Konsultasi Psikologi: Merasa Orang Paling Sial SeDunia

Diposting: 14 November 2017 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 929 kali.

Psikolog: Dinda Setiadewi, M.Psi, Psikolog.

: Dira

: Trenggalek

: Wanita

Isi Konsultasi:

Selamat siang PSYLine.id Psikologi Online Indonesia,

Akhir-akhir ini saya merasa begitu kacau , sedih. Saya merasa, saya adalah orang yang paling sial di dunia ini. Saya merasa saya sendiri, tidak ada yang peduli kepada saya. Saya merasa bosan dan tidak betah berada di rumah, saya merasa menjadi orang yang paling tidak beruntung. Saya Merasa Orang Paling Sial Se-Dunia.

Saya harus bagaimana? Mohon Bimbingannya. Terimakasih sebelumnya.

Dinda Setiadewi, M.Psi, Psikolog

Jawab:

Merasa Orang Paling Sial SeDunia.

Dear Dira,

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas kepercayaannya untuk berbagi permasalahan yang sedang Dira hadapi dengan kami di PSYLine. Berdasarkan apa yang disampaikan melalui e-mail ini. Kami dapat memahami apa yang saat ini dialami dan dirasakan oleh Dira.

Merasa Orang Paling Sial SeDunia

Dira pun tidak perlu kecil hati, yang justru akan semakin memperburuk kondisi Dira. Perlu Dira ketahui bahwa di luar sana cukup banyak pula yang mengalami hal serupa. Maka jangan Merasa Orang Paling Sial SeDunia.

Yang paling penting saat ini adalah bagaimana caranya agar Dira mampu untuk survive dari keadaan tersebut. Mengingat usia Dira saat ini masih sangat muda, rasanya terlalu dini apabila Dira menilai diri sebagai seorang yang “sial”.

  1. Syukuri Apa yang Ada

    Mari coba kita lihat kembali ke masa yang lalu. Boleh Dira buat list mengenai apa saja yang sudah berhasil Dira raih atau berhasil lalui? Tidak harus sesuatu yang mengandung nilai prestige. Namun hal sederhana yang luput dari rasa syukur kita namun sebetulnya merupakan keberuntungan. Misalnya saja tentang kesehatan, bisa sekolah sampai dengan SMA tanpa kesulitan, mempunyai pacar yang pengertian, dan sebagainya.

  2. Tidak Membandingkan

    Ada baiknya pula Dira lebih fokus pada pencapaian diri. Tidak perlu membandingkannya dengan orang lain. Maka kamu tidak akan Merasa Orang Paling Sial SeDunia.

  3. Menyusun Rencana

    Andai pun masih ada hal-hal yang belum tercapai, belum terlambat untuk segera memulai menyusun rencana dan strategi dalam rangka meraihnya.

  4. Perkuat Kemauan dan Komitmen

    Yang perlu Dira kuatkan adalah kemauan dan komitmen. Hal itu untuk berusaha mewujudkan apa saja yang menjadi cita-cita Dira. Untuk memudahkan Dira melakukan evaluasi, bisa ditulis misalnya di buku Diary mengenai harapan yang ingin Dira raih. Baik dalam jangka pendek, menengah dan panjang.

    Saran dari kami, dalam menuliskan harapan buatlah se-realistik mungkin dan spesifik.
    Misalnya yang dianggap kurang realistik dan kurang spesifik adalah: ingin berhasil di dunia dan akhirat, ingin bahagia.
    Sebaiknya ditulis dengan kalimat yang lebih mudah untuk dilaksanakan seperti: bisa menjadi karyawati di posisi manajemen, bisa melaksanakan sholat 5 waktu dan ditambah dengan sholat sunnah, ataupun hal-hal lain yang ingin Dira raih.

    Tidak perlu muluk-muluk, bisa dimulai dari hal terkecil lebih dulu. Jangan lupa pula untuk selalu bersyukur serta melakukan evaluasi secara berjangka. Hal ini penting agar Dira dapat segera merubah strategi jika ada langkah yang dianggap kurang efektif.

  5. Mempunyai Alternatif Rencana

    Perlu diingat pula bahwa Dira jangan fokus pada satu rencana saja. Dira harus punya alternatif rencana lain.

    Kemudian, terkait perasaan seperti tidak ada yang peduli, bosan dan tidak betah ketika berada di rumah, sayangnya Dira kurang memberi gambaran terkait hal apa saja yang menimbulkan perasaan seperti itu.

  6. Mencari Kegiatan yang Positif dan Produktif

    Namun, dengan informasi yang disampaikan sebelumnya secara teknis bisa diatasi dengan mencari kegiatan lain yang positif dan lebih produktif. Salah satunya untuk mengusir kebosanan. Adapun jika Dira merasa tidak ada yang peduli, tidak ada salahnya apabila Dira terlebih dahulu yang meluangkan waktu untuk lebih banyak bersama dengan keluarga dan memberikan kepedulian terlebih dahulu.

Selamat mencoba, pantang menyerah ya.

Salam bahagia,

Dinda Setia Dewi

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Merasa Orang Paling Sial SeDunia, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Mahasiswa Psikologi Ingin Pindah Jurusan.

Tentang Psikolog

Dinda Setiadewi, M.Psi, Psikolog.

Dengan pengalaman utama sebagai konselor remaja dan dewasa beserta permasalahan dalam tugas perkembangannya. Memiliki minat terhadap pengembangan terapi klinis dan alat tes psikologi. Di waktu senggang, menyempatkan diri menyalurkan kegemaran yaitu wisata sejarah Indonesia ataupun hanya sekedar membaca buku sejarah.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog