Capek dan Cemas Memergoki Suami Berselingkuh

Diposting: 6 Juni 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 423 kali.

Psikolog: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Dina

: Yogya

: Wanita

Isi Konsultasi:

Halo PsyLine.id Psikologi Online Indonesia

Saya pernah mergoki hp suami saya, ada tanda selingkuh ringan. Saya sering bertanya hal-hal itu,  dia tidak menjawab ya atau tidak.

Perilaku suami sering menunjuk tanda-tanda menyembunyikan hal atau orang lain, bicara di kmr mandi, ada bekas di dagu dan leher. Jika saya buntuti tidak pernah dapat jawaban.  Kecurigaan saya tak berhenti, dan rasanya sperti tak bisa memaafkan. Seandainya dia merubah jadi baik, saya akan tidak curiga.

Rasanya saya capai menyelidik dan benci atau dendam. Pernah dia marah besar saat saya Tanya, dan hampir mencekik leher saya. Tidur sering membelakangi.

Saya capai, dan tak ingin terjadi cemas yang mendalam seperti 2 tahun yang lalu.

Saya Harus bagaimana? Mohon Bantuannya.

Drs. Julyvan Pertamawan Psi

Jawab:

Capek dan Cemas Memergoki Suami Berselingkuh.

Dina yang baik,

Saya percaya semua hal yang terjadi dalam hidup selalu memiliki sisi positif dan sisi negatif. Cobaan hidup tampaknya tidak terjadi begitu saja. Bukan sesuatu yang datang tiba-tiba. Selalu ada sebab dan akibat.

Demikian pula setiap keputusan yang kita akan ambil. Selalu mengandung konsekuensi tertentu. Setiap tindakan merupakan tanggung jawab diri kita sendiri.

Capek dan Cemas Memergoki Suami Berselingkuh

Saya menyarankan masalah yang dialami dengan suami dapat dibahas bersama dengan menggunakan pihak ketiga yang kompeten. Misalnya dengan pemuka agama atau dengan profesional di bidang konseling pernikahan. Seperti menggunakan Jasa Psikolog dari PsyLine.id.

Apabila suami tidak berkenan, mungkin juga bisa menggunakan “penengah” dari keluarga. Figur yang disegani dalam keluarga, diharapkan dapat bertindak netral dan memberikan solusi terbaik terhadap masalah ini.

Sementara proses mediasi dengan suami diusahakan, saya cenderung memperkuat diri Dina sendiri. Percayalah bahwa segala sesuatu di kehidupan kita sudah ada yang mengatur. Yang Maha Pengasih dan Maha Pengampun.

Mohon ampun kepadaNya sekiranya ada salah dan khilaf yang kita lakukan. Mohonkan ampunan juga untuk suami yang sedang mengalihkan hatinya kepada orang lain. Berserah diri kepada Yang Maha Kuasa. Semoga dengan doa yang dipanjatkan kepadaNya, Dina akan lebih tenang dalam menghadapi persoalan rumah tangganya.

Introspeksi diri agar tidak Capek dan Cemas Memergoki Suami Berselingkuh

Selanjutnya, Dina diharapkan dapat melakukan introspeksi diri untuk menemukan hal-hal yang perlu diperbaiki diri sendiri. Tidak saja pada hal-hal yang berhubungan dengan suami, tetapi berbagai hal yang bekaitan dengan hubungan dengan banyak orang.

Upaya ini bukan untuk menyalahkan diri sendiri. Upaya ini adalah untuk melakukan self improvement yang berujung pada penguatan diri. Dengan kekuatan yang diberikanNya dan atas ijinNya, Dina memiliki kemampuan untuk menghadapi (bukan menghindari) masalah yang dihadapi.

Kekuatan diri pribadi yang dibarengi dengan kebesaran hati. Hal itu dapat merubah sudut pandang kita dari sudut pandang negatif menjadi sudut pandang positif. Dengan sudut pandang positif, semoga permasalah yang dihadapi dapat diatasi dengan ringan.

Pada dasarnya, segala hal yang bersifat positif akan terasa lebih ringan dari pada hal yang bersifat negatif. Contohnya, dari pada bersedih (negatif) lebih baik kita bersikap optimis (positif).

Demikian saran saya. Keputusan ada di tangan Dina sendiri. Semoga bermanfaat. Jangan mau berlama-lama terpuruk dalam pemikiran negatif. Jadilah individu yang kuat.

Salam Bahagia,

Konsultasi sebelumnya membahas tentang:

Tidak bisa kontrol emosi dan suka sedih namun tidak tahu apa penyebabnya.

__

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Psikolog

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Artikel Terkait:

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan artikel terbaru dari PSYLine.

Satu tanggapan untuk “Capek dan Cemas Memergoki Suami Berselingkuh”

  1. dina berkata:

    TerimakaDinssih sekali

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog