Profil Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern Dunia

Diposting: 21 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Biografi Psikolog

Dilihat: 7902 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Wilhelm Maximilian Wundt (lahir 16 Agustus 1832 – meninggal 31 Agustus 1920 pada umur 88 tahun) adalah seorang dokter, psikolog, fisiolog, dan profesor. Ia sekarang dikenal sebagai penemu psikologi modern. Ia juga dianggap sebagai “bapak psikologi eksperimental”. Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern.

Pada tahun 1879, ia mendirikan laboratorium formal pertama untuk riset psikologis di Universitas Leipzig. Wundt membuat jurnal riset psikologis pertama pada tahun 1881.

Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern Dunia

Profil Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern Dunia

Karya tulis yang dibuat Wundt menjadi salah satu yang paling penting dalam sejarah psikologi. Karya tulis yang berjudul “Principles of Physiological Psychology” pada tahun 1874. Karya tersebut menggunakan sistem dalam psikologi yang berupaya menyelidiki pengalaman langsung dari kesadaran. Termasuk perasaan, emosi, gagasan, terutama dijelajahi melalui introspeksi.

Wundt berupaya memahami pikiran manusia dengan mengidentifikasi elemen pembentuk kesadaran manusia. Seperti halnya zat kimia yang bisa dibagi menjadi berbagai elemen. Dalam hal ini, Wundt menganggap psikologi sebagai ilmu, seperti halnya fisika dan kimia. Dengan melihat bahwa kesadaran adalah kumpulan dari berbagai bagian yang bisa diidentifikasi.

Wundt secara luas dianggap sebagai seorang yang penting dalam kelahiran dan perkembangan psikologi. Namun sumbangannya terhadap psikologi kontemporer banyak diperdebatkan oleh para ahli sekarang. Sehingga Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern.

Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern yang Membedakan dari Filsafat dan Fisiologi

Wilhelm Wundt seorang cendekiawan Jerman, dikenal sebagai bapak psikologi modern. Dia adalah ilmuwan pertama yang mempertimbangkan psikologi sebagai disiplin ilmu. Berbeda terlepas dari filsafat atau fisiologi.

Wundt menekankan penggunaan metode ilmiah dalam psikologi. Dia percaya bahwa psikologi harus dipelajari melalui eksperimen laboratorium dan introspeksi (self-observasi). Pandangannya diperluas dengan penelitian psikologis dalam bidang-bidang keilmuan. Seperti pendidikan, pembangunan manusia, dan perilaku hewan.

Wundt lahir pada 16 Agustus 1832, di Neckarau, dekat Mannheim. Ia belajar kedokteran dan fisiologi di universitas di Tübingen, Berlin, dan Heidelberg. Disana ia menerima gelar doktor pada tahun 1855.

Pada tahun 1879 Wilhem Wundt mendirikan laboratorium Psikologi pertama di University of Leipzig, Jerman. Ditandai oleh berdirinya laboratorium ini, maka metode ilmiah untuk lebih memahami manusia telah ditemukan. Walaupun fasilitasnya tidak terlalu memadai.

Psikolog Wilhelm Maximilian Wundt Bapak Psikologi Modern yang mempunyai laboratorium Psikologi pertama di dunia

Dengan berdirinya laboratorium ini, lengkaplah syarat psikologi untuk menjadi ilmu pemgetahuan. Sehingga tahun berdirinya laboratorium, Wundt diakui pula sebagai tanggal berdirinya psikologi sebagai ilmu pengetahuan.

Sebagai suatu ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri, psikologi boleh dikatakan sebagai ilmu yang masih muda dibandingkan dengan ilmu lainnya. Seperti ilmu alam, biologi dan lain-lain. Karena baru pada akhir abad ke 19 psikologi menjadi ilmu yang berdiri sendiri dalam hal isi, metode dan penggunaannya.

Wilhelm Wundt telah berusaha untuk menjadikan psikologi sebagai ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (otonom). Sebelum abad ke-19, psikologi merupakan bagian dari filsafat. Perbedaan cara memecahkan masalah jiwa dimasa lampau dengan dimasa modern.

Terutama terletak dalam cara pendekatannya. Pendekatan dimasa lampau bersifat filosofis dan atomistik. Sedangkan masa modern dengan pendekatan scientific (ilmiah). Yaitu melalui penelitian-penelitian empirik.

Dari 1875 sampai kematiannya, ia mengajar di Universitas Leipzig. Disana ia mendirikan laboratorium pertama untuk psikologi eksperimental. Wundt menulis ratusan artikel dan buku pada berbagai mata pelajaran, termasuk filsafat, hipnosis, dan psikologi sosial. Ia meninggal pada 31 Agustus 1920.

Baca juga:

Kumpulan Biografi Psikolog Dunia yang Terkenal dengan Karyanya.

Kumpulan Biografi Psikolog Indonesia yang Terkenal.

Disusun oleh PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber. Psikolog Profesional PSYLine.id.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam Bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Psikologi Olahraga: Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog