Konsultasi Psikologi: Kecanduan Seks Karena Pernah Menjadi Korban Pelecehan

Diposting: 8 Februari 2018 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 2216 kali.

Psikolog: Ummi K. Irawan Psikolog

: MM

: Bogor

: Wanita

Isi Konsultasi:

Hai, Dok.

Saya punya masa lalu yang buruk. Pola asuh yang buruk dari kedua orangtua saya. Ibu saya suka membentak dan main tangan pada saya. Sedangkan ayah saya cuek dan sering ikut memarahi saya, kadang juga melakukan kekerasan fisik dari kecil sampai saya remaja.

Saya juga mengalami pelecehan seksual masa kecil. Pelecehan seksual itu dilakukan oleh beberapa orang. Pelecehan itulah yang menyebabkan saya mengalami kecanduan pada hubungan seksual. Bahkan saya melakukannya dengan pacar saya.

Saat ini saya menjadi seseorang yang tidak punya tujuan dan merasa tidak mampu melakukan apapun. Bagaimana solusinya?

Saya ingin menjadi wanita normal pada umumnya. Apalagi saya akan segera berkeluarga. Saya tidak mau trauma masa kecil saya menyebabkan salah didik pada anak-anak saya nanti.

Terimakasih.

Ummi K Irawan, S.Psi., Psikolog.

Jawab:

Dear MM yang sedang gundah, Terimakasih sudah mau berbagi dengan kami di PSYLine.id Psikologi Online Indonesia. Wah kapan-kapan kita bisa jajan Macaroni Panggang bareng di warung MP yah ;). Kecanduan Seks Karena Pernah Menjadi Korban Pelecehan

Pertama, perlu saya sampaikan dan perlu dipahami beda Psikolog dengan Psikiater ya.

Kalau Psikolog, dari awal kuliahnya, tidak menangani medikasi atau pengobatan yang dilakukan dokter. Psikolog menangani masalah kejiwaan melalu pendekatan non medis. Sedangkan Psikiater adalah seorang Dokter yang mengambil spesialisasi di bidang kejiwaan.

Perlu kami informasikan perbedaan antara Psikolog dengan Psikiater. Anda dapat membacanya di artikel PsyLine.id Psikologi Online Indonesia dengan judul:

Mau tahu apa Perbedaan Psikolog dan Psikiater?

Kecanduan Seks Karena Pernah Menjadi Korban Pelecehan

Saya bisa mengerti kegelisahan yang kamu alami saat ini. Mempunyai masa lalu yang buruk memang sungguh berat. Dengan masa lalu orang tua yang kurang kasih sayang dan pelecehan seksual yang pernah  kamu alami.

Tapi ingatlah satu hal MM, itu terjadi di masa lalu, SUDAH BERLALU. Kamu hidup di SAAT INI, dan SAAT INI KAMU SUDAH DEWASA, KAMU MEMPUNYAI KENDALI PADA HIDUPMU, bukan DIKENDALIKAN ORANG LAIN.

Ini saatnya menata hidupmu dan  masa depanmu. Umurmu masih sangat muda, 22 tahun. Banyak hal baik yang akan terjadi pada dirimu, asalkan kamu berbaik sangka pada Allah SWT.

Saran Untuk MM

Saran saya ada beberapa hal.

  • Pertama, Mohon Ampun Kepada Allah SWT

    Karena kamu beragama islam, lakukan sholat taubat. Mohon ampun pada Allah SWT atas kesalahan yang pernah kamu lakukan, yaitu berzina dengan pacarmu. Hentikanlah perbuatan tersebut.

    Jika kamu merasa tidak mampu menghentikan perbuatan ini, mohon pertolonganNya untuk bisa menguatkan dirimu. Memohonlah setiap kali kamu mempunyai kesempatan. Lakukan terus-menerus, tidak cuma satu dua kali. Insyaa Allah nanti kamu perlahan akan merasakan kasih sayang Allah SWT. Hal itu akan memberimu kekuatan dan tujuan hidup.

  • Kedua, Cobalah Untuk Memaafkan

    Maafkanlah orang-orang yang pernah menyakitimu di masa lalu. Lepaskanlah rasa marah, sedih, ketakutan, sakit hati dan apapun yang kamu rasakan.

    Mungkin hati kamu akan berontak, “Enak aja memaafkan. Mereka itu yang salah! Karena mereka, saya jadi begini. Mengapa saya yang harus memaafkan?”

    MM sayang, memaafkan itu untuk kepentinganmu, untuk ketenangan hatimu, bukan untuk mereka. Biarlah mereka menanggung dosa perbuatan mereka sendiri. Kemarahan, sedih, sakit hati dan berbagai emosi negatif lainnya, itu ibarat membawa sebongkah batu di punggungmu.

    Semakin banyak perasaan negatif yang kamu simpan, maka semakin banyak batu-batu yang kamu bawa di punggungmu. Ini akan membebani langkahmu ke depan. Merusak kesehatanmu dan menghancurkan dirimu sendiri. Karena itu lepaskanlah.

    Berat? Pasti!
    Sulit? Jelas!
    Mustahil? Tidak!

    Kalau kamu ingin ringan, tenang dan mantap melangkah ke depan tanpa beban-beban yang membebanimu. Kamu perlu berusaha melepaskan, merelakan dan mengikhlaskan semua kejadian tersebut. Ikhlas bahwa itu adalah takdir Allah SWT yang sudah terjadi dan harus kamu jalani.

    Jadikanlah semua pengalaman hidup itu menguatkan hatimu dan menumbuhkan pribadimu. Munculkanlah MM yang dewasa, berhati lembut dan penuh kasih sayang pada orang lain. Terutama pada anak-anak dan keluargamu kelak jika kamu memilikinya.

  • Ketiga, bicarakanlah dengan pacarmu

    Katakan bahwa apa yang kalian lakukan saat ini adalah perbuatan dosa besar. Menikahlah kalian berdua. Hidupkanlah rumah tangga yang penuh kasih sayang di mana seks menjadi bagian yang halal dan menyenangkan dalam kehidupan suami istri.

    Seks yang kamu lakukan saat ini tidak lebih dari sekedar hubungan fisik. Tidak ada barokah di dalamnya. Sehingga membuatmu merasa tidak punya tujuan dan tidak mampu melakukan apapun. Semakin sering kamu melakukannya, maka kamu akan semakin merasa tidak berdaya dan tidak berharga.

    Jadilah kalian suami-istri yang saling menguatkan dan mendukung untuk menggapai rumah tangga yang tenang dan harmonis. Jadilah kalian berdua orang tua yang penuh kasih sayang dan melindungi anak-anak kalian kelak.

Lupakankah masa lalu. Hiduplah untuk hari ini dan masa depan. Mintalah selalu pertolongan pada Allah SWT, insyaAllah kamu akan diberi kekuatan dan jalan keluar.

Salam bahagia,

Ummi

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Nekat Berhubungan Badan Dengan Pacar Agar Direstui Orangtua.

Tentang Psikolog

Ummi K. Irawan Psikolog

Belasan tahun pengalaman di bidang assessment center.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog