Perencanaan Karir: Kenali Perusahaan yang Menjadi Targetmu

Diposting: 3 Desember 2017 | Kategori Artikel: Karir & Perusahaan

Dilihat: 554 kali.

Penulis: Hesti Nur Lestari, S.Psi, MM, Psikolog.

Statistik berubah setiap tahunnya, namun tetap saja, pilihan menjadi Karyawan atau Pegawai adalah pilihan yang menjadi mainstream. Pilihan yang paling banyak dipilih oleh fresh graduate dan dipandang sebagai jalan hidup yang paling ‘lazim’ dijalani. Kenali Perusahaan yang Menjadi Targetmu.

Bekerja sebagai karyawan atau pegawai (employee), yang bekerja untuk suatu employer adalah pilihan yang paling aman. Meskipun employer bisa berarti individu yang memberikan pekerjaan. Saat ini pada umumnya employer yang menjadi sasaran pencari kerja adalah suatu organisasi. organisasi yang dapat berupa:

  • Perusahaan di sini sebagai organisasi yang dibentuk untuk menjalankan kegiatan produksi dan/atau distribusi untuk mendapatkan keuntungan. Baik swasta maupun milik negara, baik yang berskala nasional ataupun multinasional. Baik yang berskala besar, menengah atau pun kecil.
  • Lembaga negara atau lembaga pemerintahan, termasuk lembaga kemiliteran.
  • Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) atau Non-Governmental Organization (NGO), baik yang berskala nasional maupun internasional.

Kenali Perusahaan yang Menjadi Targetmu

Berapa banyak lamaran sudah kamu kirimkan? Ke mana saja kamu sudah dan/atau berencana mengirimkan lamaran? Apakah kamu sudah memiliki gambaran yang jelas tentang organisasi yang menjadi ‘target employer‘ kamu itu?

Saya pernah bertemu dengan seorang fresh graduate. Dia yang setelah lulus kuliah mengirimkan lebih dari 120 surat lamaran, mengikuti 62 tes, 6 medical test, untuk akhirnya mendapatkan 1 pekerjaan. Ia mengirimkan lamaran ke setiap lowongan kerja yang ditemuinya. Di mana ia tidak selalu memiliki gambaran yang jelas tentang perusahaan atau institusi yang dikiriminya. Baik itu bidang bisnisnya, atau pun pekerjaan yang dilamarnya. Pokoknya kirim saja, namanya juga usaha.

Selanjutnya tinggal “menunggu nasib”, layaknya ikut undian berhadiah. Beberapa tahun kemudian, ia memutuskan untuk berganti pekerjaan dan menjalani siklus yang kurang lebih serupa untuk mencari pekerjaan baru. Bukankah itu proses yang melelahkan sekali?

Satu saran kecil untuk kamu yang ingin menempuh karir sebagai employee.

Sebelum kamu mengirimkan lamaran dan menjalani proses seleksi yang cukup melelahkan, alangkah baiknya kalau kamu melakukan ‘eksplorasi’ untuk mengetahui jalan-jalan masuk yang ingin dan bisa kamu tempuh.

Serta jangan lupa untuk merencanakan ‘strategi’ yang feasible. Hal itu berguna untuk mendapatkan pekerjaan idaman yang sesuai bagi kamu. Salah satu bentuk eksplorasi yang bisa kamu lakukan adalah Kenali Perusahaan yang Menjadi Targetmu. Mengenal organisasi-organisasi yang bisa menjadi ‘target employer‘ kamu juga sangat membatu mendapat pekerjaan yang kamu idamkan.

Salam Bahagia.

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Kenali Perusahaan yang Menjadi Targetmu, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Jenis dan Macam Gangguan Tidur atau Sleep Disorder.

Tentang Penulis

Hesti Nur Lestari, S.Psi, MM, Psikolog.

Psikolog lulusan Universitas Indonesia,
Magister Business Management dari IPMI International Business School
Konsultan, Trainer, Asesor, Konselor, Aktivis Sosial
Ibu yang bangga dari 3 anak keren, life-long learner & penikmat seni.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog