Konsultasi Psikologi: Mahasiswa Psikologi Ingin Pindah Jurusan

Diposting: 11 November 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 1389 kali.

Psikolog: Palupi Maulia Andari, M.Psi, Psikolog

: Ria

: Bandung

: Wanita

Isi Konsultasi:

Pak/bu PSYLine.id Psikologi Online Indonesia,

Saya ria saya seorang mahasiswa jurusan psikologi di bandung, semester 3. Semenjak saya melakukan perjalanan waktu untuk menjalani perkuliahan di psikologi, saya merasa kurang cocok masuk diperkuliahan ini.

Saya sudah 2 kali minta pindah jurusan. Tetapi orangtua saya, terutama papa saya tidak mengizinkan saya untuk pindah. Saya malah dimarahin dan papa saya bilang, jika kamu pindah lebih baik tidak kuliah. Terlebih lagi nenek saya memarahi saya dengan memukul saya menggunakan bantal guling. Tapi disisi lain, saya tau itu karena saya sempat tidak kuliah setahun.

Menurut bapak atau ibu bagaimana saran yang bapak/ibu berikan untuk saya? Terimakasih.

Palupi Maulia Andari, M.Psi, Psikolog

Jawab:

Mahasiswa Psikologi Ingin Pindah Jurusan.

Dear Ria di Bandung

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kepercayaan Ria untuk menyampaikan permasalahan di PSYLine.

Apa yang Ria alami saat ini memang bukan situasi yang mudah bagi seorang anak. Apalagi untuk dapat menyampaikan keinginannya untuk berhenti dari kuliah dan berpindah jurusan. Di sisi lain, sebagai orang tua juga bukanlah hal yang mudah untuk mengabulkan keinginan anak berpindah jurusan. Di mana hal itu berarti akan bertambahnya waktu dan biaya untuk menyelesaikan perkuliahan. Besar harapan orang tua untuk melihat anaknya segera menyelesaikan perkuliahan. Dan mendapatkan gelar sarjana. 

Mahasiswa Psikologi Ingin Pindah Jurusan

Sayangnya, di dalam surat tidak dijelaskan apa yang menjadi penyebab Ria tidak cocok kuliah di jurusan Psikologi. Apakah karena kegiatan perkuliahan seperti situasi kelas yang membosankan atau dosen yang tidak menyenangkan? Atau karena materi atau ilmu psikologi yang kurang diminati, atau karena tugas-tugas perkuliahan? Atau karena lingkungan pergaulannya yang membuatmu kurang nyaman? 

Saat ini Ria sudah menjalani perkuliahan selama 3 semester, sehingga harus dipikirkan benar-benar keputusan untuk berpindah jurusan. Apakah alasannya sudah cukup tepat dan rasional, atau hanya karena emosi sesaat. Waktu 3 semester bukanlah waktu yang sebentar. Apalagi Ria mengatakan pernah tidak kuliah selama setahun.

Memang tidak ada salahnya dengan berpindah jurusan, hanya saja dibutuhkan pemikiran yang benar-benar matang. Masalah pemilihan jurusan semestinya sudah dipikirkan sejak masih duduk di bangku SMA.

Pemilihan jurusan harus didasarkan pada minat dan bakat serta kemampuan. Minat dan bakat tidak muncul tiba-tiba, melainkan dengan mencermati perjalanan selama sekolah. Selain minat juga perlu diperhatikan kemampuan. Bila kemampuan kurang memadai bisa membuat seorang mahasiswa mengalami demotivasi atau penurunan semangat menjalani kuliah.

Saat dulu memilih jurusan psikologi, apakah yang menjadi pertimbangan Ria? Apakah orangtua yang menghendaki? Apakah saat itu Ria sebenarnya tidak terlalu berminat dengan jurusan psikologi? 

Apa Penyebab Ingin Pindah Jurusan

Dari paparan sebelumnya, ada dua hal mendasar yang perlu saya ketahui.

  • Pertama, apakah penyebab Ria ingin berpindah jurusan.
  • Kedua, apakah alasan Ria dahulu memilih jurusan psikologi. 

Ria mengatakan sudah dua kali menyampaikan keinginan untuk berpindah jurusan ke orang tua. Apakah saat itu Ria sudah menyampaikan alasan pindah jurusan? Lalu apakah tanggapan atau alasan orang tua tidak mengijinkan Ria untuk pindah jurusan? Apakah ada masalah finansial, karena pindah jurusan berarti pula menambah biaya kuliah. Hal ini harus pula menjadi salah satu pertimbangan Ria untuk pindah jurusan. 

Harus diperhatikan pula penyampaian ke orang tua. Sampaikan alasan-alasan yang jelas dan logis. Tekankan pada alasan-alasannya, bukan pada keinginan untuk pindah jurusan. Ketika bicara, sampaikan masalah-masalah yang dihadapi Ria selama kuliah. Sampaikan pula kelebihan-kelebihan Ria pada jurusan yang lain. Misalnya Ria ingin berpindah jurusan ke ilmu eksakta maka tunjukkan nilai-nilai Ria pada pelajaran yang eksakta.

Ketika Ria nanti mencoba lagi untuk bicara sebaiknya tidak langsung dengan kalimat saya ingin pindah jurusan. Karena bisa jadi, kalimat tersebut yang menjadi fokus perhatian dari orang tua dan bukannya berfokus pda alasan kenapa pindah jurusan

Saran saya untuk saat ini bisa saya ringkas

  1. Cobalah untuk benar-benar mengenali minat dan kemampuan, serta kepribadian. Hal ini juga bisa berguna nanti saat memilih pekerjaan yang sesuai. Ria bisa mendatangi layanan psikologi di kampus Ria untuk dilakukan pengukuran minat, kemampuan, serta kepribadian.
  2. Mantapkan alasan-alasan yang logis dan rasional untuk pindah jurusan. Tanyakan kembali ke diri sendiri secara jujur bahwa keinginan untuk pindah ini murni didasarkan pada adanya minat, bakat, dan kemampuan pada jurusan lain dan bukan semata-mata karena masalah emosi semata. 
  3. Bila sudah yakin, cobalah untuk kembali berkomunikasi pada ayah. Tetaplah mencoba untuk menyampaikan keinginan Ria pada ayah. Libatkan ibu atau saudara yang bisa membantu Ria untuk menyampaikan keinginan pada ayah. 

Tetap semangat ya Ria.. Masa depan dimulai dari hari ini..

Salam bahagia,

Palupi Maulia Andari, MPsi

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun.

Tentang Psikolog

Palupi Maulia Andari, M.Psi, Psikolog

Psikolog pada sebuah rumah sakit di Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog