Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi

Diposting: 24 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Karir & Perusahaan

Dilihat: 21853 kali.

Penulis: Riswandi Alekhine

Mendengar kata psikologi, apa sih yang ada di benakmu? Ilmu perdukunan? Ilmu untuk Peramal? Tempat curhat? Orang yang bisa baca pikiran? Mungkin sebagian besar orang awam masih berpikiran bahwa psikologi adalah hal-hal yang saya sebutkan sebelumnya. Namun, apa sih sebenarnya psikologi itu? Dan apa Profesi yang cocok untuk lulusan Sarjana Psikologi?

Untuk lebih tahu tentang apa itu Psikologi, kita bisa membaca artikelnya di:

Apa Itu Psikologi?

Pengertian Psikologi, Apa Saja yang Dipelajari, dan Manfaatnya.

Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi

Perlu kamu ketahui bahwa untuk menjadi seorang Psikolog Professional, Kita harus menyelesaikan masa studi selama kurang lebih 4 tahun di Universitas. Kemudia Kita perlu melanjutkan studi ke jenjang S2 Profesi.

Namun, lulusan jenjang S1 Sarjana Psikologi dengan gelar S.Psi tetap memiliki prospek kerja yang sangat banyak! Kita bisa menekuni bidang kerja yang sesuai dengan minat kita, diantaranya:

  1. Konsultan

    Konsultan adalah salah satu Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi. Mahasiswa yang belajar ilmu perilaku manusia di bidang tertentu pastinya akan memiliki penguasaan lebih. Jika kita menekuni ilmu Psikologi Perkembangan, maka kita dapat memilih profesi sebagai konsultan. Baik konsultan perkembangan anak, remaja, ataupun dewasa.

    Jika kita menekuni ilmu Psikologi Klinis, kita tentu dapat menjadi konsultan permasalahan kesehatan mental ataupun gangguan kejiwaan.

  2. Konselor

    Jika kita senang berinteraksi dengan individu ataupun masyarakat, menjadi konselor merupakan pilihan yang tepat. Kita dapat menangani permasalahan individu ataupun masyarakat dengan metode konseling. Tentunya yang sudah diajarkan ketika menjalani perkuliahan. Sehingga permasalahan yang kamu tangani dapat terselesaikan dengan efektif.

    Menjadi Konselor Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi.

  3. Analis

    Keberatan dengan kurikulum 2017 yang dikeluarkan oleh pemerintah? Ingin membuat pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik? Jika kita berminat menekuni bidang pendidikan, menjadi seorang analis jadi pilihan yang tepat.

    Mahasiswa psikologi yang mempelajari proses perkembangan manusia sekaligus mempelajari Psikologi Pendidikan. Tentunya mampu melakukan analisis terhadap kebijakan kurikulum yang dibuat oleh pihak yang berwenang.

    Misalnya, apakah materi tertentu sudah sesuai jika harus diberikan kepada siswa tingkatan kelas tertentu. Atau sebenarnya untuk anak seusia SD, materi pelajaran apa yang sesuai untuk mendukung perkembangannya secara maksimal? Kita juga dapat melakukan analisis di bidang lain yang kita minati.

  4. Peneliti

    Apakah Kita Ingin membuktikan dugaan kita terkait fenomena dalam diri manusia yang terjadi? Dengan mendalami ilmu psikologi, kita dapat membuktikan hal-hal yang mungkin saat ini kamu percayai benar. Namun ternyata setelah dilakukan penelitian hasilnya salah.

    Misalnya, apakah benar jika golongan darah berpengaruh terhadap kepribadian manusia? Apakah bentuk hidung bisa berpengaruh dengan hubungan percintaan? Dan fenomena menarik lainnya.

    Jurusan psikologi mempelajari metode penelitian dan statistika secara mendalam. Sehingga para lulusannya pun diharapkan mampu untuk membuat penelitian-penelitian. Penelitian yang akan mendukung berkembangnya ilmu pengetahuan di Indonesia, bahkan dunia.

    Semua perusahaan pun sudah mempunya bidang R&D (Research and Development). R&D berfungsi untuk melakukan penelitian yang dapat berguna bagi perusahaan. Sehingga kita yang punya minat meneliti, memiliki lapangan kerja yang luas.

  5. HRD

    Jika kamu berminat untuk bekerja di bidang industri atau organisasi, nantinya kamu bisa mengambil posisi di HRD perusahaan apapun yang ada di dunia. Semua perusahaan pasti memiliki HRD untuk menjamin kesejahteraan karyawannya dan mengkondusifkan lingkungan kerja.

  6. Dosen

    Kita ingin mengabdi untuk dunia pendidikan? Atau ingin menyampaikan kembali ilmu yang sudah didapat kepada generasi berikutnya? Maka ini pilihan tepat.

    Tentunya kita harus menjalani proses belajar selama kurang lebih 4 tahun, disertai dengan masa studi S2. Maka kapasitas kita sudah pantas utuk menjadi seorang Dosen mata kuliah yang berkaitan dengan psikologi di Universitas.

    Kita hanya perlu untuk belajar menjadi seorang penyampai ajaran yang baik untuk mendukung ilmu yang sudah kita punya. Tentunya dengan semakin berkembangnya ilmu psikologi, institusi-institusi membutuhkan para pengajar yang kompeten.

  7. Guru Bimbingan dan Konseling

    Pernah masuk ruang guru BK saat Sekolah? Ingin menjadi sosok yang teduh dan menyenangkan untuk siswa agar bisa meningkatkan potensi belajarnya? Maka kita bisa menjadi guru BK setelah menyelesaikan studi di jurusan psikologi.

    Berkembangnya dunia pendidikan tentu memberikan efek tertentu terhadap para siswa. Sehingga sangat memungkinkan terjadinya masalah-masalah belajar seperti kurangnya motivasi, kesalahan metode belajar, dan sebagainya.

    Nah, tugas guru BK salah satunya adalah membimbing siswa untuk bisa memotivasi dirinya sendiri dan menemukan potensi terbaiknya.

  8. Motivator (Public Speaker)

    Suka berbicara di depan umum? Mampu mengajak orang lain untuk melakukan kebaikan? Senang memotivasi orang lain? Maka pilihan karir sebagai public speaker (motivator) menjadi hal yang tepat setelah lulus dari jurusan psikologi.

    Kita bisa berbagi kebaikan dengan meningkatkan motivasi di dalam diri orang lain. Dan juga punya waktu kerja yang fleksibel sesuai dengan perjanjian dengan pihak yang mengundang.

Dan masih banyak sekali bidang-bidang pekerjaan lainnya yang kamu bisa pilih, selama masih terdapat manusia di dalamnya. Kenapa seperti itu? Karena psikologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang perilaku manusia.

Namun Apabila Kamu memiliki masalah dengan sulitnya menentukan Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi. Dan ingin berbagi curahan hati Kepada Psikolog Professional PSYLine. Kamu dapat Konsultasi di PSYLine.id. Psikologi Online Indonesia. Kamu bisa curhat dan berbagi masalahmu dengan Psikolog Profesional di bidangnya dan sudah berpengalaman. Jangan takut, rahasiamu 100% aman.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Semoga dengan membaca artikel ini, kamu menjadi paham tentang profesi Psikolog.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Psikologi Untuk Indonesia: Psikolog Bergabunglah Bersama PSYLine.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog