Psikologi Pendidikan: Disleksia Kesulitan Proses Belajar Membaca

Diposting: 16 November 2017 | Kategori Artikel: Pendidikan & Anak

Dilihat: 1216 kali.

Penulis: Riswandi Alekhine

Disleksia Kesulitan Proses Belajar Membaca. Lebih tepatnya, Disleksia adalah suatu gangguan proses belajar. Di mana seseorang mengalami kesulitan membaca, menulis, atau mengeja. Penderita disleksia akan mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi bagaimana kata-kata yang diucapkan harus diubah menjadi bentuk huruf dan kalimat, dan sebaliknya.

Disleksia umum dijumpai pada usia anak-anak, dan dapat menyerang anak dengan pengelihatan dan tingkat kecerdasan yang normal. Dengan kata lain, disleksia tidak mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan seseorang.

Disleksia merupakan kondisi yang akan diderita seumur hidup dan masih belum ditemukan penyembuhannya hingga sekarang. Namun, sebagian besar anak-anak dengan disleksia mampu belajar dan lulus dengan baik. Tentunya dengan bantuan program belajar khusus. Selain itu, dukungan moral dan emosional juga memainkan peran penting.

Alexander Graham Bell, Albert Einstein, dan Leonardo da Vinci mereka menunjukkan tanda-tanda menderita disleksia. Walau mereka adalah merupakan figur paling terkenal dalam sejarah dan ilmu pengetahuan.

Definisi dan Gambaran Umum Disleksia Kesulitan Proses Belajar

Disleksia seringkali dianggap sebagai gangguan pada kemampuan membaca. Kondisi ini juga meliputi ketidakmampuan dalam menulis dan mengeja dengan baik. Dengan kata lain, disleksia telah dianggap sebagai sebuah gangguan pada kemampuan belajar, bukan hanya dalam membaca.

Disleksia sudah ada sejak waktu yang lama dan sangat umum ditemui di masyarakat. Bahkan, di Amerika Serikat, sekitar 80% dari mereka yang tidak dapat membaca dengan baik diduga menderita disleksia. Perbedaan etnis, jenis kelamin, dan latar belakang sosioekonomi tidak berpengaruh terhadap kondisi ini.

Meskipun telah terdapat berbagai riset dan penelitian tentang disleksia, masih banyak orang yang tidak memahami kondisi tersebut dengan baik. Berlawanan dengan kepercayaan populer, disleksia bukanlah sebuah tahapan belajar yang dialami oleh anak pada usia tertentu. Disleksia adalah sebuah kondisi seumur hidup, dan bisa menjadi sangat parah.

Namun kini telah ada beberapa metode perawatan yang sangat efektif untuk mengatasi masalah tersebut.

Penyebab Disleksia Kesulitan Proses Belajar Membaca

Penyebab Disleksia salah satunya adalah faktor Genetik. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki anggota keluarga yang memiliki disleksia, memiliki resiko lebih besar untuk mengalami kondisi tersebut.

Sementara itu, beberapa ahli meyakini bahwa mereka yang menderita disleksia tidak menggunakan bagian otak kiri mereka dengan semestinya. Dimana otak kiri adalah bagian yang mengatur kemampuan mengeja dan membaca.

Banyak orang percaya bahwa para penderita disleksia memiliki masalah dalam mengolah fonem. Fonem adalah divisi terkecil dari suara ketika sebuah kata diucapkan. Membaca dan menulis menjadi kegiatan yang sulit untuk dilakukan karena otak harus merangkai huruf untuk membentuk kata.

Hingga saat ini, penyebab disleksia masih belum diketahui secara pasti. Namun beberapa pakar menduga bahwa faktor gen dan keturunan berperan besar. Di mana gen-gen yang diturunkan tersebut akan berpengaruh terhadap bagian otak yang berfungsi untuk pengaturan bahasa.

Baca Juga:

Gejala Serta Karakteristik Dan Ciri-ciri Penderita Disleksia.

Diagnosa dan Pengobatan Penderita Disleksia Secara Umum.

Metode Penanganan Penderita Disleksia Untuk Umum.

Referensi:

  • http://www.nhs.uk/conditions/dyslexia/pages/causes.aspx
  • http://www.dyslexia.org/what_causes.shtml
  • http://www.dyslexia.com/library/symptoms.htm

PSYLine.id Psikologi Online Indonesia

Bila Anda ada permasalahan dengan Disleksia Kesulitan Proses Belajar Membaca, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Artikel sebelumnya membahas tentang:

8 Langkah Mudah Mengubah Bad Mood Menjadi Good Mood.

Tentang Penulis

Riswandi Alekhine

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia.
Seorang Aquascaper.
Jatuh cinta pada script, poetry, filsafat dan senja saat hujan.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog