Konsultasi Psikologi: Dihantui Hubungan Masa Lalu yang Tidak Sehat

Diposting: 21 Oktober 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 892 kali.

Psikolog: Citra Pharamidevie Psikolog

: Kalina

: Malang

: Wanita

Isi Konsultasi:

Hallo PSYLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya sedang dalam keadaan terberat saat ini. Saya selalu dihantui oleh masa lalu saya, perasaan bersalah saya merasa bodoh sekali.

Saya dulu berada dalam hubungan yang tidak sehat, mantan saya selalu mengancam saya. Saya pernah melakukan hubungan suami istri dengan dia beberapa kali. Jika saya menolak permintaannya, dia mengancam akan membongkar rahasia itu pada orang orang disekitar saya. Saya sangat takut. Bahkan, ketika kita sudah putus, kadang ia masih melakukan ancaman untuk saya.

Saat ini saya dalam hubungan baru. Pasangan baru saya selalu mengorek masa lalu saya. Sebenarnya saya tidak ingin mencertakan banyak banyak. Saya jujur jika saya sudah tidak perawan. tetapi dia selalu ingin mengorek lebih banyak lagi.

Banyak yang saya tutupi dan perlahan ia tau. Dia mencap saya pembohong. Padahal saya melakukan hal itu untuk menutupi masa lalu. Saya tidak ingin mengingat-ingat. Jika saya ingat, saya malu pada diri saya apalagi di depan dia. saya merasa tertekan sekali. Mohon Bantuannya.

Citra Pharamidevie, M.Psi, Psikolog.

Jawab:

Dihantui Hubungan Masa Lalu yang Tidak Sehat.

Halo K.

Terima kasih sudah mau mempercayakan masalahnya pada Psyline. Saya coba bantu ya.

K sayang,

Saya turut prihatin mendengar cerita kamu. Sebagai sesama perempuan saya paham sekali ketika kamu merasa bersalah, merasa bodoh dan merasa dihantui masa lalu. Hingga kebiasaan tidur dan makanmu terganggu.  

Menyedihkan memang ketika kita merasa bersalah karena telah melakukan hubungan yang tidak sehat. Dan Ketakutan karena adanya ancaman dari pasangan.

Tentu saja sakit rasanya ketika kita tidak dihargai oleh pasangan, yang notabene adalah salah satu “penyebab” kita melakukan kesalahan itu.

Dan ketika ingin move on dengan meninggalkannya, ternyata kamu menjalin hubungan dengan orang yang ingin mengorek masalah lalumu yang tidak mengenakkan itu.

Saat kamu sudah jujur tentang masa lalumu yang kurang menyenangkan, itupun ternyata ia menuntut cerita yang lebih detil. Hingga ketika ia menemukan informasi dari orang lain, ia mencap dirimu sebagai pembohong.

Dihantui Hubungan Masa Lalu yang Tidak Sehat

K sayang,

Di sisi lain, saya juga menangkap, kamu sudah merasa menyesal. Sehingga enggan mengingat-ngingat kembali masalah tersebut dan ingin mengubur kenangan tersebut.

Saya sangat hargai hal itu.

Tentunya kamu ingin menjadi pribadi yang baru, yang tidak lagi dibayang-bayangi kesalahan masa lalu. Selain itu, tentu saja ingin mendapatkan pasangan hidup yang baik, menghargai kamu dan menerimamu apa adanya.

K sayang,

Menurut saya ada baiknya kamu “break” dulu dari pacaran. Jangan dulu menjalin hubungan cinta dengan siapapun. Ubah fokus hidupmu pada kegiatan lainnya, yang lebih produktif. Misalnya, bergabung dengan club seni, olahraga atau pengajian dan lain-lain.

Berkumpullah dengan teman-teman baru, yang baik dan bisa membawa suasana lebih bahagia. Dengan begitu harapannya kamu akan melupakan permasalahanmu. Dan kamu bisa berpikir lebih jernih. Karena kemungkinan ketika kamu masih terjebak pada kegiatan pacaran. Maka kamu akan selalu berfokus pada masalah itu sehingga perasaan tidak nyaman itu akan terus ada.

K,

Pada dasarnya semua orang pernah punya melakukan kesalahan, baik kesalahan besar ataupun kecil. Yang terpenting adalah kita menyadari kesalahan dan mau untuk bertobat. Terima keadaanmu dan maafkan dirimu. Mohon ampunan pada Allah yang Maha Pengampun dan bertekat tidak melakukan kesalahan itu lagi. Sampaikan apa yang kamu rasakan pada Allah. Menangislah dan memohonlah ampunan dariNya. Teruslah lakukan hal ini hingga perasaanmu kembali tenang dan kuat.  

Kalau memungkinkan, minta maaflah pada pihak yang sudah kita sakiti/rugikan, dalam hal ini adalah orangtua K. Karena orangtua sebagai orang yang bertanggung jawab atas diri kita pastinya merasa kecewa dan sedih putrinya berlaku seperti itu dan diperlakukan demikian. Namun kalau belum siap dan dampaknya lebih buruk sebaiknya tidak disampaikan pada orangtua.

Hidup Bukan Hanya Sekedar KEPERAWANAN

K,

Kamu masih muda. Insya Allah masih panjang perjalanan hidupmu. Hidup bukan hanya sekedar “keperawanan”. Masih banyak kemampuan dan kelebihanmu yang bisa berguna bagi banyak orang. Ayo bangkit dan jadilah pribadi yang berani menatap masa depan.

Fokuskan diri untuk mengembangkan kompetensi. Kenali dirimu; cari minat, bakat dan kemampuan yang dapat dikembangkan. Carilah sarana, kesempatan dan komunitas yang mendukung pengembangan dirimu. Tentukan target yang menantang dan raihlah cita-citamu itu. Kamu pasti bisa!!!!

Jangan khawatirkan jodohmu. Insya Allah ketika kamu berubah menjadi pribadi yang lebih baik, berkumpul dengan orang baik maka kamu akan mendapatkan pasangan yang baik pula. Yang dapat membimbingmu ke arah yang lebih baik, memperlakukanmu dengan baik dan menerimamu dengan sebaik-baiknya dirimu. Teruslah memohon ampun dan bantuan dari Allah.   

Saya pun turut berdoa semoga Allah memudahkan dan membantumu menjadi pribadi yang lebih baik.

Peluk sayang….       

Salam bahagia,

Citra

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Pribadi yang Tidak Berkembang Karena Takut Salah.

Tentang Psikolog

Citra Pharamidevie Psikolog

Telah menangani berbagai klien. Baik Kementrian, BUMN, maupun perusahaan swasta. Dan sejak tahun 2015 ia melebarkan sayapnya pada bidang Parenting karena menemukan banyak permasalahan di dunia kerja yang sangat berhubungan dengan pola asuh. Ibu 2 anak yang punya motivasi “Hidup sekali harus berarti” ini, merasa lebih berarti dengan bergabung di PSYLine.id Psikologi Online Indonesia. Sebagai Psikolog Profesional.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog