Psikologi Olahraga: Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan

Diposting: 20 Agustus 2017 | Kategori Artikel: Gaya Hidup & Sosial

Dilihat: 1759 kali.

Penulis: Bayu Lebond

Atlet dalam mengikuti pertandingan terkadang mengalami gangguan konsentrasi sehingga tidak mampu melaksanakan tugasnya dengan baik. Gangguan konsentrasi selalu didapati oleh para atlet. Sehingga perlu Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan.

Konsentrasi sangat penting dimiliki atlet Panahan, sehingga atlet memiliki kemampuan untuk mengalihkan berbagai stimulus yang datang dan mengganggu pikirannya. Sehingga atlet-atlet tetap fokus pada tugas-tugas yang harus dilakukannya.

Baca Juga:

Lima Aspek Psikologi Olahraga Panahan yang harus diketahui Pemula.

Manfaat Psikologi Olahraga Panahan bagi para Pemanah Profesional.

Konsentrasi Psikologi Atlet Olahraga. (ComingSoon)

Faktor ekternal yang mengganggu konsentrasi tersebut seperti sorakan penonton, alunan musik yang keras dan mengganggu. Kata-kata menyakitkan dari pelatih atau penonton dan perilaku tidak tidak sportif dari lawan juga bisa menyebabkan gagal konsentrasi.

Sedangkan fakto internal seperti perasaan terganggunya tubuh dan terganggunya tubuh dan perasaan-perasaan lain yang mengganggu fisik dan psikis. Seperti “saya benar-benar lelah”, “jangan nervous” dan sebagainya.

Psikologi Olahraga: Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan

Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan

Dalam setiap cabang olahraga panahan konsentrasi sangat penting. Karena dalam cabang olahraga tersebut menuntut ketelitian dan kecermatan dalam melakukan tembakan. Oleh karena itu pemanah perlu dilatih keterampilan konsentrasinya. Sehingga apabila menemui permasalahan yang mengganggu konsentrasinya pemanah bisa mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

Strategi Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan

Psikolog Professional PSYLine. menjelaskan sebagai berikut :

  1. Pengamatan Titik Target

    Permulaan memanah memerlukan waktu yang lama untuk mempraktekan metoda ini. Namun apabila sudah terbiasa, waktu akan relatif singkat untuk menyelesaikan seluruh proses latihan. Dengan memperhatikan titik-titik yang nantinya akan terlihat satu-persatu. Dan pada akhirnya hanya satu focus yang terlihat.

  2. Hilangkan angka pada target peace

    Permulaan latihan adalah dengan menghilangkan bekas angka sejauh 5 meter dari garis tembak. Menghilangkan angka pada target peace dan bekas angka itu akan menjadi gelap. Atlet konsentrasi pada bekas angka dan selanjutnya tambahkan ke jarak yang lebih jauh.

    Atlet tetap berkonsentrasi terhadap bekas angka terutama pada malam hari saat lampu menyala. Latihan ini betujuan untuk melatih meningkatkan konsentrasi pemanah dalam menembak sasaran yang mempunyai angka terbesar pada target peace. Diharapkan setelahnya dapat memiliki rasa percaya diri dalam membayangkan bagian belakang dari angka yang berubah menjadi gelap.

  3. Menggambarkan penulisan nomor

    Tulis nomor 1 sampai dengan 10 dengan mata tertutup. Selanjutnya putar searah jarum jam dan ulangi gerakan tersebut sampai beberapa kali. Kemudian, berusahalah menuliskan secara jelas dan cepat. Cara ini membantu atlet terutama bagi atlet pemula yang tidak bisa berkonsentrasi selama pertandingan.

  4. Mengamati jarum detik dalam jam

    Amati jam dengan hati-hati. Selanjutnya hitung dari 1 sampai 5 ketika jarum detik berjalan. Ulangi menghitung selama satu menit. Berhenti sejenak kemudian ulangi lagi dengan mata tertutup selama satu menit. Kemudian cek waktu di jam setelah melakukan kegiatan tersebut.

Prinsip terpenting yang harus diingat atlet adalah menjaga suasana hati agar tetap dalam keadaan tenang dan mengkonsentrasikan. Kita harus tenang dan konsentrasi akan tugas-tugas yang harus dilakukan.

Demikian Artikel tentang Latihan Konsentrasi Pada Atlet Panahan. Artikel ini disusun oleh team PSYLine.id Psikologi Online Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Salam bahagia.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

Situasi Frustrasi Stress Depresi di Kalangan Remaja dengan Gejalanya.

Tentang Penulis

Bayu Lebond

Seorang yang sok Seniman
Rocker yang sayang keluarga
Pecinta Wayang Jawa
#WhySoSerious

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog