Profil Psikolog: Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak Pencipta Tokoh Si Komo

Diposting: 24 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Biografi Psikolog

Dilihat: 4615 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal sebagai Kak Seto adalah Psikolog Profesional Indonesia Psikologi Anak. Beliau juga pembawa acara televisi untuk anak-anak bersama dengan Henny Purwonegoro. Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak ini juga menjabat ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak. Seto Mulyadi Psikolog Anak.

Seto Mulyadi Psikolog Anak memiliki seorang saudara kembar laki-laki bernama Kresno Mulyadi. Kak Kresno adalah seorang Psikolog Anak di Surabaya. Kak Seto dan Kak Kresno memiliki satu-satunya seorang kakak bernama Maruf Budiharjo Mulyadi.

Profil Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak Pencipta Tokoh Si Komo

Kak seto mulyadi Psikolog Anak dan Si Komo

Kak seto mulyadi Psikolog Anak dan Si Komo.

Lahir:

28 Agustus 1951 di Klaten, Jawa Tengah.

Agama:

Islam.

Nama lain:

Kak Seto.

Pekerjaan:

Psikolog Profesional anak .

Organisasi:

Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Istri:

Deviana.

Anak:

  • Minuk Eka Putri Duta Sari,
  • Bimo Dwi Putra Utama,
  • Shelomita Kartika Putri Maharani,
  • Nindya Putri Catur Permatasari.

Dikenal karena:

  • Pencipta karakter Si Komo,
  • Pendiri Homeschooling Kak Seto,
  • Pendiri Yayasan Mutiara Indonesia,
  • Pendiri Yayasan Nakula Sadewa.

Pendidikan:

  • SD Ngepos, Klaten, 1963,
  • SMK, Klaten, 1966,
  • SMA St. Louis, Surabaya, 1969,
  • Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 1981,
  • Program Magister Psikologi Universitas Indonesia, 1989,
  • Program Doktoral Psikologi Universitas Indonesia, 1993.

Karir:

  • Ketua Pelaksana Pembangunan Istana Anak-Anak Taman Mini Indonesia Indonesia, 1983,
  • Pendiri dan Ketua Yayasan Mutiara Indonesia, 1982-sekarang,
  • Pendiri dan Ketua Umum Yayasan Nakula Sadewa, 1984-sekarang,
  • Dekan Fakultas Psikologi Universitas Tarumanegara, Jakarta, 1994-1997,
  • Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak.

Penghargaan:

  • Men’s Obsession Award, 2006,
  • The Golden Balloon Award, New York; kategori Social Activity dari World Children’s Day Foundation & Unicef, 1989,
  • Orang Muda Berkarya Indonesia, kategori Pengabdian pada Dunia Anak-anak dari Presiden RI, 1987,
  • The Outstanding Young Person of the World, Amsterdam; kategori Contribution to World Peace, dari Jaycess International, 1987,
  • Peace Messenger Award, New York, dari Sekjen PBB Javier Perez de Cuellar, 1987.

Kak Seto Psikolog Anak dan Perjalanan Pendidikannya

Seto Mulyadi Psikolog Anak adalah seorang mahasiswa psikologi Universitas Indonesia pencipta karakter Si Komo yang terkenal di awal tahun 80-an. Kala itu, stasiun televisi yang ada hanya TVRI, satu-satunya stasiun televisi yang menyuguhkan tontonan bermutu bagi anak-anak.

Berawal dari kecintaan terhadap anak-anak, pria kelahiran Klaten 28 Agustus 1951 ini memulai karirnya secara tidak sengaja. Mulanya pria yang akrab disapa Kak Seto ini hijrah ke Jakarta. Karena ia kecewa tidak diterima di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga maupun Universitas Indonesia.

Dari kekecewaannya itu, ia memutuskan untuk pindah ke Jakarta meski tanpa bekal dan keahlian apapun. Di sana, ia memulai hidup dengan kerja serabutan sembari menunggu tes Fakultas Kedokteran tahun berikutnya.

Kak Seto kemudian memutar aluan dan masuk Fakultas Psikologi atas saran Pak Kasur. Pak Kasur ia kenal sejak ia menjadi asisten pemilik Taman Kanak-kanak. Namun, siapa sangka di sinilah karirnya mulai beranjak. Percaya diri dan optimis tinggi, itulah Kak Seto.

Perkenalannya pada Pak Kasur dan Bu Kasurlah yang membuat namanya berkibar

Menjadi asisten Pak Kasur adalah pekerjaan Kak Seto kala itu. Kemudian dilanjutkan dengan mengisi acara Aneka Ria Taman Kanak-kanak bersama Henny Purwonegoro. Di sana, ia mendongeng, mengisi acara belajar sambil bernyanyi, dan bermain sulap bersama anak-anak.

Ilmu yang didapat dari Pak Kasur ia gabungkan dengan ilmu yang ia miliki. Yakni teknik sulap yang telah ia pelajari sejak duduk di bangku Sekolah Dasar. Sedangkan ilmu mendongeng didapat melalui belajar dan berdasarkan pengalamannya.

Menjadi bagian dari anak-anak memang dituntut untuk selalu kreatif. Menyeimbangi pikiran-pikiran kreatif dan penuh imajinasi. Saat itulah karakter Si Komo diciptakannya berupa boneka Komodo. Lagu yang diciptakannya, serta karakter Si Komo menguat dan banyak dikenal.

Acaranya di TV banyak ditunggu dan membuat namanya kian tenar. Kondisi perekonomiannya pun membaik sejak saat itu.

Kini, pendiri Yayasan Mutiara Indonesia dan Yayasan Nakula Sadewa ini menjabat sebagai Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak sejak 1998. Kecintaannya pada anak-anak jugalah yang mengantarkannya membagi kisah lewat buku yang ia tulis, “Anakku, Sahabat, dan Guruku”.

Homeschooling Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak

Pada tahun 2007, Kak Seto mendirikan sekolah alternatif bernama Homeschooling Kak Seto. HSKS begitu singkatannya. HSKS merupakan lembaga pendidikan alternatif yang menjadi salah satu solusi pendidikan bagi anak-anak Indonesia. Baik yang berada di dalam negeri maupun luar negeri.

Visi HSKS yaitu menyediakan program pendidikan bagi anak agar memiliki keterampilan, life skill, dan karakter. Menjadi anak yang kukuh sebagai calon pemimpin bangsa pada masa depan.

Homeschooling Kak Seto terus berusaha meningkatkan standar kualitas pembelajaran sehingga proses belajar menjadi menyenangkan. Memberikan materi pembelajaran yang terkini. Serta menyediakan tutor-tutor dengan pengetahuan dan pengalaman profesional.

Dengan pendekatan “at home” inilah anak-anak merasa nyaman belajar karena mereka dapat belajar apapun sesuai dengan keinginannya. Kapan saja, dengan siapa saja dan di mana saja. Seperti Ia tengah berada di rumahnya.

Jadi, meski disebut homeschooling, tidak berarti anak akan terus menerus belajar di rumah. Tetapi anak-anak dapat belajar dengan kondisinya yang benar-benar yaman dan menyenangkan seperti “at home”. Maka dalam sistem Homeschooling, jam pelajaran bersifat fleksibel.

Beberapa alumni maupun siswa Homeschooling Kak Seto diantaranya :

  • Dhea Seto,
  • Ayushita,
  • Hanggini P.Retto,
  • Nikita WIlly,
  • Prilly Latuconsina,
  • Citra Scholastika,
  • Ray Prasetya, dan masih banyak lagi.

Biografi Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak

Seto Mulyadi adalah seorang psikolog anak, pembawa acara program anak dan pemerhati masalah anak-anak. Kak Seto dipercaya untuk kali kedua sebagai Sekjen Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA).

Selain itu kiprahnya di dunia pendidikan dan perlindungan hak anak membuat Kak Seto makin diakui di tingkat nasional dan internasional. Sehingga banyak berbagai penghargaan yang diterimanya.

Pernikahannya dengan Deviana menghasilkan empat anak. Kak Seto menyelesaikan pendidikan Sarjana Psikologi di Universitas Indonesia pada 1981. Pendidikan S-2 Bidang Psikologi Program Pascasarjana UI pada 1989. Beliau meraih gelar Doktor bidang Psikologi Program Pascasarjana UI pada 1993.

Adanya jabatan di Komnas PA itu membuat ia menjadi sasaran pengaduan bagi mereka yang menghadapi persoalan anak. Termasuk kasus ‘rebutan’ anak yang banyak dialami oleh para selebritis yang mengalami perceraian.

Kak Seto Membangun Tujuh Trauma Center di Padang

Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak akhirnya membangun Trauma Center Pondok Ceria di kota Padang, Sumatera Barat, pada tujuh titik lokasi. TCPC itu untuk memberikan pencerahan pada anak-anak pasca gempa berkekuatan 7,6 SR yang sebelumnya mengguncang kota itu.

“Pencerahan pada anak-anak pasca gempa perlu dilakukan lebih cepat agar anak bisa pulih dari traumanya. Dan segera kembali bisa belajar dengan baik.” Kata Kak Seto. Ketika menghibur sekitar 70-an anak di SD 01 Sawahan Kecamatan Padang Timur, kota Padang.

Menurut Kak Seto Trauma Center Pondok Ceria itu akan dibangun di dua SD, dua panti dan lainnya juga di Pariaman.

Untuk mendukung pemulihan trauma anak, mereka diajak bermain mengekspresikan perasaannya dengan bernyanyi keras. Kegiatan tersebut, katanya lagi, diyakini akan berfungsi memberikan terapi pada anak, meledakkan emosinya yang dibalut dengan aneka permainan.

Artikel Kak Seto Mulyadi Psikolog Anak Pencipta Tokoh Si Komo ini Disusun oleh PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Seperti kumpulan Psikolog Profesional PSYLine.id.

Baca juga:

Kumpulan Biografi Psikolog Dunia yang Terkenal dengan Karyanya.

Kumpulan Biografi Psikolog Indonesia yang Terkenal.

Kumpulan Psikolog Cantik Indonesia Versi PSYLine.id.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Profesi yang Cocok Untuk Lulusan Sarjana Psikologi.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog