Penanganan dan Pengobatan HIPERAKTIF atau ADHD yang Tepat

Diposting: 29 November 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 10976 kali.

Penulis: Bayu Lebond

ADHD atau Attention Deficit Hyperactivity Disorder yang lebih sering dikenal dengan istilah hiperaktif. ADHD adalah gangguan jangka panjang yang menyerang jutaan anak dengan gejala-gejala yang dapat berlangsung hingga dewasa. Namun Penangana dan Pengobatan HIPERAKTIF atau ADHD tidaklah mudah.

HIPERAKTIF atau ADHD adalah sebuah gangguan pada perkembangan otak yang menyebabkan penderitanya menjadi hiperaktif, impulsif, serta susah memusatkan perhatian. Kondisi ini dulunya dikenal dengan ADD atau Attention Deficit Disorder.

Baca Juga:

HIPERAKTIF atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Gejala HIPERAKTIF atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

8 Faktor yang Diduga Menjadi Penyebab Hiperaktif atau ADHD.

Diagnosa Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

Penanganan dan Pengobatan Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Meski tidak bisa disembuhkan sepenuhnya, ada beberapa jenis terapi dan obat untuk penderita Hiperaktif atau ADHD yang dapat dipilih. Langkah-langkah penanganan ini dilakukan guna meringankan gejalanya saja. Sehingga penderita dapat menikmati hidup yang normal dan lebih berkualitas.

Kombinasi terapi dan obat umumnya merupakan langkah terbaik untuk menangani Penderita HIPERAKTIF atau ADHD.

Namun, tidak ada jalan pintas untuk menangani HIPERAKTIF atau ADHD. Dibutuhkan komitmen waktu, dan emosi. Serta finansial yang tidak sedikit untuk menemukan kombinasi metode penanganan ADHD yang tepat dan cocok untuk Anda atau anak Anda.

Penanganan dan Pengobatan Standar Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Penanganan standar untuk pengobatan HIPERAKTIF atau ADHD pada anak-anak mencakup pengobatan, edukasi, pelatihan, serta konseling psikologis. Penanganan dan pengobatan HIPERAKTIF atau ADHD tersebut adalah:

  1. Pengobatan

    Pengobatan dapat membantu tanda-tanda dan gejala inatensi dan hiperaktif.

  2. Yoga atau meditasi

    Kegiatan ini disinyalir dapat membantu anak-anak untuk rileks dan disiplin.

  3. Diet khusus

    • Kebanyakan diet untuk penderita HIPERAKTIF atau ADHD adalah menghindari makanan seperti gula dan alergen seperti gandum, susu dan telur.
    • Campuran yang terbuat dari vitamin, mikronutrien, dan kandungan lainnya yang dijual sebagai suplemen untuk anak-anak dengan ADHD.
    • Asam lemak penting seperti minyak omega-3 yang dibutuhkan otak untuk berfungsi dengan baik.
  4. Pelatihan neuro-feedback

    Pelatihan ini dapat membantu anak-anak menjaga pola gelombang otak tetap aktif pada bagian depan otak.

  5. Olahraga

    Olahraga akan memiliki efek positif pada perilaku anak-anak dengan ADHD jika disertai dengan pengobatan.

Penanganan dan Pengobatan Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder

Berikut penangan yang bisa dilakukan untuk penderita Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder:

  1. Penanganan Melalui Terapi

    Metode Terapi ini berguna untuk menangani gangguan-gangguan lain yang mungkin menyertai ADHD, misalnya depresi. Jenis-jenis terapi yang bisa menjadi pilihan meliputi:

    Terapi Untuk Penderita Hiperaktif atau ADHD

    • Terapi perilaku kognitif atau CBT (cognitive behavioural therapy)
      Terapi ini akan membantu penderita Hiperaktif atau ADHD untuk mengubah pola pikir dan perilaku saat menghadapi masalah atau situasi tertentu.
    • Terapi psikologi
      Penderita Hiperaktif atau ADHD akan diajak untuk berbagi cerita dalam terapi ini. Misalnya saat kesulitan mereka dalam mengatasi gejala-gejala ADHD. Atau mencari cara untuk mengatasi gejalanya.
    • Pelatihan interaksi sosial
      Jenis terapi ini dapat membantu penderita ADHD untuk memahami perilaku sosial yang layak dalam situasi tertentu. Orang-orang yang dekat dengan penderita ADHD seperti orang tua, saudara, serta guru juga membutuhkan pengetahuan. Pengetahuan yang dapat membimbing para penderita.

    Terapi Untuk Keluarga dan Orang disekitar Penderita Hiperaktif atau ADHD

    Berikut ini beberapa jenis terapi dan pelatihan yang mungkin dapat berguna:

    • Terapi perilaku
      Dalam terapi ini, orang tua serta perawat penderita ADHD akan dilatih untuk menyusun strategi. Terapi ini berguna untuk membantu si penderita dalam berperilaku sehari-hari dan mengatasi situasi yang sulit. Misalnya dengan menerapkan sistem pujian untuk menyemangati pasien.
    • Program pelatihan dan pengajaran untuk orang tua
      Selain membantu orang tua untuk lebih memahami perilaku penderita Hiperaktif atau ADHD. Langkah ini dapat memberikan gambaran tentang bimbingan spesifik yang dibutuhkan penderita.

    ADHD memang tidak bisa disembuhkan. Tapi diagnosis dan penanganan yang tepat sedini dapat membantu penderita untuk beradaptasi dengan kondisinya sekaligus kehidupan sehari-hari.

  2. Penanganan dengan Obat-obatan

    Meski tidak bisa menyembuhkan, obat-obatan dapat mengurangi gejala-gejala ADHD. Terdapat 5 jenis obat yang umumnya digunakan, yaitu methylphenidate, dexamfetamine, lisdexamfetamine atomoxetine, dan guanfacine. Dengan mengonsumsinya, obat-obat ini akan membuat penderita menjadi lebih tenang dan menurunkan sikap impulsif sehingga penderita bisa lebih fokus.
    Bagi remaja dan anak-anak yang tidak bisa menggunakan obat-obatan di atas, guanfacine akan menjadi alternatif. Obat ini berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi sekaligus menurunkan tekanan darah.

    Semua obat pasti memiliki efek samping, termasuk obat-obatan untuk Hiperaktif atau ADHD. Sejumlah efek samping yang umum terjadi saat menggunakannya adalah:

    • sakit kepala,
    • tidak nafsu makan,
    • dan gangguan pencernaan.

    Tetapi pengguna atomoxetine harus lebih waspada karena obat ini juga diduga dapat menimbulkan efek samping yang lebih serius. Yaitu memicu keinginan bunuh diri serta kerusakan hati.

Pasien yang sudah menjalani langkah penanganan sebaiknya memeriksakan diri secara rutin ke Psikolog dan dokter spisialis. Hal ini dilakukan sampai gejala-gejala ADHD berkurang secara signifikan. Setelah kondisinya membaik pun, pasien tetap dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan secara berkala.

Pengobatan Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi ADHD? Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi ADHD:

  1. Terapi perilaku

    Terapi ini membantu guru-guru dan orangtua mengerti strategi perubahan perilaku. Seperti sistem penghargaan dan batas waktu, untuk mengatasi situasi yang sulit.

  2. Psikoterapi

    Psikoterapi akan membantu anak-anak dengan ADHD yang lebih dewasa untuk membicarakan masalah yang mengganggu mereka. Juga untuk mengeksplor pola perilaku negatif, dan mengerti cara mengatasi gejala mereka.

  3. Pelatihan ketrampilan orangtua

    Pelatihan ini sangat penting karena akan membantu orangtua mengerti dan menuntun perilaku anak penderita Hiperaktif atau ADHD.

  4. Terapi keluarga

    Sama halnya dengan pelatihan ketrampilan. Terapi ini membantu keluarga dan saudara kandung mengatasi stress dari tinggal dengan seseorang yang memiliki Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder.

  5. Pelatihan ketrampilan social

    Pelatihan ini sangat membantu anak-anak penderita Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder mengerti perilaku sosial yang benar.

Warning..!

Artikel dari PsyLine.id Psikologi Online tentang Pengobatan Hiperaktif atau ADHD ini berupa memberikan informasi dasar tentang topik kesehatan mental.

Informasi dalam artikel ini hanya digunakan untuk penjelasan ilmiah

Bukan untuk diagnosis diri dan tidak dapat menggantikan diagnosis medis.

Informasi dalam artikel ini bukanlah resep atau nasihat medis.

PsyLine.id Psikologi Online Indonesia bukan pengganti dokter.

Jika Anda perlu bantuan atau hendak berobat berkonsultasilah dengan tenaga kesehatan mental profesional.

Salam Bahagia.

Dirangkum dari berbagai sumber.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Faktor Penyebab Hiperaktif atau ADHD Attention Deficit Hyperactivity Disorder, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog