Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Konsultasi Psikologi Semangat Juang Menurun Setelah Bekerja

Kategori: | 376 Views

Konsultasi Psikologi: Semangat Juang Menurun Setelah Bekerja

15 Oktober 2017 | Penulis: Diana Rahmawati

: Anonim

: Bekasi

: Wanita

Isi Konsultasi:

Halo PSYLine.id Psikologi Online Indonesia,

Saya bermasalah terhadap diri saya. Saya tidak mengerti apa yang saya fikirkan. Dulu sebelum saat saya masih pelajar dan mahasiswi, semangat juang saya untuk menjadi yang terbaik sangat tertanam dalam diri saya. Tapi setelah lulus kuliah dan mulai bekerja, semangat saya turun.

Saya tidak mengerti kenapa bisa seperti itu. Entah karena pekerjaan yang tidak sesuai minat, atau memang tekanan dari sistem pekerjaan saya yang membuat saya menjadi kurang survive, atau entah saya tidak ada teman untuk saling menyemangati atau entah karna psikologi lainnya.

Yang jelas kinerja saya selama setelah bekerja menjdi sangat menurun. Sampai-sampai project mengenai masa percobaan saya di pekerjaan sangat telantar. Padahal ini sudah h-3 saya akan presentasi namun belum saya kerjakan.

Apa yang harus saya lakukan? Apa yang harus saya betulkan? Dan sebetulnya saya itu kenapa? Saya sangat depresi. Mohon Bimbingannya.

Diana Rahmawati

Jawab:

Semangat Juang Menurun Setelah Bekerja.

Dear Sdri. A.

Sebelumnya saya sampaikan terima kasih atas kepercayaan Anda kepada PSYLine.id untuk membantu permasalahan yang sedang Anda hadapi. Saya dapat memahami kondisi Anda saat ini yang membuat Anda kurang nyaman untuk menyelesaikan tugas-tugas dan berdampak pada kinerja Anda. 

Semangat Juang Menurun Setelah Bekerja

Anda sepertinya saat ini sedang mengalami kondisi demotivasi di bidang pekerjaan. Anda merasakan penurunan motivasi berprestasi dari yang sebelumnya sangat tinggi pada saat kuliah. Namun justru pada saat Anda sudah bekerja motivasi untuk berprestasi itu justeru menurun.

Sayangnya Anda tidak menjelaskan secara detil bidang pekerjaan yang Anda tangani saat ini. Serta target-target yang harus Anda penuhi di pekerjaan. Namun demikian, sebenarnya secara umum Anda sudah mampu memperkirakan beberapa faktor yang mungkin mempengaruhi kondisi Anda saat ini. Seperti:

  • pekerjaan yang tidak sesuai minat,
  • tekanan dari sistem pekerjaan,
  • dan tidak adanya teman yang menyemangati Anda.

Anda seperti kurang memiliki kemampuan untuk mengontrol hal-hal tersebut, yang merupakan faktor-faktor yang berasal dari luar diri Anda.

Tumbuhkan Keyakinan Diri

Sodari A,

Sebenarnya Anda memiliki kemampuan yang Anda butuhkan untuk bisa berhasil di pekerjaan Anda saat ini. Yang Anda perlu lakukan adalah menumbuhkan keyakinan dalam diri bahwa Anda memiliki kapasitas untuk mengatasi situasi yang Anda hadapi saat ini. Memanfaatkan pengalaman Anda sebelumnya di bangku kuliah.

Sekarang ingatlah saat-saat Anda berada di bangku kuliah. Bagaimana Anda bisa mengatasi tantangan dan kesulitan yang ada pada saat itu? Apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan motivasi Anda kala itu?

Jika Anda merasa pekerjaan Anda kurang cocok dengan minat Anda, apakah Anda ingin dan berani mempertimbangkan untuk mencari peluang kerja lain yang lebih sesuai dengan minat Anda?

Tentunya untuk itu Anda perlu menggali informasi sedalam-dalamnya. Sebelum Anda memutuskan untuk masuk ke suatu bidang yang lainnya. Hal itu untuk mengantisipasi agar tidak terulang lagi kondisi seperti yang Anda hadapi saat ini.

Berkomnikasi Dengan Atasan

Jika Anda merasakan adanya tekanan dari sistem pekerjaan saat ini, ada baiknya Anda berbicara atau mengkomunikasikan dengan atasan Anda. Sampaikan usulan Anda, bagaimana biasanya Anda menyelesaikan tugas-tugas Anda.

Anda juga harus bisa menumbuhkan semangat dari dalam diri Anda sendiri, tidak mengandalkan teman. Tanamkanlah bahwa Anda memiliki tanggung jawab yang besar pada pekerjaan Anda. Fokuslah pada tujuan awal mengapa Anda menerima pekerjaan tersebut. Tanamkan pada diri Anda, bahwa Anda adalah seorang professional yang mandiri dan matang dalam menjalankan pekerjaan Anda.

Berdoa dan Berusaha

Last but certainly not least, perbanyaknya berdoa. Mintalah diberikan pekerjaan terbaik bagimu, serta kemampuan, kebahagiaan dan barokah dalam menjalaninya. Ingatlah selalu bahwa apapun yang manusia kerjakan, ada kehendak Allah SWT yang menentukan hasilnya.

Tetap bersemangat dan selalu berdoa ya.

Salam Bahagia,

Diana Rahmawati

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Ingin Menjadi Pribadi yang Menyenangkan.

Tentang Penulis

Diana Rahmawati

Memiliki pengalaman dalam kegiatan asasement dan pernah bekerja sama dengan beberapa konsultan psikologi. Ibu dari 3 anak yang jg aktif membantu kegiatan komite sekolah.

Tinggalkan Balasan