Psikologi Karir: 7 Kiat Menjalin Hubungan Asmara di Dunia Kerja

Diposting: 15 Oktober 2017 | Kategori Artikel: Karir & Perusahaan

Dilihat: 917 kali.

Penulis: Arbono Lasmahadi

Sudah menjadi hal yang wajar dan dapat dimengerti bila seorang pria dewasa atau wanita dewasa menyukai lawan jenisnya. Karena peristiwa ini menjadi bagian dari tugas perkembangan yang harus dia lalui dalam perjalanan kehidupannya. PSYLine.id Psikologi OnLine Indonesia memberikan 7 Kiat Menjalin Asmara di Dunia Kerja.

Peristiwa seperti ini dapat terjadi dimana saja dan kapan saja dan oleh siapa saja. Selama ada kesempatan terjadinya pertemuan diantara mereka. Baik secara fisik langsung, maupun melalui media sosial.

Dunia kerja merupakan salah satu media atau wahana tempat bertemunya berbagai kepentingan. Baik bisnis maupun sosial, termasuk kepentingan pribadi para karyawannya. Tempat para karyawan mengenal satu sama lain dalam kapasitas sebagai atasan-bawahan. Atau rekan sejawat, maupun sebagai teman, atau sepasang kekasih.

Asmara di Dunia Kerja

Ketertarikan dari karyawan pria atau wanita terhadap lawan jenisnya di dunia kerja. Sehingga menjadi sepasang kekasih dapat didorong oleh hal-hal sebagai berikut :

  • Ketertarikan fisik maupun emosional,
  • Kesamaan hobi, minat, atau pemikiran terhadap hal-hal tertentu,
  • Kesamaan latar belakang pendidikan, budaya, keluarga atau agama,
  • Motif untuk mencari pasangan hidup , karena merasa telah siap secara material, fisik, mental, atau spiritual untuk membangun mahligai rumah tangga.
  • Terbatasnya waktu yang dimiliki untuk menjalin hubungan khusus dengan lawan jenisnya di tempat lain, selain di dunia kerja.
  • Sering terlibat dalam kegiatan bersama, baik yang sifatnya formal di kantor. Atau kegiatan sosial lainnya di luar kantor namun tetap terkait dengan dunia kerja.

Dunia kerja ternyata memberikan kemungkinan tersedianya hal-hal tesebut di atas. Dengan kata lain, dunia kerja bisa menjadi lahan subur bagi para pria atau wanita dewasa untuk mengenal lebih jauh satu lawan jenisnya. Lahan yang dapat berlanjut menjadi sepasang kekasih.

Bahkan hingga membangun mahligai rumah tangga. Dengan kata lain, terjadinya hubungan asmara antara seorang karyawan pria atau wanita dengan lawan jenisnya adalah sesuatu yang tidak dapat terhindarkan. Pada sejumlah karyawan, baik pria, maupun wanita.

Plus Minus Menjalin Hubungan Asmara di Dunia Kerja

Namun demikian hubungan asmara yang terjadi di dunia kerja, bisa menjadi hal yang positif atau negatif bagi para pelakunya.

Menjadi hal positif bila hubungan asmara yang terjalin mendorong motivasi bagi para pelakunya untuk bekerja dengan lebih baik dan lebih produktif dibandingkan dengan sebelum hubungan asmara terjalin.

Namun sebaliknya mana kala hubungan asmara yang terjalin membuat produktivitas para pelakunya menjadi lebih rendah atau kontra produktif dibandingkan dengan sebelum terjalinnya tali kasih, maka hubungan tersebut menjadi negatif.

Pertanyaannya kemudian, bagaimana sebaiknya sikap dan perilaku kita sebagai seorang karyawan profesional yang sedang atau akan menjalin hubungan asmara di tempat kerja ?

7 Kiat Menjalin Hubungan Asmara di Dunia Kerja

Berikut sejumlah kiat yang dapat dipertimbangkan bagi para karyawan yang saat berniat atau akan menjalin hubungan asmara di tempat kerja:

  1. Selalu diniatkan bahwa hubungan asmara yang terjalin ini tidak akan berlangsung lama. Dan bertujuan serius untuk membangun mahligai rumah tangga, dan bukan sarana uji coba perasaan. Hal ini penting agar pasangan yang besangkutan berkomitmen menjalaninya dengan baik. Sehingga dapat terhindar dari hal-hal yang bertentangan dengan nilai nilai agama dan norma-norma kesusilaan.
  2. Bila ada pilihan lain untuk menjalin asmara bukan di tempat kerja, sebaiknya pilihan ini diambil. Hal ini mempertimbangkan resiko-resiko yang terjadi terkait dampak negatifnya terhadap produktifitas dan kemungkinan masalah-masalah konflik kepentingan.
  3. Dilakukan oleh pasangan yang masing-masing belum memiliki pasangan, baik pasangan sebagai kekasih, orang yang telah dipinang, atau pasangan suami istri.
  4. Sebaiknya tidak dilakukan oleh pasangan yang mempunyai hubungan kerja sebagai atasan bawahan, rekan sekerja di satu bagian, atau di unit-unit kerja yang fungsi kerjanya saling terkait. Hal ini untuk menghindari terjadinya konflik kepentingan dalam pekerjaan sehari hari.
  5. Sebaiknya komunikasi yang terkait dengan hubungan asmara tidak dilakukan pada jam kantor dan menggunakan fasilitas kantor. Sehingga tidak mengganggu profesionalisme kerja masing-masing karyawan yang bersangkutan.
  6. Lakukanlah dengan wajar. Sebaiknya tidak menunjukan kemesraan hubungan di depan rekan kerja yang lain, apalagi dilakukan secara berlebihan.
  7. Tetap mentaati aturan yang berlaku, khususnya yang terkait kode etik bagi karyawan di tempat kerja.

Menjalin Hubungan Asmara di Dunia Kerja

Demikianlah pandangan penulis, terkait menjalin hubungan asmara di tempat kerja. Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

Salam Bahagia

Arbono Lasmahadi

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Asmara di Dunia Kerja, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

5 Hal yang Harus Dilakukan Agar Terhindar dari Stres Dunia Kerja.

Tentang Penulis

Arbono Lasmahadi

Psikolog Senior
Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Indonesia
Praktisi Senior Manajemen Sumber Daya Manusia.
Pengurus IOC.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog