Konsultasi Psikologi: Merasa Menjadi Minder dan LOLA Setelah Masuk Kuliah

Diposting: 5 Februari 2018 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 732 kali.

Psikolog: Diana Rahmawati

: Ricas

: Bandung

: Wanita

Isi Konsultasi:

Saya sebagai mahasiswa kenapa jadi tambah pendiam, pikiran lambat dan pikiran negative. Dari semester awal sampai semester 3 ini susah untuk bergaul. Apalagi saya sangat malu didepan siapapun.

Saya merasa bodoh dan minder dan beda yang disekeliling. Saya jadi sedih setiap sendiri. Sangat beda dari jaman SD sampai SMA. Sebab bisa menjadi masalah besar setelah lulus kuliah nanti.

Bagaimana cara menghilangkan sifat pendiam dan pikiran tambah lambat?

Diana Rahmawati

Jawab:

Sodari. Ricas di Bandung, yang Merasa Menjadi Minder dan LOLA Setelah Masuk Kuliah. Terima kasih atas kepercayaan Anda bertanya kepada PSYLine.id Psikologi Online Indonesia. LOLA (Loding Lama).

Saat ini sepertinya Anda sedang merasa sedih pada diri sendiri. Anda merasa lambat berpikir, merasa susah bergaul, minder dan malu ketika di depan banyak orang. Anda juga sangat mengkhawatirkan masa depan Anda setelah lulus kuliah nanti. Kondisi ini Anda rasakan sangat berbeda dengan ketika Anda masih duduk di bangku SD sampai SMA.

Sayangnya Anda tidak menceritakan bagaimana Anda yang dulu ketika masih duduk di bangku SD hingga SMA. Apakah Anda memiliki prestasi yang membuat Anda bangga di masa-masa itu? Jika iya, Anda pernah mendapatkan prestasi kala itu. Tentunya  Anda punya usaha dan strategi untuk meraihnya.

Jika sudah menemukan jawabannya, mengapa Anda tidak coba terapkan lagi usaha Anda tersebut untuk saat ini?

Menjadi Minder dan LOLA Setelah Masuk Kuliah

Masa perkuliahan memang berbeda dengan masa sekolah. Di masa sekolah siswa ‘sekedar’ mengikuti pelajaran yang sudah ditetapkan setiap tahunnya. Sedangkan saat kuliah, Mahasiswa harus menentukan sendiri jumlah SKS yang harus diambil. Mahasiswa dituntut untuk lebih banyak belajar mandiri. Belum lagi dengan tugas-tugas lainnya yang menyita waktu. Dengan demikian Anda juga harus bisa mengatur waktu dengan baik.

Bisa jadi Anda masih mengalami masa penyesuaian diri dari masa sekolah ke masa kuliah. Jika letak permasalahan intinya adalah penyesuaian diri. Ada baiknya Anda mencari bantuan pada orang yang Anda percaya di sekitar Anda.

Mungkin Anda bisa meminta bantuan pada teman yang Anda anggap cukup pintar untuk belajar bersama. Anda juga bisa mendekati kakak tingkat untuk mencari informasi tentang perkuliahan Anda. Atau curhat dengan dosen pembimbing yang mungkin bisa memberi masukan kepada Anda. Sehingga Anda bisa lebih menyesuaikan diri dan nyaman dengan perkuliahan Anda.

Tentang kekhawatiran Anda terhadap masa depan setelah lulus nanti. Sebaiknya Anda fokus dulu pada apa yang Anda harus lakukan saat ini. Yaitu memperbaiki kondisi Anda saat ini.

Ingat kembali tujuan awal Anda untuk berkuliah. Apa yang Anda harapkan?

Semoga pertanyaan-pertanyaan tersebut memotivasi Anda kembali untuk bangkit dan lebih bersemangat menghadapi hari-hari Anda.

Salam Bahagia 🙂

Diana Rahmawati

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Sering Bolos Kuliah Karena Kekejaman Senior.

Tentang Psikolog

Diana Rahmawati

Memiliki pengalaman dalam kegiatan asasement dan pernah bekerja sama dengan beberapa konsultan psikologi. Ibu dari 3 anak yang jg aktif membantu kegiatan komite sekolah.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog