Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Konsultasi Psikologi Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun

Kategori: | 748 Views

Konsultasi Psikologi: Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun

5 November 2017 | Penulis: Citra Pharamidevie Psikolog

: Mama of Two

: Jakarta

: Wanita

Isi Konsultasi:

Hallo PSYLine.id Psikologi Online Indonesia,

Suami saya selingkuh hampir dua tahun belakangan ini dengan teman keluarga. Sudah berkali-kali ketahuan dengan bukti yang jelas. Tapi dua-duanya tidak mau mengaku.

Saya baru melahirkan anak kedua bulan lalu. Sebenernya saya sudah menyerah dengan perkawinan saya. Tapi yang menjadi pikiran, kasian anak-anak saya jika tumbuh dalam keluarga yang tidak utuh.

Apa yang sebaiknya saya lakukan? Mohon Bimbingannya.

Citra Pharamidevie, M.Psi, Psikolog.

Jawab:

Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun.

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh,

Halo Mama of Two, Terima kasih sudah mau mempercayakan masalahnya pada PSYLine. Saya coba bantu ya.

Mama of Two sayang,

Saya turut prihatin membaca cerita Anda. Sebagai sesama perempuan saya paham kesedihan anda. Merasa dikhianati oleh suami yang anda sayangi, hingga menggangu kebiasaan tidur anda dan terpikirkan untuk menyerah. Terlebih Anda baru saja melahirkan anak kedua. Mestinya Anda membutuhkan perhatian dan bantuan ekstra dari suami. Baik secara fisik maupun mental ya.

Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun

Dari cerita Anda menyebutkan bahwa suami dan teman selingkuhnya sudah beberapa kali ketahuan dengan bukti yang jelas. Namun keduanya tidak mengaku. Saya sebenarnya membutuhkan cerita lebih lengkap tentang hal ini. Supaya bisa menilai “perselingkuhan” yang Anda maksud dan sejauh apa. Namun demikian, tidak apa Mama sayang, dengan informasi yang ada saya akan berusaha membantu Anda.

  1. Bicarakan Baik-baik Dengan Suami Dengan Kepala Dingin

    Mama sayang, apakah Anda sudah pernah membicarakan baik-baik dengan suami tentang kegundahan anda? Cobalah Anda cari waktu berdua, dalam situasi yang tenang dan intim. Dengan terlebih dahulu Anda stabilkan emosi anda, lembutkan suara anda, berusaha untuk tenang dan sabar.

    Sampaikan perasaan anda, jelaskan perilaku suami yang membuat anda tidak nyaman. Katakan perilaku seperti apa yang anda harapkan ketika suami berinteraksi dengan teman wanitanya. Sampaikan hal ini dengan suara tenang, jelas dan focus. Jangan mengungkit atau menyambung masalah yang lain.

    Harapannya suami akan paham bagaimana perasaan anda dan apa yang harus dilakukan. Untuk kemudian memperbaiki diri sesuai harapan anda.

  2. Ciptakan Suasana Rumah yang Nyaman dan Harmonis

    Di sisi lain, dalam keseharian tetaplah bersikap tenang, ciptakan situasi rumah dan hubungan yang nyaman dan harmonis. Sementara fokuskan diri dan perasaan anda pada bayi, anak dan diri anda, tidak pada permasalahan itu. Lihatlah betapa lucunya anak dan bayi anda, betapa menggemaskan setiap kata dan perilaku yang mereka tampilkan. Mereka pasti membutuhkan belaian sayang dan senyuman manis ibu mereka.

  3. Dekatkan Diri Pada Allah

    Perbanyaklah berdoa, meminta bantuan Allah yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allah lah yang mampu membolak-balikkan hati manusia. Mintalah ampunan, sampaikan kegundahan anda. Dan mohonlah agar Allah membimbing suami anda. Untuk kembali menjadi suami dan ayah yang setia, bertanggung jawab pada keluarga dan penyayang.

Ketika ada yang masih belum sesuai dengan harapan Anda,  komunikasikanlah kembali dengan suami. Hingga suami paham harapan anda dan mungkin juga ia akan sampaikan harapannya terhadap anda. Silakan saling berdiskusi untuk mencapai kesepakatan demi kebahagiaan bersama.

Semoga Allah melembutkan hati anda agar tetap sabar dan tenang, menjaga jiwa raga bayi dan anak anda. Agar tetap sehat dan bahagia, dan membimbing suami anda untuk kembali menjadi ayah dan suami yang baik. Tidak lagi Suami Ketahuan Selingkuh Selama Dua Tahun. Aamiin.

Peluk sayang.

Salam Bahagia.

Citra.

Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Bila Anda ada permasalahan yang sama dengan Tips Psikologi tersebut di atas, dan Anda ingin berbagi cerita. Anda dapat berkonsultasi dengan dengan Psikolog Profesional PSYLine.id yang paling cocok untuk Anda.

Jangan Takut! Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya.

Klik Link di Bawah ini:

Context Konsultasi Psikologi Via Teks.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Konsultasi Psikologi sebelumnya membahas tentang:

Konsultasi Psikologi: 5 Tahun Hidup Bersama tapi Tidak Direstui Orangtua Pacar.

Tentang Penulis

Citra Pharamidevie Psikolog

Telah menangani berbagai klien. Baik Kementrian, BUMN, maupun perusahaan swasta. Dan sejak tahun 2015 ia melebarkan sayapnya pada bidang Parenting karena menemukan banyak permasalahan di dunia kerja yang sangat berhubungan dengan pola asuh. Ibu 2 anak yang punya motivasi “Hidup sekali harus berarti” ini, merasa lebih berarti dengan bergabung di PSYLine.id Psikologi Online Indonesia. Sebagai Psikolog Profesional.

Tinggalkan Balasan