Konsultasi Psikologi: Sering Bolos Kuliah Karena Kekejaman Senior

Diposting: 5 Februari 2018 | Kategori Konsultasi:

Dilihat: 528 kali.

Psikolog: Cynthia Rezeki Psikolog

: Jeceline

: Klaten

: Wanita

Isi Konsultasi:

Saya ini mahasiswi semester satu di salah satu Perguruan Tinggi Negri. Saat ini saya tidak nyaman berada disana. Awalnya saya biasa saja menjalani kuliah seperti biasa. Tapi kemudian saya merasa tertekan setelah ada proses kaderisasi. Kaderisasi yang dilakukan oleh senior untuk junior.

Banyak sekali teman saya yang jadi korban kekerasan dan mengatasnamakan ‘demi angkatan’. Saya semakin takut untuk bergaul dengan senior. Karena awalnya saya bergaul dengan senior, mereka sering menghina dengan kata-kata kasar.

Saya dan teman baru saya terus sering kumpul untuk angkatan. Dan dari sana saya jadi mengenal teman baru saya yg ternyata doyan dugem, foya-foya, suka memaksa. Padahal kegiatan yang kaya begituan saya ini paling nggak suka.

Saya terus cerita sama orangtua saya kalo saya mau keluar karena gak cocok. Tapi kata ortu saya, saya disuruh tetap mengikuti pembelajaran disana. Mereka beralasan “senior kamu kan nggak ngasih kamu nilai”. Sejak saya cerita sama ortu saya malah jarang masuk kampus. Saya juga sering berbohong dengan ortu saya.

Lalu saya harus bagaimana?

Cynthia Rezeki, S.Psi., Psikolog.

Jawab:

Halo Mba Jaceline yang baik, yang Sering Bolos Kuliah Karena Kekejaman Senior. Tiba-tiba jadi kangen sama Sop Ayam di samping stadion Klaten  😆 . Sebelumnya kami ucapkan terima kasih sudah mau berbagi cerita mengenai masalah yang Mba Jaceline hadapi ke PSYLine.id Psikologi Online Indonesia.

Saya memahami perasaan tertekan yang dirasakan Mba Jaceline saat ini. Memang tidak semua orang bisa dapat dengan mudah menyesuaikan diri terhadap perubahan dan tuntutan baru dari lingkungannya. Sebagian orang mengalami hal yang sama dengan yang Mba Jaceline alami. 

Sering Bolos Kuliah Karena Kekejaman Senior

Masa-masa transisi dari seorang siswa (SMA) menjadi seorang Mahasiswa untuk sebagian orang memang berat. Banyak yang tidak siap, baik itu pola belajar yang harus sudah lebih mandiri, tuntutan lingkungan terhadap perubahan perilaku (dari remaja menuju dewasa awal), kompetisi dengan teman sebaya, gaya hidup, dan sebagainya.

Saya pahami itu semua memang berat. Banyak di periode awal-awal masuk kampus menjadi bermasalah.

Seberapa beratnya?

Itu sifatnya individualistic. Tergantung bagaimana seseorang menghayati masalahnya, seberapa besar toleransi stress-nya, kemampuan mengembangkan solusi, kemampuan menjaga jarak dengan masalah untuk kemudian menyelesaikannya, bagaimana dukungan dari lingkungan eksternal dalam menghadapi masalah, dan sebagainya. Setiap orang punya kemampuan masing-masing, termasuk Mba Jaceline.

Saran Untuk Mba Jaceline yang Sering Bolos Kuliah Karena Kekejaman Senior

  1. Mba Jaceline jangan takut untuk mengeksplor kemampuan diri untuk menghadapi itu semua. Jangan takut juga untuk berbagi cerita dengan teman-teman. Sebaiknya teman di luar lingkungan yang membuat Mba Jaceline tidak nyaman dan tertekan.
  2. Kenali kampus tempat Mba Jaceline belajar saat ini. Banyak lho resource positif yang dapat membantu kita untuk dapat beradaptasi. Seperti berkegiatan positif, teman-teman yang sesuai dengan kita, baik dalam hal minat, hobi, cara pandang, gaya hidup, dan sebagainya.
    Di sisi lain, jangan takut juga untuk meninggalkan orang-orang yang mengajak pada hal-hal yang negatif dan membuat kita tidak nyaman. 

Memang ada kegiatan-kegiatan kampus yang wajib kita ikuti. Padahal kita sendiri sebenarnya tidak menyukai dan tidak nyaman dengan proses yang berjalan. Seperti kegiatan kaderisasi senior-junior yang Mba Jaceline ikuti.

Hadapi Dengan Pikiran dan Perasaan Positif

Memang berat, tapi masih mungkin untuk dihadapi dengan pikiran dan perasaan yang positif. Syaratnya? Mba Jaceline harus belajar menghadapinya dan eksplor semua kemampuan diri. Tunjukkan bahwa Mba Jaceline mampu. Tunjukkan pula bahwa Mba Jaceline tidak pantas untuk dipaksa hal-hal yang sifatnya negatif dan membuat diri menjadi tertekan.

Banyak pihak kampus yang dapat membantu Mba Jaceline untuk lebih kuat menghadapi kehidupan kampus dan kegiatan-kegiatan seperti itu. Misalnya Dosen Pembimbing Akademis. Fungsi Dosen Pembimbing Akademis ini tidak hanya dalam urusan kontrak belajar. Mereka juga dapat menjadi tempat berbagi masalah dan membantu mahasiswa/i bimbingannya untuk dapat dengan cepat beradaptasi dan sukses di kehidupan kampusnya.

Selain itu, biasanya di setiap kampus ada Lembaga Konseling Mahasiswa. Mba Jaceline bisa mencoba ke sana, menemui konselor yang ada. Hal itu berguna untuk menceritakan masalah yang sedang dihadapi secara terbuka. In syaa Allah dengan begitu akan lebih ringan beban yang Mba Jaceline rasakan saat ini. Selain itu, bertemanlah dengan orang-orang yang lebih positif dalam perilaku dan gaya hidupnya. 

Jangan Menghindar Dari Masalah

Maafkan bila saya perlu mengatakan, bahwa saya tidak mendukung cara yang dilakukan Mba Jaceline saat ini, yaitu MENGHINDAR DARI MASALAH.

Cara menghindar ini tidak menyelesaikan masalah, bahkan dapat memberikan peluang masalah lain yang muncul. Seperti:

  • nilai akademis yang pasti buruk,
  • pandangan orang lain yang juga negatif terhadap Mba Jaceline,
  • hubungan dengan orang tua yang akan semakin memburuk,
  • bahkan akan membuat Mba Jaceline semakin tertekan dan terpuruk.

Mba Jaceline harus bangkit dan mulai belajar menghadapi masalah. 

Pertanyaan Untuk Jaceline

Sebenarnya ada beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan ke Mba Jaceline. Pertanyaan itu juga bisa Mba Jaceline tanyakan pada diri sendiri:

  • Apa yang membuat Mba Jaceline harus bergantung dengan teman-teman baru tersebut?
    Padahal teman-teman baru tersebut memberikan dampak negatif bagi Mba Jaceline. 
  • Kenapa Mba Jaceline tidak bisa dekat dengan teman-teman lain yang sesuai dengan gaya hidup dan cara pandang Mba Jaceline? 
  • Kenapa Mba Jaceline harus berbohong pada orang tua?
    Kalau saat ini orang tua belum paham apa yang dirasakan Mba Jaceline, bisa jadi karena Mba Jaceline tidak jujur dan terbuka dalam menceritakan masalah.
    Bagaimana pola komunikasi dan hubungan Mba Jaceline dengan orang tua? Semua itu bisa diperbaiki. Bisa jadi saat ini Mba Jaceline dan orang tua belum sama-sama mendapatkan pola yang cocok satu sama lain dalam membicarakan masalah. Bisa dieksplor, dan juga bisa melalui pihak professional. Seperti konselor keluarga atau family therapy. Atau pihak-pihak yang dipercaya keluarga untuk dapat memfasilitasi komunikasi orang tua dengan Mba Jaceline.
    Bahkan PSYLine.id ada fasilitas konsultasi Face2Face lho. Mba Jaceline dan kedua orangtua bisa langsung bertemu dengan Psikolog Profesional PSYLine dengan waktu dan tempat yang sudah disepakati terlebih dahulu. Tentunya membuat sesi curhat mba Jaceline lebih nyaman. Karena tempat dan waktu mba Jeceline yang menentukan. 
  • Seberapa besar “kekuatan” Mba Jaceline untuk bisa menghadapi dan menyelesaikan ini semua?
    Nah, pertanyaan terakhir ini hanya Mba Jaceline sendiri yang bisa menjawabnya.

Mudah-mudahan berbagai saran dan pertanyaan tersebut dapat memberikan pencerahan bagi Mba Jaceline. Mba Jaceline juga jangan lupa bahwa ada Allah SWT sebagai Dzat yang akan selalu mendengar dan menerima semua keluh kesah umat-Nya. Yang akan memberikan jalan keluar dari setiap masalah umat-Nya. Tinggal bagaimana usaha dan doa kita, dan kepercayaan kita terhadap Kebesaran dan Kasing Sayang-Nya. 

Terus usaha, terus berdoa, dan jangan menyerah dengan setiap keadaan yang kita hadapi, dan pasrahkan diri kepada Allah SWT. 

Terus semangat Mba Jaceline yang baik.

Salam bagahia,

Cynthia Rezeki, S. Psi., Psikolog

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: Iri Dengan Teman Tanpa Sebab.

Tentang Psikolog

Cynthia Rezeki Psikolog

Pengalaman sebagai konselor dan konsultan. Sangat berminat pada bidang klinis. Hobi travelling. Selalu berusaha belajar dan terus belajar menjadi pribadi yg lebih baik, bersyukur dan bertawakal dalam setiap keadaan. Motto: If you stand for nothing, you will fall anything.

Tinggalkan Balasan

Kategori PSYBlog



PsyLine - Psikologi Online

PSYLine Indonesia

PSYLine Indonesia

merupakan aplikasi Psikologi Online untuk berbagi cerita konseling dan konsultasi dengan Psikolog Profesional secara online, atau bertemu langsung untuk mendapatkan Layanan Psikologis. Semuanya untuk membantu Anda menjadi Lebih Baik.

Fanpage PSYLine

Ikuti PSYLine



×
PsyLine
×
PsyLine

Kategori PSYBlog