Konsultasi Psikologi: Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Diposting: 12 Oktober 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 635 kali.

Psikolog: Dewi Anggraeni Psikolog

: Anonim

: Bogor

: Wanita

Isi Konsultasi:

Terima kasih untuk psyline dan psikolog dari psyline yang mengizinkan saya untuk berkonsultasi gratis melalui website psyline.id.

Umur saya sudah 22 tahun yang dapat dikatakan sudah dewasa. Namun hingga saat ini saya adalah pribadi yang sulit dalam mengontrol emosi saya. Apakah hal ini tidak normal?

Saya seringkali mudah marah dan banyak orang di sekitar saya yang terganggu dengan sikap saya termasuk pacar saya. Sulit bagi saya mengontrol emosi saya. Saya juga orang yang panikan dan mudah stress. Sehingga, hal kecil saja dapat sangat berpengaruh terhadap mood saya.

Mental saya terbilang lemah, mudah tersinggung, mudah marah, mudah sakit hati. Saya juga memiliki banyak trauma sakit hati dan dari kecil saya dididik dengan keras oleh keluarga saya. Hal-hal tersebut menyebabkan saya selalu tidak percaya diri. Saya selalu takut kehilangan pacar saya namun hal itu membuat saya tidak sengaja posesif.

Bagaimana solusi agar saya bisa mengontrol emosi, menghilangkn sifat posesif, dan menghilangkan trauma sakit hati saya? Saya ingin menjadi pribadi yang lebih menyenangkan. Terimakasih.

Dewi Anggraeni, S.Psi, Psikolog

Jawab:

Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan.

Dear Anonim,

Terima kasih telah Berbagi cerita kepada PSYLine. 

Usiamu 22 tahun, sedang merasa depresi karena menyadari bahwa tidak bisa mengendalikan emosi. Kamu juga cepat marah, cepat merasa tersinggung, cepat panik dan cepat merasa stress. Kamu juga mudah sakit hati serta suasana hati mudah terganggu oleh hal-hal kecil. 

Sejak kecil dididik keras oleh orang tua dan banyak mengalami trauma (sakit hati). Akibatnya merasa tidak percaya diri dan sangat takut kehilangan pacar, hingga sikap terhadap pacar menjadi posesif.

Pertanyaanmu:

  • Apakah hal2 tsb di atas tidak normal?
  • Bagaimana solusi agar bisa mengontrol emosi, menghilangkan sifat posesif, dan menghilangkan trauma sakit hatimu?

Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan!

Anonim, Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan itu tidak sesulit yang disangka.

Pada usiamu saat ini, diharapkan bahwa kamu mulai bisa menahan diri. Hal ini perlu waktu dan merupakan proses belajar. Kesadaran bahwa kamu memiliki persoalan dan menyadari akibat negatif bagi dirimu, lingkungan (keluarga, teman dan pacar). Ingin mencari jalan keluarnya merupakan langkah pertama yang sangat bagus! 

Cara Mengontrol Emosi Agar Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Perasaan marah, mudah sakit hati, sikap posesif, cepat merasa panik dan stress dan sebagainya, sebenarnya lebih disebabkan oleh interpretasimu (pemberian arti) yang negatif atau salah terhadap situasi/kejadian yang kamu alami/hadapi. Kamu “bumbui” dan “warnai” situasi itu sehingga tidak lagi seperti aslinya atau apa adanya. 

Kalau kamu ada teman yang tidak menyapamu, langsung kamu berpikir “dia tidak suka aku lagi”, “dia sombong”, dan sebagainya. Akibatnya kamu merasa gelisah, sedih, sakit hati dan marah terhadap teman itu. Sebenarnya kamu bisa pula memilih untuk berpikir “dia tidak menyapaku karena sedang melamun”, “sedang sibuk dengan HP-nya”..dan sebagainya. Betul, tidak?

Jadi bagaimana kamu berpikir dan mengartikan sesuatu (ini kamu sendiri yang menentukan) akan menentukan bagaimana (enak atau tidaknya) perasaanmu. 

Menghilangkan Pengalaman Sakit Hati

Menghilangkan pengalaman sakit hati pun bisa dengan cara merubah cara berpikirmu. Sakit hati akan sulit dilupakan dan tetap menyakitkan apabila kamu hanya terfokus pada “sakit”nya saja. Ambil pelajaran darinya yang bisa membuat kamu bijak dan lebih berhati-hati. Sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan. 

Bina, ciptakan dan jangan lupakan pengalaman-pengalaman positif dan menyenangkan yang juga kamu alami setelah kejadian yang menyakitkan itu. Menghilangkan sikap posesif pun bisa dengan cara berpikir positif seperti yang diuraikan di atas!

Di samping itu, tingkatkan rasa percaya dirimu, berkomunikasilah dengan baik (jelas dan dimengerti) dengan pacar dan siapapun. Meminta dan bersedia menerima masukan (feedback) atas sikapmu, serta bekerja samalah dengan keluarga, teman-teman baik dan pacarmu. Bila hal-hal ini dilakukan maka jalan akan terbuka bagimu untuk menjadi pribadi yang lebih menyenangkan.

Menghilangkan Sifat Posesif

Mungkin kamu cinta sekali dia atau pernah putus cinta, jadi saat ini takut kehilangan dia, makanya kamu terus-menerus mengontrol dia, cemburuan, tidak percaya dia, “menguasai dan mengatur” dia…dan sabagainya… Sikap seperti ini semua akan menyebabkan si pacar merasa tidak nyaman dan serba salah. Akibatnya, ketakutanmu akan  kehilangan dia justru bisa menjadi kenyataan.

Salam dan selamat belajar menjadi pribadi dewasa yang menyenangkan

Salam bahagia,

Dewi Anggraeni

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Stress Menderita Binge Eating Disorder.

Tentang Psikolog

Dewi Anggraeni Psikolog

Psikolog lulusan Universitas Padjadjaran, mempelajari antara lain: RET (Rational-emotive therapy), Logo Therapy, Autogene, ACT (Acceptance Commitment Therapy). Saat ini tinggal di Velserbroek, Belanda.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog