Konsultasi Psikologi: Diturunkan Jabatan Karena diFitnah

Diposting: 14 September 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 1078 kali.

Psikolog: Citra Pharamidevie Psikolog

: Erin

: Cirebon

: Wanita

Isi Konsultasi:

Hallo PSYLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya diturunkan jabatan padahal saya tidak melakukan kesalahan. Diturunkan karena saya difitnah dan direktur menurunkan jabatan saya.

Sekarang saya jadi malas bekerja, dan tidak kreatif lagi dalam bekerja. Saya ingin pindah ke instansi tapi tidak ada uang karena harus pakai uang. Uang saya juga sudah habis karena membantu suami karena ada masalah di pekerjaannya.

Mohon Bimbingannya dan Terimakasih.

Citra Pharamidevie, M.Psi, Psikolog.

Jawab:

Diturunkan Jabatan Karena diFitnah.

Assalamualaikum Ibu Erin.

Terima kasih sudah mempercayakan masalah Ibu kepada kami di Psyline. Saya paham perasaan Ibu. Ibu merasa sedih, bingung dan kecewa. Sebagai seorang karyawan sangat dapat dipahami kalau Ibu merasa tidak terima dengan perlakuan atasan dan pihak yang melakukan ‘fitnah’.

Kesemua ini mengakibatkan turunnya motivasi Ibu dalam bekerja dan berkarya di tempat kerja Ibu saat ini. Di sisi lain, Ibu juga merasa tidak mempunyai pilihan lain karena terhambat masalah keuangan.

Konsultasi Psikologi: Diturunkan Jabatan Karena diFitnah

Ibu Erin yang Baik.

Untuk bisa keluar dari lingkaran perasaan yang negatif ini dan menemukan titik terang, saya ingin

mengajak ibu menjawab pertanyaan ini:

  • Apa motivasi Ibu dalam bekerja?
  • Selain untuk mendapatkan penghasilan, apa yang selama ini memotivasi Ibu dalam bekerja?

Apakah jawabannya adalah:

  • Karena ingin ikut memenuhi kebutuhan keluarga,
  • meningkatkan kualitas hidup keluarga,
  • ingin bisa menabung untuk masa depan keluarga,
  • membantu orangtua,
  • menjadikan hidup Ibu bermanfaat dan mengaktualisasikan kemampuan
  • yang Ibu miliki,
  • mengamalkan ilmu,
  • mencapai prestasi atau target tertentu,
  • menjadikan pekerjaan sebagai ladang ibadah….
  • atau lainnya….

Saya percaya Ibu mempunyai motivasi-motivasi yang mulia dalam menjalani pekerjaan Ibu. Motivasi tersebut tentunya akan membawa kemanfaatan dan keberkahan untuk Ibu, keluarga dan banyak pihak.

Untuk mengembalikan motivasi Ibu untuk bekerja dan berkarya saat ini, berfokuslah pada motivasi-motivasi yang mulia tersebut. Saat motivasi terasa mulai menurun, ingatkanlah diri Ibu kembali pada motivasi-motivasi tersebut.

Seraya Ibu terus menjalani pekerjaan ibu, temukanlah hal-hal positif di dalamnya. Misalnya, tentunya banyak pihak yang membutuhkan kemampuan Ibu. Banyak rekan yang nyaman bekerja dan berinteraksi dengan Ibu di kantor.

Sebaliknya, Ibu juga memiliki teman dan sahabat-sahabat yang baik dan bisa saling mendukung di lingkungan kantor. Di rumah pun suami dan keluarga bangga dan membutuhkan Ibu untuk mendukung keuangan keluarga.

Ibu, perjalanan seseorang untuk meraih tujuan memang tidaklah selalu mulus. Akan selalu ada hambatan, ujian, dan bahkan tekanan yang bisa membuat ketidaknyamanan. Tidak ada tempat kerja atau pekerjaan yang selalu sesuai dengan harapan kita. Tidak semua orang mendukung kita.

Yakinilah itu semua sebagai kehendak Allah. Untuk kita agar lebih kuat, semangat, terdorong untuk memperbaiki diri dan tentunya mendekatkan diri padaNya. Saya yakin Ibu kuat dan sanggup menyelesaikan masalah Ibu.

Diturunkan Jabatan Karena diFitnah

Mengenai permasalahan “pemfitnahan” tersebut, pikirkanlah dengan kepala dingin. Selesaikan sesuai jalur dan prosedur yang berlaku di organisasi tempat bekerja Ibu. Tentunya dengan pendekatan yang baik. Jalanilah dengan tetap sabar, tenang dan selalu berpikir positif.

Namun demikian, bila penyelesaian hal ini tidak berjalan sesuai harapan Ibu, saran saya, cobalah untuk menerima dengan sabar. Jangan biarkan hal tersebut menjatuhkan Ibu. Yakinlah bahwa Allah tidak tidur dan kebenaran akan terbukti, kalaupun tidak di dunia pasti akan dinilai di akhirat.

Maafkan, lupakan dan kembalilah bekerja dengan semangat baru. Buktikan bahwa Ibu mempunyai kemampuan dan sikap kerja yang baik. Insya Allah lingkungan akan dapat menilainya.

Selamat berjuang Ibu. Doa dan peluk erat dari saya.

Salam bahagia,

Citra.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Adik Ipar Berubah Jadi Pendiam.

Tentang Psikolog

Citra Pharamidevie Psikolog

Telah menangani berbagai klien. Baik Kementrian, BUMN, maupun perusahaan swasta. Dan sejak tahun 2015 ia melebarkan sayapnya pada bidang Parenting karena menemukan banyak permasalahan di dunia kerja yang sangat berhubungan dengan pola asuh. Ibu 2 anak yang punya motivasi “Hidup sekali harus berarti” ini, merasa lebih berarti dengan bergabung di PSYLine.id Psikologi Online Indonesia. Sebagai Psikolog Profesional.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog