556 kali.

Penulis: Riswandi Alekhine

Saat ini hampir semua orang memiliki smartphone untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Apapun kebutuhannya, smartphone dapat menjadi alat bantu bagi manusia. Bahkan, untuk hal-hal yang diluar kebutuhan pun, smartphone dapat menjadi solusi yang luar biasa. Namun ada paradikma bahwa smartphone membuat kita jadi bodoh. Benarkah? Mitos atau Fakta?

Faktanya, biasanya kita sangat sulit untuk melepaskan smartphone jauh dari diri kita. Sering kali malah smartphone yang tertinggal membuat bad mood buruk sepanjang hari, karena kita sudah terbiasa dengan smartphone.

Mitos atau Fakta, Smartphone Membuat Kita jadi Bodoh?

Kebutuhan kita untuk berinteraksi secara sosial dengan cepat, membuat hal ini menjadi begitu penting. Padahal sebenarnya tidak semua hal tersebut juga penting-penting amat kan? Nah kondisi bagaimana manusia sulit melepaskan diri dari smartphone menjadi banyak bahan penelitian.

Studi yang terbaru dari University of Texas at Austin yang diterbitkan dalam jurnal association for consumer research. Penelitian tersebut menjelaskan bahwa kapasitas berpikir dan kemampuan otak secara keseluruhan secara signifikan menurun. Saat ketika smartphone berada dalam jarak pandang Kita meskipun dalam kondisi mati dan terbalik layarnya.

Smartphone Membuat kita jadi Bodoh

Bayangkan! Meskipun dalam kondisi tidak berfungsi pun, smartphone dapat membuat daya pikir menurun atau bodoh.

Selama penelitian, ditemukan bahwa kemampuan seseorang dalam menyimpan dan memproses data (kognitif) secara signifikan akan meningkat. Hal itu dikarenakan smartphone milikinya ditaruh diruangan yang berbeda saat melakukan tes.

Sedangkan, Peserta dalam penelitian yang menyimpan smartphone-nya dalam saku atau diatas meja, mendapatkan hasil tes dibawah standar yang diharapkan. Bahkan dengan meletakan smartphonenya dalam keadaan terbalik.

Nah untuk adik-adik yang dalam proses ujian nasional atau tes masuk perguruan tinggi, coba deh untuk meninggalkan smartphone-nya dirumah saja. Agar mendapatkan nilai yang lebih baik. Hal ini juga berlaku untuk kamu yang mungkin sedang mengerjakan tes masuk kerja. Atau tugas-tugas yang menuntut konsentrasi tinggi. Cobalah untuk tidak membawa smartphone-mu.

Secara sadar atau tidak, smartphone akan mengganggu proses kognitif di otak kita. Smartphone juga membuat kita kurang perform dalam mengerjakan sesuatu.

Faktanya, Smartphone membuat kita jadi bodoh!

Ada kutipan menarik tentang bagaimana bahayanya efek dari smartphone yang dapat membuat kita bodoh:

“Kita semua memahami kenikmatan dunia yang selalu terhubung  konektifitas. Tertawa, validasi sampai informasi.. Akan tetapi kita baru dalam permulaan untuk menjadikan otak kita sebagai biayanya.”

– Andrew Sullivan (2016) –

Smartphone juga bisa membuat kita menderita insomnia.

remaja dengan Smartphone

Baca artikelnya di:

Apa itu Insomnia? Apa Penyebabnya? dan 14 cara mengobatinya.

Semoga setelah membaca artikel dari PsyLine.id Psikologi Online Indonesia ini kita dapat sebuah pelajaran. Diharapkan kita dapat mengontrol bagaimana menggunakan smartphone-kita dengan lebih bijak. Agar tidak membuat kekuatan kognitif kita menurun. Apalagi jika dalam kondisi yang penting, seperti dalam ujian dan tes.

Semoga saja smartphone membuat kita lebih cerdas dengan banyak membaca informasi yang positif seperti artikel-artikel dalam Conblog (counseling by blog) psyline.id. Kita akan dapat menjadi lebih bahagia dengan curhat masalahmu dalam konsultasi psikologi online psyline.id.

Salam Bahagia!

Artikel sebelumnya membahas tetang:

Selfie dan Psikologi: Dampak Psikologi dilihat dari cara pengambilan Foto.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog