Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Mimpi Basah Dengan Sesama Lelaki

Kategori: | 3651 Views

Konsultasi Psikologi: Mimpi Basah Dengan Sesama Lelaki

27 Maret 2018 | Penulis: Dra. Thersiah L Lubis, MA

: MDN

: Sidoarjo

: Pria

Isi Konsultasi:

Hai PSYLine.id Psikologi Online Indonesia, saya minta maaf sebelumnya.

Akhir-akhir ini saya mulai mengalami mimpi basah. Akan tetapi, bukan dengan seorang perempuan yang saya impikan melainkan laki-laki. Saya juga merasa jika saya mulai tertarik dengan sesama jenis. Saya tidak ingin tumbuh menjadi sesorang yang menyukai sesama jenis.

Tolong bantu dijawab dan diberikan solusi terbaik. Apakah hal itu bisa disembuhkan atau dihilangkan?

Dra. Thersiah L Lubis, MA

Jawab:

MDN yang baik, Yang sedang Galau karena mengalami Mimpi Basah Dengan Sesama Lelaki. Terimakasih sudah mengunjungi website kami.

Saya sangat menghargai kehadiran dan pertanyaan Anda. Karena keduanya menunjukkan kesungguhan Anda untuk menjadi diri Anda yang lebih baik.

Mimpi Basah Dengan Sesama Lelaki

Kekhawatiran anda tentang kecenderungan untuk mulai tertarik kepada teman sejenis, juga mimpi basah yang menggambarkan hubungan dengan teman sejenis, memang cukup beralasan. Karena bisa jadi memang hal tersebut merupakan ciri-ciri kecenderungan ke arah homoseksualitas.

Tapiii…

Perlu juga diketahui bahwa mimpi basah tentang sesama jenis tidak menjamin berkembangnya ketertarikan terhadap sejenis. Yang pasti, kecenderungan homoseksual ini bisa diminimalisir, bahkan dihilangkan. Tentunya diawali dengan keinginan yang kuat. 

Masa Remaja Adalah Masa Proses Pematangan

MDN yang baik, pada saat ini Anda berada pada pertengahan usia remaja. Di mana masa terjadi proses pematangan organ-organ seksual, pematangan daya berpikir, dll. Banyak hal terjadi pada diri anda, secara fisik maupun mental. Jadi jangan heran kalau fantasi pun berkembang “liar”. Tidak heran bila dalam mimpi Anda berhubungan seksual dengan sesama jenis. Atau tiba-tiba merasa tertarik dengan teman sejenis.

Pada usia anda, seseorang juga sedang giat-giatnya mencari “role model” (tokoh panutan). Jadi, ada kemungkinan bahwa ketertarikan ini lebih didasari oleh kekaguman terhadap teman lelaki anda. Mungkin karena tampan, atau bertubuh atletis, atau bersuara merdu, atau cerdas sekali, dsb. Sehingga Anda ingin bisa bergaul atau berinteraksi secara intensif dengan orang yang Anda kagumi.

Jadi, belum tentu ketertarikan tersebut bersifat seksual. 

Namun demikian, perlu juga dipahami bahwa ketertarikan ini juga bisa mendorong kepada perilaku homoseksual. Dengan catatan apabila Anda membiarkan fantasi “liar” tersebut berkembang.

Saran Untuk MDN yang Mimpi Basah Dengan Sesama Lelaki

Jadi, yang penting sekali Anda lakukan sekarang adalah:

  1. Menghentikan keinginan-keinginan dan fantasi “liar” tersebut.
  2. Alihkan energi liar tersebut kepada kegiatan-kegiatan positif yang menyita enerji. Misalnya, olahraga, berkesenian, belajar, berorganisasi, melakukan hal-hal kreatif, dll.
  3. Sementara ini, hindari dulu kegiatan bersama teman laki-laki dalam keadaan tidak berpakaian lengkap. Misalnya berenang atau berganti pakaian bersama rekan sejenis, apalagi hanya berdua.
  4. Lebih banyak bergaul dengan lawan jenis dalam batas-batas wajar.
  5. Cobalah untuk memahami daya tarik lawan jenis, mengenal keunikan lawan jenis.
  6. Bersahabatlah dengan lawan jenis.

Mudah-mudahan dengan cara ini Anda bisa menikmati relasi dengan lawan jenis.

Apabila Anda telah berusaha melakukan langkah-langkah di atas, dan dalam 2-3 bulan ke depan ketertarikan terhadap sesama jenis tetap mendominasi minat anda, maka akan sangat baik bila Anda menemui psikolog untuk langkah-langkah penanganan yang lebih intensif.

Untuk keperluan ini Anda bisa menghubungi PsyLine dan memperoleh saran mengenai pilihan Psikolog di daerah tempat tinggal anda.

MDN yang budiman, saya sangat berharap Anda dapat mengatasi masalah anda. Semoga Allah Memudahkan dan Melancarkan upaya anda. Aamiin YRA.

Salam bahagia,

Thersiah L. Lubis

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan konsultasi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Bergabunglah dengan kami di Media Sosial PSYLine.id Klik Tautan Berikut Ini:

comfort.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Depresi Karena Sering Disakiti Secara Batin Oleh Suami.

Tentang Penulis

Dra. Thersiah L Lubis, MA

Penggemar travelling yang jarang travelling ini, menyelesaikan studinya di Fakultas Psikologi Unpad tahun 1986, dengan gelar psikolog di bidang Klinis. Melalui pengalaman penanganan kasus-kasus klinis, ditemukanlah bahwa sesungguhnya tidak ada manusia atau kepribadian bermasalah. Masalah muncul karena interaksi antara manusia dan konteksnya yg tidak “fit”. Karena itu, makna “membantu” baginya adalah berada bersama dalam konteks signifikan, di mana masalah berkembang. Hal ini merupakan salah satu hal penting yang dipelajarinya saat mendalami Community Psychology di program pasca sarjana, Wilfrid Laurier University, Waterloo, Canada.

Tinggalkan Balasan