Psikologi Untuk Anda : Benarkah..? Atau Untuk Apa..?

Diposting: 4 April 2017 | Kategori Artikel: Klinis & Kepribadian

Dilihat: 543 kali.

Penulis: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Psikologi sebuah prosfesi yang semua orang membutuhkan. Psikologi Untuk Anda.

Butuh untuk apa?

Pertanyaan dasar yang menggelitik.

Ya, butuh untuk apa?

Masih banyak yang merasa bahwa Psikologi hanya menangani abnormalitas dan masalah kejiwaan lain. Termasuk kalau ada kesulitan belajar untuk para pelajar (dan mahasiswa?).

Jadi, kalau ditanya, apa Anda perlu Psikolog?

Biasanya akan dijawab (sambil mengerenyitkan dahinya):

“Apa saya kelihatan bermasalah?”.

Nah, jadi, Psikologi tampaknya tidak dibutuhkan.

Psikologi Untuk Anda.

Sekitar tahun 1970an, di TVRI ada sebuah acara dengan judul:

“Psikologi untuk Anda.”

Sebuah judul yang tampaknya mengundang pemirsa untuk berpikir.  Akankah ada berbagai program yang disajikan untuk para pemirsa TVRI pada saat itu.

Namun, entah kenapa, program itu menghilang dan tidak ada lagi. Tenggelam dengan berbagai program yang lebih menarik dan lebih mudah dicerna. Apalagi kemudian TV swasta bermunculan.

Psikologi muncul dalam berbagai balutan komersial dan tidak tampak sebagai suatu layanan profesional yang signifikan berpengaruh pada kehidupan manusia. Terutama di Indonesia.

Kebutuhan akan jasa Psikologi Untuk Anda.

Kebutuhan akan jasa Psikologi muncul dari dunia pendidikan, industri, dan militer.

Di dunia pendidikan.

Psikologi dibutuhkan untuk memperkaya proses belajar mengajar. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik dapat menyelesaikan tugasnya dengan sebaik dan senyaman mungkin.

Namun, di wilayah ini, Psikologi diterapkan oleh mayoritas Sarjana Pendidikan dan praktisi ilmu lain. Mereka sudah lebih lekat dengan dunia pendidikan.

Di wilayah industri.

Psikologi harus menegakkan peran dan posisinya siap bersaing. Mereka harus bersaing dengan praktisi Sumber Daya Manusia. Dimana sudah banyak berperan sebelum praktisi Psikologi ikut berperan serta dalam proses kerja di bidang industri.

Di wilayah kerja militer.

Peran Psikologi dalam Dunia Militer sangat signifikan. Menentukan calon pemimpin di ketentaraan dengan prediksi akurat sejak seorang calon tentara sampai pensiun.

Namun, lagi-lagi praktisi Psikologi bukan pemeran utama. Perjuangan untuk menegakkan peran di posisinya masing-masing, para praktisi harus bersaing dengan praktisi dari bidang lain.

Oleh karenanya, sampai hari ini, apresiasi pada profesi Psikologi belum terlalu kuat.

Bagaimana ya caranya supaya profesi Psikolog dapat lebih Berperan?

Bagai mana cara agarprofesi Psikolog dapat lebih berperan dalam kehidpan dan memberi manfaat bagi orang banyak? Ayo kita coba telusuri dan berkaca sejenak.

Ternyata, profesi Psikologi masih perlu menata diri sebagai profesi dengan kontrol yang baik. Ini mengingatkan kita semua bahwa, mayoritas mahasiswa Psikologi tidak belajar mengenai membangun citra profesi.

Setelah lulus, sebagai praktisi Psikologi, mayoritas mencari penghasilan secara individual dan kurang punya waktu untuk menata lembaga sentralnya. Seharusnya mereka menjalankan fungsi kontrol bagi kelompok profesinya.

Lebih parah lagi, ternyata ada banyak mahasiswa Psikologi semasa kuliahnya, sibuk mencari jati dirinya. Sehingga, saat lulus, belum terlalu matang dengan konsep dirinya. Bahkan mungkin juga ada yang belum menemukan jati dirinya.

Lalu, bagaimana?

Kelihatannya, Ilmu Psikologi itu ada baiknya diarahkan ke diri sendiri sebagai seorang praktisi Psikologi. Jadi, Psikologi itu untuk saya, bukan untuk Anda. Semoga dengan demikian, profesional Psikologi dapat lebih matang menghadapi konsumennya.

Demikianlah artikel yang merupakan Sebuah otokritik yang ditulis untuk PsyLine.id. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Salam Bahagia..

 

Artikel sebelumnya membahas tentang: Minum Yougurt yuk. Ternyata Yougurt dapat Meringankan Stress.

Tentang Penulis

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog