Konsultasi Gratis
Menu

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Logo Psy Line
Menu Menu
Logo Psy Line

Kategori Artikel

Berita Psikologi

Berita Psikologi

3 Artikel

Event Psikologi

Event Psikologi

4 Artikel

Biografi Psikolog

10 Artikel

Layanan PsyLine.id

2 Artikel

Karir & Perusahaan

42 Artikel

Gaya Hidup & Sosial

76 Artikel

Cinta & Remaja

11 Artikel

Pendidikan & Anak

49 Artikel

Psikologi Konsultasi via email Gratis

Kumpulan Konsultasi

103 Artikel

Rubrik Konsultasi Psikologi

Kategori: | 796 Views

Mengalami krisis percaya diri berlebih. Tidak bisa berbicara di depan umum

12 Juni 2017 | Penulis: Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

: Ross

: Malang

: Wanita

Isi Konsultasi:

Hai PsyLine.id Psikologi Online Indonesia, Salam kenal.

Saya mengalami krisis percaya diri berlebih. Saya tidak bisa berbicara didepan umum seperti presentasi. Saya selalu grogi sampai gemetar saat presentasi.

Tidak hanya itu, saat menjadi pusat perhatian, saya merasa sangat malu dan merasa diri saya buruk. Presentasi bukan hal baru sih, disekolah, kuliah bahkan tempat kerja ada presentasi. Dan itu hampir setiap hari saat sekolah dan kuliah. Tapi sampai saya kerja saya masih takut presentasi.

Krisis percaya diri saya juga menghambat karir dan kehidupan sosial saya. Saya pernah dikeluarkan di tempat kerja sampai 2 kali. Dan saya jadi malu jika ada kegiatan seperti perkumpulan pemuda, Saya tidak pernah ikut.

Saat, saya ke psikiatri, dokter hanya memberi saran seperti merecall kembali momen bahagia sebelum tidur. Saran itu sudah 2 tahun tapiĀ  belum ada hasilnya. Saya pernah tidak sengaja membaca hasil tes saya. Saya termasuk kepribadian obsesif kompulsif, dan personal sensitive.

Bagaimana menyikapi masalah saya? apakah saya bisa sembuh dari ocd, trims.

Drs. Julyvan Pertamawan Psi

Jawab:

Mengalami krisis percaya diri berlebih.

Hai Ross yang baik,

Tampaknya usaha untuk mengatasi masalah sudah dilakukan ya? Dengan menemui Psikiater, berarti Ross sudah berusaha dengan baik.

Pertanyaan saya? Kenapa anjuran dokter tidak dirasakan membawa hasil? Berapa kali Ross sudah ketemu dokter? Pernah tanya ke dokter, kenapa kok gak berhasil?

Mengalami krisis percaya diri berlebih

Begini. Sebagaimana layaknya usaha untuk berobat, bisa saja obatnya kurang cocok. Jadi, seharusnya, kembali lagi ke dokter yang sama untuk dievaluasi. Mungkin saja anjuran dan saran yang diberikan kurang memadai. Seperti obat, mungkin saja dosisnya kurang. Jadi, Ross bisa konsultasi ulang.

Atau, Ross kurang nyaman dengan cara dokter menangani masalah Ross? Bisa aja kan?

Oke kalau gitu.

Baca Juga:

15 Langkah Mudah Mendapatkan Rasa Percaya Diri.

Tampil di depan orang banyak, tidak percaya diri. Lalu ada istilah obsesif kompulsif dan personal senstive. Itu adalah informasi yang harus kita olah. Tidak percaya diri, obsesif kompulsif, dan personal sensitive.

Saran saya:

  1. Latihan presentasi

    Coba persiapkan sebuah materi presentasi yang bukan tugas dari orang lain. Coba buat naskah presentasi untuk memperkenalkan diri Ross sendiri secara lengkap dan menarik.

    Untuk kapan? Untuk minggu depan.
    Ke pada siapa? Kepada teman-teman atau saudara terdekat.
    Untuk apa? Latihan.

    Kalau mereka tanya, bilang saja sedang mempersiapkan diri untuk melamar ke sebuah perusahaan. Kalau Ross bisa pakai MS Power Point, bagus. Kalau mau pakai MS Word (seperti makalah singkat), boleh juga.

  2. Persiapkan dengan baik

    Ciri seorang yang obsesif kompulsif itu biasanya tidak puas dengan persiapan yang terburu-buru. Jadi, baca ulang materi presentasinya (kan masih banyak waktu). Kalau perlu tambahkan materi yang melengkapi. Kurang persiapan satu minggu? Oke, undur waktu presentasi sampai minggu depan lagi. Tapi jangan diundur lagi ya.

    Coba perhatikan reaksi dari teman atau saudara yang diminta untuk mendengarkan. Terima setiap masukan dengan senang hati. Mereka tidak bermaksud “menyerang” isi presentasi Ross. Apalagi “menyerang” diri Ross. Jalankan presentasi dengan tenang dan buat diri senang melakukannya.

    Ceritakan berbagai hal yang ada dalam materi presentasi dengan suasana hati yang gembira tanpa beban. Suasana yang menyenangkan akan membantu Ross untuk “tampil” menyenangkan juga. Nikmati latihan presentasi ini dengan baik dan ingat-ingat suasananya.

    Semoga presentasi “latihan” ini memberi pengalaman baik untuk Ross. Selain itu, materi presentasi Ross bisa tetap dipakai lagi untuk melengkapi dokumen lamaran kerja, bila diperlukan. Jadi, bukan sekedar latihan. Ross sekalian menyusun curricullum vitae atau riwayat hidup yang berguna di masa mendatang. Selamat mencoba.

  3. Latihan kepada pendengar yang lebih luas

    Kalau presentasi “latihan” ini bermanfaat dan dirasakan nyaman untuk mengurangi rasa kurang percaya diri. Silakan coba untuk menyiapkan presentasi lain untuk pendengar yang lebih luas.

    Misalnya: presentasi tentang gagasan Ross dalam menyiapkan kegiatan di lingkungan rumah bersama remaja sekitar.

    Pengamalan ilmu untuk memberi manfaat kepada orang banyak, merupakan hal yang harus dilakukan seorang yang berpendidikan S1.

Itu menurut pendapat saya. Semoga tidak terlalu jadi beban ya.

Itu hanya contoh. Pada dasarnya, Ross bisa membuat beberapa inisiatif presentasi yang merupakan sarana berlatih tanpa dibebani penugasan dari siapa pun.

Saya menduga ada factor yang membuat Ross tidak percaya diri seperti:

  • persiapan presentasi yang terlalu singkat,
  • tugas presentasi yang diterima mendadak,
  • materi presentasi yang kurang sesuai minat.

Itu mungkin adalah sebagian faktor yang mempengaruhi “kesiapan” Ross untuk tampil di hadapan orang banyak.

Untuk itu, Ross bisa mencoba dengan latihan presentasi dengan secara bertahap menurunkan “tekanan” faktor tersebut. Manfaat lain yang diperoleh dalam latihan ini, Ross jadi lebih banyak menulis. Gagasan yang baik, kalau gak dituangkan dalam tulisan, akan hilang menguap. Tapi kalau ditulis, bisa jadi bahan yang baik.

Bisa aja kan kumpulan tulisan Ross menjadi inspirasi bagi orang lain yang menghadapi masalah yang mirip dengan yang dialami Ross? Menulis adalah salah satu saran menyalurkan energi positif. Bisa juga mengurangi ketegangan dalam menghadapi tekanan dan tuntutan dari luar diri kita.

Semoga membantu.

Salam Bahagia.

Konsultasi sebelumnya membahas tentang:

Depresi karena dikhianati pacar tapi masih sayang.


Ceritakan Masalah Pribadimu Secara Rahasia dan Anonim.

Silakan mengisi kuesioner singkat untuk memberikan beberapa latar belakang umum tentang Anda dan isu-isu yang ingin Anda bahas dalam konseling.

Data ini akan membantu PsyLine.id Psikologi Online mencocokkan Anda dengan Psikolog yang paling cocok untuk Anda.
Jawaban jujur Anda juga akan memberikan Psikolog untuk mengenal latar belakang Anda sehingga dapat memberikan saran yang relefan.

Data diri dan latar belakang Anda terjamin 100% kerahasiannya, dan hanya dipergunakan untuk membantu Anda menjadi lebih baik.

Klik Link di Bawah ini:

Konsultasi Psikologi Gratis.

Atau bergabunglah bersama kami untuk bersama-sama menyebarkan virus kebahagian di Fanspage FaceBook kami.

FansPage FaceBook PsyLine.

Tentang Penulis

Drs. Julyvan Pertamawan, Psi

Aktif di Himpsi Jaya (www.himpsijaya.org) dan Iluni Psikologi Universitas Indonesia.

Bagikan Artikel Ini:

Terkait

Tinggalkan Balasan