Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Psikologi Klinis dan Kepribadian Apa Itu Psikopat

Klinis & Kepribadian | 1310 Views

Psikologi Klinis dan Kepribadian: Apa itu Psikopat?

8 November 2017 | Penulis: Riswandi Alekhine

Ketika kamu membaca artikel ini, apakah kamu tidak menyadari bahwa seorang psikopat juga ikut membaca artikel ini? Jika artikel ini dibaca seribu orang, maka ada kemungkinan salah satu dari pembaca adalah seorang psikopat. Namun, tahukah kamu apa itu psikopat? PSYLine.id Psikologi Online Indonesia akan membahasnya pada artikel berikut ini.

Psikopat ada dimana-dimana dilingkungan kita hidup. Bisa jadi mereka adalah sahabat, rekan kerja, orang tua bahkan suami atau istri. Bahkan baru-baru ini terjadi hal yang membuat masyarakat kuatir. Yaitu penembakan seorang suami terhadap istrinya sendiri.

Kejadian ini semakin menjadi viral ketika masyarakat mengetahui bahwa pasangan tersebut adalah seorang dokter. Hal itu semakin menjelaskan bahwa pendidikan dan tingkat intelektual yang tinggi. Tidak menjamin bahwa mereka tidak mengalami gejala psikopat.

Apa itu psikopat?

Psikopat secara etimologi berasal dari kata psyche yang berarti jiwa dan phatos yang berarti penyakit. Psikopat tidak sama dengan gila (skizofrenia/psikosis). Seorang psikopat sadar sepenuhnya atas perbuatannya.

Berbicara tentang Psikopat secara diagnostik, psikopat, sosiopat, dan antisocial personality disorder masuk dalam ranah yang sejenis. Akan tetapi hanya antisocial personality disorder yang terdaftar dalam DSM (diagnostic and statistic manual of mental disorder).

Banyak hal yang sebetulnya menarik untuk menjadi bahan diskusi. Tetapi untuk saat ini, hal yang perlu dijelaskan adalah faktor-faktor penyebat psikopat. Terdiri dari faktor genetik dan faktor lingkungan.

Ada 80% Psikopat di Sekitar Kita

Seorang ahli psikopat dari Universitas British Columbia, Vancouver, Kanada yang bernama Robert D Hare.  Beliau berpendapat bahwa bahwa seorang psikopat selalu membuat kamuflase yang rumit. Mereka akan memutar balik fakta, menebar fitnah, dan kebohongan. Mereka melakukan hal itu untuk mendapatkan kepuasan dan keuntungan dirinya sendiri.

Dalam beberapa kasus kriminal, psikopat dikenali sebagai pembunuh, pemerkosa, perampok dan koruptor. Namun, ini hanyalah 15-20 persen dari total psikopat. Selebihnya adalah pribadi yang berpenampilan sempurna. Mereka bahkan pandai bertutur kata, mempesona, mempunyai daya tarik luar biasa dan menyenangkan. Hal ini berarti ada 80 persen psikopat disekitar kita.

Sebuah penelitian dalam jurnal Behavioural  Science & the Law menemukan bahwa 3 persen pimpinan bisnis dari suatu perusahaan mendapatkan nilai yang masuk dalam skala psychopathic. Sebaliknya malah populasi umum hanya 1 persen yang masuk dalam nilai skala psychopathic.

Kita akan agak sulit untuk mendeteksi orang yang memiliki tendensi psikopat disekitar kita. Namun kita bisa mendeteksinya dengan mengetahui ciri-ciri seseorang yang berpotensi menjadi psikopat. Pada artikel dibawah ini, PSYLine.id Psikologi Online Indonesia akan memberikan ciri-ciri psikopat yang perlu kita ketahui.

Psikologi Klinis dan Kepribadian: 5 Ciri Psikopat yang Perlu Kamu Ketahui.

Semoga artikel ini membuatmu lebih aware atas bahaya seorang psikopat disekitar kita. Namun artikel ini tidak bertujuan untuk membuatmu kuatir berlebihan. Berhati-hati adalah hal yang baik jika diimbangi dengan pengetahuan.

Disamping itu semoga kamu selalu dalam keadaan bahagia, Salam bahagia!

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Pengertian Apa Itu Psikopat, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Pemprov DKI Sediakan Psikolog Di Setiap Puskesmas Kecamatan.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Bagikan Artikel Ini:

Berlangganan Artikel?

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PsyLine.

Tinggalkan Balasan